Apakah Anda sudah bosan dengan desain dapur dan ingin renovasi dapur? Salah satu rekan Finansialku, akan berbagi beberapa ide untuk renovasi dapur dengan budget di bawah Rp 10 juta. Plus gimana saja cara untuk mendanainya.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

DuitPintar

 

5 Ide Renovasi Dapur dengan Budget di Bawah Rp 10 Juta

Dapur adalah salah satu tempat terpenting dalam sebuah keluarga, terutama untuk ibu-ibu rumah tangga. Terkadang orang akan merasa bosan juga dengan desain yang itu-itu saja atau peralatan yang sudah jadul. Bagaimana cara renovasi dapur dengan budget terbatas?

Mau Renovasi Dapur dengan Budget di Bawah Rp 10 juta Gini Caranya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisa Renovasi Rumah dengan Menggunakan Kredit?]

 

#1 Cat Kabinet dan Dinding Dapur

Salah satu cara untuk mendapatkan suasana dapur adalah dengan mengubah letak atau layout, serta mengubah warna dapur. Cara ini terbilang cara yang cukup murah. Tidak ada salahnya Anda coba-coba warna baru untuk dinding dan dan cabinet. Jika Anda masih suka dengan warna sebelumnya, Anda cukup mengecat ulang agar warna tampak lebih cerah. Untuk urusan ganti cat dinding dan cabinet, Anda hanya memerlukan satu pile cat dinding dan tenaga kerja. Jika Anda ingin melakukan perubahan besar, tidak ada salahnya Anda mengeluarkan uang lebih dengan menggunakan jasa aristek atau desain interior. Biasanya mereka memiliki paket desain sekaligus pengerjaan dan dapat disesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

 

#2 Ganti Perkakas Lama

Selain merenovasi dari segi layout dan cat, kita juga bisa mempertimbangkan untuk mengganti peralatan yang sudah lama, misal Anda mulai membeli alat-alat elektronik baru, seperti mixer, blender, kompor listrik dan lain sebagainya. Cara ini terbilang cara yang paling mudah dan murah untuk dijalankan, setidaknya Anda memiliki alat-alat canggih di dapur lama Anda. Saat ini sudah banyak website dan toko online yang menjual beragam peralatan dapur, seperti Tokopedia dan BukaLapak.com

[Baca Juga: Kisah Sukses William Tanuwijaya Pendiri TokoPedia]

 

#3 Ganti Ubin

Mengganti ubin adalah salah satu bentuk renovasi yang memang jarang terpikirkan. Anda dapat mempertimbangkan yang awalnya ubin dengan ukuran 30×30 cm dengan ubin granital yang berukuran lebih besar. Solusi ini memang cukup repot, karena Anda harus menggunakan jasa kontraktor untuk memasang ubin yang baru.

 

#4 Ganti Lampu

Cara keempat untuk renovasi dapur adalah dengan mengganti lampu. Saat ini banyak sekali permainan cahaya yang dapat mengubah suasana dalam dapur. Alasan lain mengganti lampu adalah untuk menghemat tagihan listrik, misal Anda ubah lampu dengan watt besar menjadi lampu hemat energy. Ganti lampu dan permainan cahaya adalah salah satu solusi renovasi yang relative lebih murah. Anda juga tidak perlu repot-repot mencari lampu, karena semuanya juga telah tersedia di toko online, seperti Tokopedia dan BukaLapak.com

[Baca Juga: Kisah Sukses Achmad Zaky pendiri BukaLapak.com]

 

#5 Atur Furniture Dapur

Cara renovasi yang terakhir adalah mengubahah furniture dapur, misal Anda menggunakan sistem modular cabinet system, yang memungkinkan untuk dapat digeser-geser. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menjual sistem modular seperti itu.

 

Darimana Sumber Pendanaan untuk Renovasi Dapur?

Selain membicarakan apa saja yang harus di renovasi, kita juga perlu diskusi darimana uangnya?

 

#1 Rencankan, Pasang Target dan Mulai Menabung

Cara yang paling baik untuk mendanai renovasi dapur adalah dengan menggunakan tabungan. Anda dapat mulai menyiapkan dana khusus untuk kebutuhan renovasi dapur. Solusi lain, Anda boleh menggunakan dana darurat, namun dana tersebut harus dikembalikan lagi. Jangan sampai dana darurat Anda habis.

 

#2 Renovasi Bertahap

Meskipun memakan waktu, Anda dapat melakukan renovasi secara bertahap. Misal Anda mulai dengan renovasi-renovasi pada bagian yang minor, seperti lampu, mengganti perkakas dapur. Setelah uangnya terkumpul baru renovasi dapur secara mayor seperti ganti ubin, cat atau furniture.

 

#3 Pinjaman KTA

Meskipun KTA (kredit tanpa agunan) adalah solusi untuk pendanaan jangka pendek, namun diusahakan untuk tidak mengandalkan KTA. Harus diakui KTA memang solusi yang paling mudah dan cepat, tetapi kesalahan dalam menggunakan KTA dapat memperburuk kondisi keuangan keluarga Anda.

 

Jika Anda ingin renovasi dapur, bagian apa yang ingin Anda renovasi terlebih dahulu? Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.

 

Referensi

  • Adi Rijek. 3 Agustus 2016. 5 Ide Renovasi Dapur Murah dengan Bujet di Bawah Rp 10 Juta. Blog.Duitpintar.com – http://goo.gl/OkjFye

 

Sumber Gambar

  • Kitchen Design – http://goo.gl/86cu8N

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang