Penampilan tetap jadi penilaian saat melakukan wawancara virtual. Ada beberapa baju yang wajib kamu hindari nih baik budaya pakaian perusahaan bersifat formal maupun kasual.

Ketahui lebih lanjut yuk dalam artikel Finansialku berikut.

 

Tips Memilih Pakaian Saat Wawancara Virtual

Belakangan, hampir semua perusahaan melakukan interview kerja secara virtual. Hal itu sebagai dampak pandemi yang tidak memungkinkan wawancara kerja dilakukan secara tatap muka.

Berbagai aplikasi pun akhirnya dimanfaatkan seperti Zoom, Google Meet, dll. Bagi Sobat Finansialku yang baru pertama kali mendapat undangan interview, momen ini tentu sangatlah penting.

Karenanya, pelamar harus mempersiapkan banyak hal, termasuk soal pakaian saat interview, meski hanya melalui layar laptop, penampilan tetap menjadi aspek yang dinilai pewawancara.

Melansir The Balance Careers, penampilan tetap jadi penilaian saat melakukan wawancara. Kamu harus memakai pakaian yang sopan dan tentu saja sesuai dengan budaya kerja perusahaan.

Misalnya perusahaan dengan budaya kerja formal, maka kamu harus memakai outfitformal pula. Atau ketika perusahaan biasa menggunakan baju kasual, kamu juga bisa menggunakannya ketika wawancara.

Namun, ada beberapa baju yang wajib kamu hindari nih baik budaya pakaian perusahaan bersifat formal maupun kasual.

Mau Wawancara Kerja Virtual_ Jenis Pakaian ini Baiknya Dihindari Lho! 02

[Baca Juga: Tips Menjawab Interview Dengan Baik Agar Lolos Wawancara]

 

Menurut The Balance Careers, hindari outfit bermotif garis-garis, warna yang terlalu mencolok, dan warna baju senada dengan latar.

Baju garis-garis bisa mengganggu pandangan jika dilihat dari kamera atau biasa disebut efek flicker.

Baju mencolok pun bisa mengganggu pandangan di kamera karena terlalu kontras.

Sedangkan jika memakai baju senada dengan warna latar, pewawancara tentu akan terganggu karena tubuh kita dan background menyatu.

 

banner -perencanaan keuangan 20an (1)

 

Sobat Finansialku punya ide lain soal pilih pakaian saat wawancara online? Kamu bisa berbagi lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Kompas.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Kompas.com.

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3d9G7U2
  • 02 – https://bit.ly/2RqR3UJ