Pangeran Harry & Meghan Markle mundur dari keluarga Kerajaan Inggris? Apa yang menjadi alasan dari keputusan ini?

Simak liputannya dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pangeran Harry & Meghan Markle Mundur dari Keluarga Kerajaan Inggris

Kabar mengejutkan kembali datang dari keluarga Kerajaan Inggris dimana Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle membuat sebuah keputusan yang menggemparkan. Mereka memutuskan untuk mundur dari anggota senior Kerajaan Inggris.

Keinginan mereka ini sudah dinyatakan melalui sebuah pernyataan yang mereka tuliskan melalui akun media sosial Instagram mereka pada hari Rabu, 8 Januari 2020 waktu setempat atau Kamis dini hari WIB tanggal 9 Januari 2020.

Pangeran Harry dan Meghan Markle Tinggalkan Royal Family 02

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Ratu Elizabeth II, Wanita Hebat Kerajaan Inggris]

 

Selain pernyataan mengenai keputusan untuk mundur dari anggota Kerajaan Inggris, mereka juga mengemukakan keinginan mereka untuk bekerja secara mandiri untuk menghidupi keperluan finansial keluarga kecil mereka.

Dikutip langsung dari akun media sosial Instagram-nya @sussexroyal, berikut ini pernyataan Pangeran Harry & Meghan Markle:

“Setelah melakukan refleksi dan diskusi internal berbulan-bulan, kami sudah memilih melakukan transisi tahun ini untuk mulai membuat peran baru yang progres dalam lembaga ini. Kami berniat mundur sebagai anggota senior dari Royal Family dan bekerja secara mandiri, sambil terus mendukung Yang Mulia Ratu. Ini berkat dukungan kalian, terutama beberapa tahun belakangan, sehingga kami mempersiapkan untuk membuat perubahan ini. Kami sekarang berencana menyeimbangkan waktu antara Inggris dan Amerika Utara, melanjutkan tugas kami kepada Ratu, Persemakmuran Inggris, dan perlindungan.

Keseimbangan geografis ini akan memudahkan dalam membesarkan anak kami dengan penuh apresiasi kepada tradisi kerajaan di mana dia lahir, sekaligus memberikan keluarga kami tempat untuk fokus terhadap babak selanjutnya, termasuk membuat peluncuran proyek amal baru. Kami berharap dapat berbagi rincian lengkap dari langkah selanjutnya yang menarik ini pada waktunya, karena kami terus berkolaborasi dengan Yang Mulia Ratu, Pangeran Wales, Duke of Cambridge dan semua pihak terkait. Dengan demikian, terimalah terima kasih kami yang terdalam atas dukungan kalian.”

 

Dalam pernyataan yang mereka unggah melalui akun media sosial yang sudah mendapatkan lebih dari satu juta likes itu, Pangeran Harry & Meghan Markle memang sudah merencanakan hal itu sejak lama.

Mereka menyatakan bahwa melalui pernyataan itu, mereka tidak akan pernah lupa akan asal usul mereka. Mereka ingin membesarkan putra mereka seperti layaknya keluarga lain pada umumnya.

Pangeran Harry & Meghan Markle juga berjanji akan terus memiliki hubungan baik dengan keluarga kerajaan Inggris. Di akhir pernyataan tersebut, mereka juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh seluruh keluarga kerajaan Inggris.

 

Tanggapan Sang Ratu

Menanggapi pernyataan Pangeran Harry & Meghan Markle, Ratu Elizabeth II memberikan pernyataan melalui juru bicaranya dalam sebuah diskusi dengan mereka.

Ratu Elizabeth II menyatakan sangat memahami keinginan Pangeran Harry dan istrinya melalui pernyataan yang telah mereka sampaikan. Beliau menyampaikan bahwa hal ini memerlukan waktu untuk menyelesaikannya.

“Kami sangat memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda. Namun, ini merupakan isu yang sangat rumit dan membutuhkan waktu untuk diselesaikan,” katanya pada pernyataan resmi seperti yang dilansir dari Insertlive.com.

 

Polemik Di Balik Pernyataan Mundurnya Harry & Meghan

Dilansir dari RoyalCentral.com, maksud dibalik pernyataan “senior royal” atau anggota kerajaan senior mengandung banyak arti.

Pengertian yang pertama mengandung arti bahwa tiap anggota kerajaan menjalankan tugas sesuai kewajiban mereka.

Pengertian lainnya adalah bahwa anggota senior kerajaan adalah mereka yang kelak akan menerima takhta utama dimana sesuai dengan sistem monarki yang dilansir dari Liputan6.com, senior kerajaan meliputi Ratu Elizabeth, Duke of Edinburgh, Prince of Wales (Pangeran Charles), Duchess of Cornwall (Camilla Bowles), Duke dan Duchess of Cambridge (Pangeran William dan Kate Middleton), Duke dan Duchess of Sussex (Pangeran Harry dan Meghan Markle), serta The Duke of York.

 

Pekerjaan Pangeran Harry & Meghan Markle

Menurut Forbes Ratu Elizabeth II, nenek dari Pangeran Harry memiliki kekayaan bersih senilai US$500 juta di tahun 2019 atau sekitar Rp14 triliun.

Lantas, bagaimana pasangan ini akan mampu mandiri diluar keluarga kerajaan? Bagaimana mereka menghasilkan uang?

Dilansir dari Forbes.com, Pangeran Harry & Meghan Markle bukanlah pasangan yang pengangguran meski mereka adalah anggota dari keluarga Kerajaan Inggris yang bergelimang harta.

Meghan Markle merupakan seorang aktris dalam sebuah acara TV Suits yang membuatnya begitu populer, meskipun setelah menikah dengan Pangeran Harry, ia memutuskan untuk berhenti berakting.

Selain itu, Pangeran Harry adalah salah satu dari pencetus Games Invictus, bekerja sebagai pelindung untuk sejumlah badan amal seperti HALO Trust, Walking With The Wounded, dan London Marathon Charitable Trust.

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai berita ini? Silakan tuliskan komentar Anda pada kolong di bawah ini.

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Lisette Voytko. 8 Januari 2020. Prince Harry, Meghan Markle Want To Be ‘Financially Independent’. Forbes.com – https://bit.ly/2QZNMrF
  • Admin Liputan 6. 9 Januari 2020. Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Anggota Senior Kerajaan Inggris. Liputan6.com – https://bit.ly/37MTHXP
  • CNN Indonesia. 9 Januari 2020. Pangeran Harry dan Meghan Mundur dari Anggota Senior Kerajaan. CNNIndonesia.com – https://bit.ly/2N9qnCY
  • Insertlive. 9 Januari 2020. Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Anggota Kerajaan Inggris. Insertlive.com – https://bit.ly/2QWj4Qc

 

Sumber Gambar:

  • Harry dan Meghan 01 – http://bit.ly/2Rcg3eX
  • Harry dan Meghan 02 – http://bit.ly/2tDaoWZ