Apa saja tips membeli mobil lelang? Pahami tipsnya agar Anda tidak tertipu.

Membeli mobil lelang akhir-akhir ini cukup diminati banyak orang. Ini dikarenakan calon pembeli berpeluang untuk bisa membeli mobil keinginannya di bawah harga pasar. Namun ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum membelinya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

5+ Tips Membeli Mobil Lelang

Membeli sebuah mobil tidaklah harus pergi ke showroom atau memilah-milah melalui situs jual beli mobil online. Kini ada salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan yakni dengan cara lelang.

Semakin tingginya angka pembelian mobil secara kredit, membuat mobil-mobil yang akhirnya disita pun semakin banyak.

Sehingga, umumnya para leasing atau perusahaan pembiayaan akan menjual mobil tersebut untuk mengembalikan kerugiannya.

Intip 5 Merek Mobil Terlaris Tahun 2019 di Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Mobil Listrik Terbaik Di Dunia, Ada Karya Anak Bangsa Lho!]

 

Nah, salah satu yang dilakukan adalah dengan melelang mobil-mobil tersebut. Lelang mobil kini telah memiliki pasarnya tersendiri Hal ini dikarenakan masyarakat memiliki kesempatan untuk bisa membeli mobil tersebut di bawah harga pasar.

Apabila dilihat secara angka, konsumen yang menjadi peserta lelang didominasi oleh pedagang mobil bekas yang mencapai 90 persen. Sementara untuk konsumen perorangan (retail), hanya memenuhi sisanya yakni 10 persen saja.

Di sisi lain, apabila dilihat secara harga kita bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup murah, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai calon pembeli mobil lelang.

Nah kali ini Finansialku akan membagikan 5+ tips yang bisa Anda lakukan saat akan membeli mobil secara lelang. Lalu, apa sajakah itu?

 

#1 Perhatikan Waktu

Tips pertama yang harus Anda perhatikan saat akan membeli mobil secara lelang yakni perhatikan waktunya. Ada waktu-waktu tertentu yang bisa Anda lakukan untuk mulai memburu mobil lelang.

Salah satunya adalah dua hingga tiga bulan setelah Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Menjelang Idul Fitri, permintaan mobil baru tentunya meningkat.

Namun di sisi lain, setelah dua atau tiga bulan nasabah banyak yang memiliki permasalahan dalam membayar.

 

#2 Perhatikan Tempat

Tips kedua yang harus Anda perhatikan yakni masalah tempat. Ini dikarenakan balai lelang tidak terdapat di seluruh kota, melainkan balai lelang berada kota-kota yang menjadi pusat kantor cabang dari produsen mobil.

Kota-kota tersebut antara lain Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Semarang.

Meski begitu, balai lelang bisa saja dilaksanakan di kota lain namun tidak dalam cakupan yang cukup besar.

 

#3 Teliti dan Jeli Saat Memilih

Membeli mobil lelang bukan berarti Anda akan selalu menemukan mobil dalam kondisi baru dan baik. Anda juga akan mendapati mobil yang sudah tidak dalam kondisi terbaik.

Sehingga dalam hal ini, Anda harus senantiasa teliti dan jeli dalam memilih mobil-mobil tersebut.

Nah, biasanya 3-5 hari sebelum hari pelelangan, Anda diberikan waktu untuk melakukan proses melihat unit.

Jadi usahakan Anda memaksimalkan waktu tersebut untuk memilih dan mengobservasi mobil yang dalam kondisi terbaik.

 

#4 Bandingkan Dengan Harga Pasaran

Sebagai referensi serta pertimbangan dalam memilih mobil lelang, Anda bisa membandingkan harga mobil tersebut dengan harga pasar.

Hal tersebut sangat penting bagi Anda dalam menghadapi hari proses pelelangan dan tidak terjebak dengan harga yang terlalu mahal (over-priced).

 

#5 Jangan Terburu-buru dan Terbawa Nafsu

Proses lelang, biasanya akan menunggu pada penawaran terbaik. Pastinya peminat dari mobil tersebut bukan hanya Anda saja, melainkan masih banyak penawar lainnya.

Tak menutup kemungkinan penawaran pun menjadi tak kondusif karena satu sama lainnya akan saling berebut.

Nah, di sini Anda harus tetap tenang dan tetap melihat dari penawaran-penawaran yang diajukan oleh peminat lainnya.

Pahami 5+ Tips Membeli Mobil Lelang Supaya Tidak Tertipu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Dapat Mobil Murah, Ini 10 Alasan Anda Perlu Beli Mobil Bekas!]

 

Anda juga harus mewaspadai adanya oknum-oknum atau penawar mencurigakan. Biasanya mereka sangat aktif melakukan penawaran.

Tak jarang antar peserta pun akhirnya bekerja sama untuk menghancurkan harga dari mobil tersebut. Sehingga ada baiknya Anda mempelajari situasi terlebih dahulu mengenal pemain-pemain di setiap pelelangan.

 

#6 Cek Kondisi Mobil Setelah Menang Pelelangan

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, bahwasanya mobil yang Anda dapatkan dari proses lelang bukan berarti selalu dalam kondisi terbaik. Anda pun harus mengeceknya terlebih dahulu secara teliti dan jeli.

Begitu pula ketika Anda telah memenangkan lelang. Karena hak mobil sudah dimiliki sepenuhnya, Anda berhak untuk mengecek terlebih dahulu ke bengkel sehingga Anda lebih memastikan kondisi mobil dengan secara lebih mendalam dan lebih teknis.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membeli mobil secara lelang.

Jangan lupa share artikel ini ya. Semoga bermanfaat!!!

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 26 Juni 2018. Biar Tak Tertipu, Ini 6 Strategi Membeli Mobil Lelang. Liputan6.com – https://tinyurl.com/u5z7mws

 

Sumber Gambar:

  • Mobil 1 – http://bit.ly/2Sbds5s
  • Mobil 2 – https://tinyurl.com/wxc9aon