Penipuan berkedok investasi bernama MeMiles terungkap, polisi menemukan sejumlah selebriti terseret dalam investasi bodong ini.

Simak berita selengkapnya di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Polisi Kembali Menciduk Investasi Bodong

Distreskrimsus Kepolisian Daerah Jawa Timur membongkar investasi MeMiles, sebuah investasi beromzet Rp750 miliar yang terindikasi merupakan investasi bodong.

Kasus investasi bodong MeMiles ini terbongkar ketika Polda Jatim berhasil menciduk aktivitas investasi yang belum berizin.

Investasi bodong ini menggunakan nama PT Kam and Kam sejak 8 bulan lalu tanpa memiliki izin usaha.

Peminatnya pun cukup banyak. Dalam 8 bulan beroperasi, MeMiles telah berhasil menggaet 264 ribu member dengan omzet mencapai Rp750 miliar.

Polda Jatim pun menangkap dua tersangka terkait kasus tersebut, yakni tersangka inisial KTM dan FS.

Tersangka pernah terlibat kasus sama tahun 2015 di Polda Metro Jaya,” ujar Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan.

 

Ditelusuri dari website resmi MeMiles (MeMiles.co), MeMiles diketahui merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pemasangan iklan yang menggunakan sistem penjualan langsung via aplikasi.

Tidak hanya menyediakan jasa pemasangan iklan, MeMiles juga memiliki jasa travel dan juga marketplace dalam satu aplikasi.

Investasi MeMiles menggunakan sistem skema investasi ponzi, yakni jika setiap anggota berhasil merekrut anggota baru, maka orang tersebut akan mendapatkan komisi atau bonus dari perusahaan.

MeMiles, Investasi Bodong yang Seret Judika Hingga Ello 02

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi Benjamin Graham: Mengukur Kesuksesan Investasi]

 

Tidak hanya itu, banyak korban yang mengaku tertarik bergabung karena diiming-imingi hadiah fantastis seperti emas, berlian, motor, hingga mobil. Hadiah tersebut disesuaikan dengan seberapa banyak saldo yang mereka top up.

Misalkan saja top up Rp400 ribu maka member akan mendapatkan handphone. Lalu top up Rp5 juta maka member akan mendapatkan mobil, dan seterusnya.

Namun untuk mendapatkan hadiah tersebut, para member diwajibkan mencari downline sebanyak banyaknya.

Dengan dana top up tersebut member dapat memilih bonus yang nilainya sangat fantastis diantaranya mobil, rumah, handphone, perhiasan emas dan berlian. Bonus yang telah dipilih member tidak langsung diterima, namun harus memenuhi persyaratan yang cukup lama untuk diterimanya. Antara lain memenuhi omzet nasional, pemenuhan masa antre dan tunggu selama 21 sampai 160 hari,” papar Luki.

 

Berdasarkan informasi terbaru, Polda Jatim menyatakan telah memanggil beberapa publik figur yang diduga ikut terlibat dalam investasi bodong ini.

Polisi menyatakan publik figur ini memiliki keterlibatan yang bermacam-macam, ada yang hanya terlibat dalam promosi, ada yang ikut menerima reward, ada yang merupakan member, ada pula yang diduga terlibat dalam pembelian saham perusahaan.

Namun polisi menyatakan masih harus melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk bisa mengklarifikasi lebih detail perihal tersebut.

Kami sudah melakukan panggilan saksi beberapa nama papan atas, figur publik atau artis yakni inisial ED, MT, AN dan J pada minggu depan. Masing-masing berbeda tanggalnya,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Surabaya.

 

Dikutip dari CNNIndonesia, keempat artis tersebut diketahui adalah Eka Deli (ED), Marcello Tahitoe (MT), Adjie Notonegoro (AN), dan Judika (J).

Polisi mengaku sejauh ini hanya ingin mendalami peran keempat artis tersebut di dalam operasional MeMiles.

Polisi juga ingin mengusut apakah ada aset MeMiles yang diberikan kepada salah satu dari keempat artis tersebut.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

Tetap Berhati-hati dalam Berinvestasi

Dari kasus investasi bodong MeMiles ini, kita dapat mengambil pelajaran bahwa tentu penting bagi kita sebagai investor untuk memahami seluk beluk suatu investasi sebelum kita menaruh uang lebih banyak lagi di dalamnya.

Atau mungkin lebih terkenal dengan pepatah “invest your time before invest your money”.

Berinvestasi pada instrumen investasi yang tidak kita pahami tentu memiliki risiko yang sangat besar. Terlebih lagi investasi yang tidak tercatat di OJK, tentu risikonya menjadi lebih besar lagi.

Memang setiap manusia pasti menginginkan investasi dengan keuntungan tertinggi dengan risiko terendah.

Namun percayalah, tidak ada investasi yang menjamin keuntungan besar, dalam jangka waktu pendek, dan dengan risiko yang kecil. Kalau ada investasi yang menjanjikan high return, maka sudah dipastikan investasi tersebut high risk juga.

Sebetulnya, Anda tetap bisa mengejar tujuan keuangan Anda meski uang Anda ditaruh ke dalam investasi dengan return kecil seperti emas. Asalkan dilakukan secara rutin dan porsinya tepat, Anda tetap bisa meraih apa yang Anda impikan.

Jika ingin berinvestasi dengan return yang lebih besar lagi, Anda bisa berinvestasi di reksa dana atau saham. Namun, lagi lagi, sebelum berinvestasi, pastikan Anda mempelajari seluk beluk investasi tersebut terlebih dahulu.

Jika tertarik berinvestasi di reksa dana, Anda bisa mengikuti Webinar Reksa Dana: Mengelola Investasi Reksadana di Masa Resesi 2020 yang akan diadakan Finansialku pada 23 Januari 2020. Silakan klik di sini untuk info selengkapnya.

Atau jika Anda tertarik berinvestasi saham, Anda bisa mengikuti Webinar Saham: Cara Berinvestasi di Masa Resesi dengan Metode Value Investing yang diadakan oleh Finansialku pada 27 Januari 2020. Silakan klik di sini untuk info selengkapnya.

Jika masih belum memahami bagaimana cara mengatur keuangan pribadi, Anda bisa menggunakan jasa perencana keuangan Finansialku.

Finansialku adalah perusahaan penyedia jasa perencana keuangan yang diawasi oleh OJK sehingga terjamin. Tidak hanya itu, Finansialku juga kini sudah tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat memudahkan Anda untuk mencatat dan mengelola keuangan Anda.

Anda bisa download aplikasi Finansialku di Google Play Store sekarang juga, gratis kok!

Agar tidak terjebak dalam investasi bodong, tonton top 5 investasi bodong yang merajalela di Indonesia di bawah ini. Hati-hati yaa..

 

Apakah Anda punya pengalaman menjadi korban investasi bodong juga? Ceritakan di kolom komentar ya! Dan jangan lupa bagikan juga informasi ini jika Anda rasa bermanfaat. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Giri Hartomo. 10 Januari 2020. Investasi Bodong MeMiles Punya Omzet Rp750 Miliar, Ini Modusnya. Okezone.com – http://bit.ly/2FCcdGl
  • Agustina Melani. 10 Januari 2020. Menelusuri Situs Investasi Bodong MeMiles. Liputan6.com – http://bit.ly/37QYXd6
  • Puti Yasmin. 10 Januari 2020. Mengenal MeMiles, Investasi Bodong Beromzet Rp 750 M. Detik.com – http://bit.ly/2QDIzqs
  • CNN. 10 Januari 2020. Ello Hingga Judika Terseret Investasi Bodong Surabaya. CNNIndonesia.com – http://bit.ly/37YOn3X
  • Sylke Febrina Laucereno. 09 Januari 2020. MeMiles Jaring Member Lewat Iming-iming Berlian hingga Mobil. Finance.detik.com – http://bit.ly/2T8pMVV

 

Sumber Gambar:

  • MeMiles 01 – http://bit.ly/37Z2lmp
  • MeMiles 02 – http://bit.ly/37MG8Yq