Jumat (19/02) lalu Finansialku berhasil melaksanakan pelatihan wartawan bersama teman-teman dari Warta Ekonomi dan Herstory bertajuk “Capai Tujuan dengan Merencanakan Keuangan”.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik-Finansialku-Finansialku-Press

 

Finansialku X Warta Ekonomi dan Herstory “Capai Tujuan Dengan Merencanakan Keuangan”

JAKARTA – Dalam rangka merayakan Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2021, Finansialku memberikan pelatihan perencanaan keuangan kepada teman-teman wartawan. Tema pelatihan “Tetap Cinta tanpa Bikin Kantong Meringis” bertepatan dengan bulan Februari yang identik dengan bulan kasih sayang.

Pada bulan ini khususnya saat Hari Valentine, sebagian besar orang saling bertukar hadiah sebagai tanda cinta. Ternyata tanpa disadari kita menghabiskan banyak biaya untuk membeli kado. Lantas, apakah kita harus menyisihkan dana khusus untuk hadiah kepada teman atau pasangan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Finansialku mengadakan pelatihan bersama wartawan dari Warta Ekonomi dan Herstory tentang bagaimana caranya membuat perencanaan keuangan.

Pelatihan dilaksanakan pada Jumat 19 Februari 2021, pukul 10.00 – 11.15 WIB dengan jumlah peserta sekitar 20 wartawan. Acara dilangsungkan secara daring melalui Zoom Meeting.

Pelatihan dibuka dengan sesi pemberian materi oleh Perencana Keuangan Finansialku, Rista Zwestika, CFP®, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Rista menjelaskan tata cara untuk memperkuat finansial dengan perencanaan keuangan.

Memperkuat Keuangan di Tahun 2021 Pelatihan Bersama Warta Ekonomi dan Herstory 02

Hal pertama yang harus dilakukan adalah cek kesehatan finansial. Dengan financial check-up dapat diketahui apakah kondisi keuangan sehat atau tidak. Hal ini sangat penting untuk permulaan perencanaan keuangan.

Kedua, lakukan perencanaan keuangan dengan mencatat cash flow yang terdiri dari pemasukan, pengeluaran, aset dan hutang. Kemudian, analisis alokasi biaya kebutuhan dengan pemasukan.

“Banyak sekali orang mengelola uang dengan tidak tepat, maka uang akan berbalik mengatur manusia dengan sangat tidak tepat”, ucap Rista.

Ketiga, siapkan dana darurat. Banyak orang yang masih abai dengan dana darurat karena merasa hidupnya masih tercukupi. Keberadaan tabungan pun menambah perasaan aman. Padahal tabungan seharusnya bertambah sestiap tahunnya, bukan berkurang.

Rista Zestika, CFP® pun menyebutkan betapa pentingnya dana darurat.

“Kita merasa berada di zona nyaman. Padahal sebenarnya zona nyaman itu tidak ada, yang ada hanya halusinasi kita yang merasa seolah-olah aman dengan kondisi keuangan kita.”

Keempat, amankan dengan asuransi. Setelah berhasil mengatur keuangan, jangan lupa untuk memberikan perlindungan. Karena selalu ada kemungkinan terjadi hal-hal diluar keinginan. Asuransi menjadi salah satu cara yang ampuh.

Terakhir, tambah pemasukan dengan investasi. Setelah memastikan kesehatan keuangan, membuat rancangan anggaran, dan melindungi aset-aset yang dimiliki, sudah saatnya untuk membuat uang menjadi produktif dengan berinvestasi.

Peserta nampaknya antusias untuk belajar bagaimana mengelola keuangan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk. Setelah webinar peserta diberikan kesempatan melakukan financial check-up dan konsultasi yang bersifat personal secara gratis dengan Finansialku.

 

Sebagai wujud komitmen, Finansialku akan terus memberikan edukasi seputar keuangan kepada masyarakat.

Ikuti berbagai platform digital Finansialku untuk mendapatkan informasi terbaru kami!

Jika ada pertanyaan, Sobat Finansialku bisa tuliskan pada kolom komentar di bawah ini atau hubungi 0819 1151 6119.

Bersama Finansialku, raih mimpi di tangan Anda!