Apakah Anda rajin menabung di bank setiap bulannya? Bagaimana cara memilih tabungan yang tepat? Sebelum Anda menabung, lebih baik Anda mengenali terlebih dahulu setiap jenis tabungan dan ketahui beberapa tips memilih tabungan yang tepat. Mari simak pemaparan dari Tim Finansialku berikut ini untuk menambah wawasan kita dalam menabung di bank. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Prioritaskan Menabung

Tentunya sejak kecil kita sudah diajarkan oleh orangtua kita untuk rajin menabung. Tabungan adalah dana yang kita simpan untuk berbagai keperluan di waktu mendatang. Oleh sebab itu, kita perlu memprioritaskan uang kita untuk ditabung.

Zaman dahulu, orang kebanyakan menabung uangnya di celengan berbentuk ayam, berbentuk babi (piggy bank), bahkan di bawah bantal atau di dalam lemari. Dewasa ini, menabung dapat dilakukan di bank. Di samping berbagai fasilitas yang ditawarkan, keamanan dari uang kita juga terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sebelum Menabung di Bank, Inilah Jenis-jenis Tabungan dan Tips Memilih Tabungan yang Tepat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Merupakan Aset? Atau Hanya Sebagai Liabilitas?]

 

Ketika kita akan menabung, Anda tentu mendapatkan berbagai tawaran dari setiap jenis tabungan yang ada di bank. Tentu saja pilihan Anda harus berdasarkan tujuan dari tabungan Anda.

 

Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Mari kenali setiap jenis dari produk tabungan yang ditawarkan oleh bank dan sesuaikan dengan tujuan keuangan kita.

 

#1 Tabungan Konvensional

Tabungan Konvensional sudah menjadi jenis yang paling umum dan yang paling sering digunakan oleh masyarakat secara luas. Bank biasanya memberikan fasilitas kartu ATM sehingga nasabah dapat mengambil uang tabungannya kapanpun dan dimanapun (asalkan mesin ATM tersebut tersedia). Selain itu, buku tabungan menjadi dokumen yang akan diberikan juga kepada nasabah.

Besarnya bunga yang diperoleh dari tabungan konvensional berkisar antara 0,5% – 2% per tahun, disamping ada biaya administrasi yang dikenakan setiap bulannya kepada nasabah.

Tidak perlu khawatir apabila bank tersebut mengalami kebangkrutan, maka Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan memegang kendali atas keamanan uang Anda.

 

#2 Tabungan Berjangka dan Deposito

Tabungan berjangka biasanya diperuntukkan apabila Anda memiliki tujuan untuk pembiayaan pendidikan anak Anda atau studi Anda dalam waktu beberapa tahun ke depan. Seperti layaknya deposito, tabungan berjangka dapat diambil setelah masa jatuh tempo yang telah disepakati.

Suku bunga yang diperoleh dari tabungan berjangka lebih besar daripada tabungan konvensional. Tabungan jenis ini secara tidak langsung “memaksa” Anda untuk berdisiplin dalam menabung karena bank akan melakukan proses auto debit terhadap rekening Anda.

Salah satu produk tabungan berjangka adalah tabungan pendidikan anak dengan kisaran bunga antara 4%-5,5% per tahun dan setoran minimum per bulan rata-rata Rp100.000.  

Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Apa Bedanya (Ada Contoh) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Apa Bedanya?]

 

Bagi Anda yang berminat dengan produk deposito, harap diperhatikan karena jumlah uang yang disetorkan untuk deposito akan lebih besar dari tabungan berjangka. Dengan jumlah bunga antara 3%-7% per tahun dan masa tenor yang dapat Anda tentukan sendiri antara 1 bulan hingga 2 tahun, Anda dapat memanfaatkan deposito untuk keperluan investasi jangka pendek maupun jangka panjang.

Miliki strategi dan juga tujuan yang jelas ketika Anda berminat untuk mengambil produk tabungan jenis ini.

 

#3 Tabungan Haji

Tabungan ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin pergi untuk beribadah Haji atau Umroh. Dengan memiliki tabungan Haji, secara otomatis Anda sudah dipastikan mendapatkan kuota untuk Umroh. Perlu diketahui bahwa biaya ini berbeda-beda setiap tahunnya tergantung hasil pemikiran dari Departemen Agama.

Besaran jumlah tabungan yang Anda masukkan tiap bulan dapat Anda atur sendiri. Semakin Anda mencapai ongkos biaya Haji, maka akan semakin cepat juga Anda pergi Umroh.

Apabila Anda sudah melunasi dan mencapai biaya ongkos Haji, maka Anda dapat menikmati perjalanan ibadah Haji Anda ke Tanah Suci.

 

#4 Tabungan Anak

Tabungan ini dibuat untuk mengajarkan anak-anak pentingnya disiplin menabung. Dengan setoran minimum bulanan yang kecil, potongan administrasi bulanan yang sedikit dan peraturan setoran awal yang lebih ringan, Anda dapat membuka rekening tabungan bagi anak Anda dan mengajarkan kebiasaan untuk menabung sejak dini bagi buah hati tercinta.

Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak - Finansialku 02

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

Selain itu, bank juga memberikan fasilitas ATM atas nama anak Anda agar memberikan kesan bangga bagi diri anak dan semakin giat dalam menabung.

 

#5 Tabungan Bisnis

Tabungan ini diperuntukkan untuk bisnis Anda dengan suku bunga yang relatif lebih besar dari tabungan biasa dan jumlah uang yang dapat ditransfer lebih besar juga dari tabungan biasa. Namun, tabungan ini memiliki beberapa persyaratan diantaranya setoran awal yang besar dan minimum setoran bulanan yang besar juga. Tabungan ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang berwirausaha.

 

#6 Tabungan Pegawai

Bagi Anda para pegawai, tabungan ini diperuntukkan bagi Anda dengan fasilitas kerja sama dengan perusahaan Anda untuk mentransfer gaji Anda melalui rekening tabungan ini. Anda sebagai pegawai tidak perlu repot untuk membuka rekeningnya karena perusahaan tempat Anda bekerja sudah mengurusnya dan Anda dapat menikmati fasilitas seperti pengajuan kredit yang kemungkinan besar akan diterima oleh pihak bank karena bank sudah memiliki informasi yang jelas tentang Anda dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Moms, Persiapkan Tabungan dan Investasi Pendidikan Anak Sejak Dini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Persiapkan Tabungan dan Investasi Pendidikan Anak Sejak Dini]

 

#7 Tabungan Mahasiswa

Tabungan ini mirip dengan tabungan pegawai, namun rekening ini tentu saja dibuat atas dasar kerja sama antara bank dengan kampus Anda perihal kemudahan para mahasiswanya dalam pembayaran uang kuliah bulanan. Pembayaran secara auto debit menjadi salah fasilitas yang akan menolong Anda dalam pembayaran uang kuliah Anda setiap bulannya.

 

Tips Memilih Tabungan yang Tepat

Ada banyak produk tabungan yang ditawarkan oleh bank dan setiap produk memiliki peraturan sendiri termasuk biaya layanan program layanan dan sebagainya.

Bila Anda bingung memilih produk tabungan terbaik yang tepat, Anda dapat menetapkan pilihan Anda melalui beberapa pertanyaan berikut ini:

  1. Apakah tabungan Anda tidak akan diambil untuk jangka waktu lebih dari 1 bulan? Jika ya, pilih deposito atau tabungan berjangka!
  2. Apakah Anda berencana mendaftar haji? Anda dapat membuka tabungan Haji.
  3. Apakah Anda menabung untuk mengumpulkan biaya sekolah anak Anda atau biaya pendidikan Anda? Pilih tabungan berjangka untuk beasiswa pendidikan atau tabungan asuransi
  4. Apakah Anda ingin tabungan Anda tidak di sentuh oleh riba? Menabunglah, buka rekening dan gunakan produk bank syariah terpercaya dan kredibel yang memiliki badan pengawas syariah yang ketat.
  5. Apakah Anda menabung untuk keperluan bisnis? Buka saja rekening tabungan bisnis!

 

5 Tips Memilih Taka atau Tabungan Pendidikan Anak 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Memilih Taka atau Tabungan Pendidikan Anak]

 

Crosscheck dengan Situs Bank Indonesia

Dalam proses memilih bank, perhatikan dan pastikan memilih bank yang memiliki nilai rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio) sesuai yang ditetapkan oleh kebijakan Bank Indonesia yaitu minimal 8%. Silakan cek ulang di situs Bank Indonesia. Hal ini penting untuk keamanan uang Anda yang tersimpan di Bank, terutama bila Anda menabung dalam jumlah yang besar.

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai manfaat menabung sejak usia muda. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Bagikan pengalaman menabung Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Blog duit. Cara Memilih Produk Tabungan Terbaik yang Tepat dan Benar. Blogduit.net – https://goo.gl/6b2NfB
  • Admin. 29 Maret 2016. Tips Memilih Tabungan yang Tepat. Aturduit.com – https://goo.gl/FdAQmz
  • Admin. 1 Juli 2015. Kenali 7 Jenis Tabungan Di Indonesia Ini Agar Tidak Salah Pilih. Cermati.com – https://goo.gl/Qgq5Sp
  • Imoney. 9 Oktober 2014. Jenis-Jenis Tabungan Di Indonesia. Aturduit.com – https://goo.gl/MLUFLE

 

Sumber Gambar:

  • Orang Asia – https://goo.gl/FDQAvv
  • Menabung di Bank – https://goo.gl/FnRzj4

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com