Program Pensiun di Indonesia dibedakan menjadi dua jenis, yaitu program pensiun iuran pasti (PPIP) dan program pensiun manfaat pasti (PPMP). Perencana Keuangan Independen Finansialku akan menjelaskan lebih detil mengenai program pensiun manfaat pasti (PPMP).

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Dua Jenis Program Pensiun: Iuran Pasti dan Manfaat Pasti

Program pensiun di Indonesia dibedakan menjadi dua jenis yaitu iuran pasti dan manfaat pasti. Perbedaan keduanya kelihatan sederhana, tetapi menimbulkan dampak yang sangat besar. Finansialku akan menjelaskan perbedaan keduanya pada artikel terpisah. Kali ini Finansialku hanya akan membahas program pensiun iuran pasti.

Mengenal Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP)

Program pensiun manfaat pasti – PPMP atau dalam bahasa Inggrisnya disebut defined benefit adalah manfaat pensiun yang didapatkan yang akan diterima telah ditentukan sebelumnya dalam suatu formula tertentu. Formula atau rumus perhitungan program pensiun manfaat pasti biasanya terkait dengan dengan gaji terkahir, masa kerja dan golongan. Satu hal yang perlu ditekankan, yang dijanjikan adalah perhitungan atau rumusnya bukan angka pastinya.

 

Contoh rumus manfaat pensiun: 2,35% x Masa Kerja x Gaji Pokok

 

 

Definisi Program pensiun manfaat pasti menurut OJK:

Program Pensiun Manfaat Pasti adalah program pensiun yang manfaatnya ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun atau program pensiun lain yang bukan merupakan Program Pensiun Iuran Pasti.

 

Program pensiun manfaat pasti hanya diterapkan pada Dana Pensiun Pemberi Kerja. Besar manfaat pensiun ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun dengan rumus tertentu. Nilainya bisa saja berbeda antara perusahaan yang satu dengan perusahaan lain.

Iuran merupakan hasil estimasi kebutuhan biaya untuk merealisasikan manfaat pensiun berdasarkan perhitungan aktuaris dan bisa saja nilainya berfluktuasi. Program pensiun manfaat pasti sifatnya paternalistic atau pemberi kerja menanggung semua atau sebagian besar risiko (termasuk risiko investasi). Dana tercatat sebagai dana agregat.

Dasar hukum yang mengatur program pensiun  adalah UU no 11 tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Di dalamnya juga diatur program pensiun iuran pasti.

 

 

Keuntungan dan Kerugian Program Pensiun Manfaat Pasti

Konsekuensi jika Anda menggunakan program pensiun manfaat pasti adalah:


Keuntungan:

  • iuran pensiun pekerja biasanya relatif kecil.
  • pensiunan seperti menerima gaji bulanan, pasti mendapatkan uang pensiun (kecuali ada masalah dengan perusahaan tempat bekerja).

Kerugian:

  • pemberi kerja memberikan tambahan jika sampai terjadi kekurangan dana pensiun.
  • menjadi beban pengeluaran perusahaan pemberi kerja.

 

Kesimpulan

Program pensiun manfaat pasti sudah mulai ditinggalkan di Indonesia. Hal ini karena pendapatannya yang kurang maksimal serta perusahaan butuh departemen khusus untuk mengelolanya dan terkesan banyak yang diurus.

 

Jika saat ini Anda sedang memilih program pensiun, apakah Anda mau memilih program pensiun manfaat pasti?

 

Image Credit:

  • Retirement – http://goo.gl/znZkj3

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang