Bagaimana cara mengurus keuangan untuk wanita karir yang mau sukses seperti Anda?

Menjadi seorang wanita karir memang bukanlah hal yang mudah, karena banyak sekali hal yang harus dikerjakan dan dikejar di dalam hidup agar mendapatkan karir yang baik.

Namun sebagai seorang wanita karir, aspek keuangan juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dikelola dengan baik agar dapat mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Lalu, bagaimana caranya mengurus keuangan dan juga tetap produktif di dalam pekerjaan sehingga karir tetap naik dan tujuan keuangan tercapai?

Mari kita simak rubrik berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Perencanaan Keuangan

Apa yang ada di dalam benak Anda sebagai wanita karir dalam mengurus keuangan?

Sebagai wanita karir, tentu dengan pekerjaan yang baik dan karir yang semakin meningkat, Anda dapat memperoleh penghasilan yang mungkin akan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Dengan mendapatkan penghasilan dari hasil kerja keras, Anda merasa boleh menggunakan uang Anda sesuka Anda, sehingga ada kemungkinan Anda akan memiliki gaya hidup yang konsumtif tanpa Anda sadari.

Seperti salah seorang teman saya yang saya ketahui, dimana posisinya sudah baik tetapi ternyata beliau sangat sulit sekali untuk membeli aset maupun menabung. Karena ternyata sebagian besar uangnya dipakai untuk memenuhi gaya hidupnya.

Bagaimana Cara Mengurus Keuangan untuk Wanita Karir yang Mau Sukses Seperti Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Motivasi Dave Ramsey, Seorang Ahli Perencana Keuangan Pribadi]

 

Ternyata menjadi wanita karir dengan penghasilan yang tinggi bukanlah suatu jaminan bahwa Anda dapat sukses dalam aspek keuangan dan dapat mencapai tujuan keuangan yang Anda inginkan seperti menabung untuk dana masa depan, membeli aset dan hal yang lainnya.

Fakta mengatakan bahwa sebagai wanita karir Anda juga harus mempelajari cara mengurus keuangan agar Anda tidak menghabiskan seluruh penghasilan Anda tetapi Anda juga dapat mengelolanya untuk kebutuhan Anda di masa depan.

Salah satu hal yang paling utama dalam mengurus keuangan Anda adalah dengan melakukan perencanaan keuangan.

Perencanaan sangatlah penting agar Anda tidak hanya bekerja untuk dihabiskan atau tanpa sadar habis begitu saja karena mengikuti gaya hidup masyarakat atau lingkungan, tetapi Anda juga dapat mulai berinvestasi untuk masa depan Anda.

 

Perencanaan Keuangan Untuk Wanita Karir Yang Mau Sukses

Berikut ini adalah langkah-langkah merencanakan keuangan Anda, para wanita karir yang ingin sukses baik dalam karir Anda maupun dalam keuangan Anda.

 

#1 Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Hal terpenting dari merencanakan keuangan Anda agar Anda dapat mencapai tujuan keuangan Anda adalah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran Anda.

Kenapa pencatatan adalah hal yang pertama? Karena tanpa membuat sebuah pencatatan, maka Anda tidak akan tahu kemana uang Anda setiap bulannya.

Bahkan Anda tidak akan sadar ketika semua penghasilan Anda habis terpakai untuk hal-hal yang konsumtif.

Dengan adanya pencatatan, Anda akan mengetahui apa saja pengeluaran yang sudah Anda lakukan.

Kenali Peluang Usaha Melakukan Bisnis Online Untuk Wanita Karir 02 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga, yang Dapat Anda Lakukan. Kalau Bisa Nambah Pemasukan, Kenapa Tidak?]

 

Apakah pengeluaran tersebut efektif atau tidak, apakah pengeluaran tersebut adalah untuk hal yang produktif atau hanya untuk kegiatan konsumtif, bahkan Anda juga dapat melihat apakah ada pengeluaran yang Anda tidak sadari telah mengambil sebagian besar penghasilan Anda (atau ada kebocoran keuangan).

Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pencatatan.

Melakukan pencatatan memang bukanlah hal yang disukai, bahkan sebagian besar orang merasa kesulitan melakukan hal ini.

Sebenarnya Anda dapat membuat pencatatan menjadi lebih mudah dengan memiliki aplikasi pencatatan pengeluaran. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah aplikasi pencatatan Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Mulai Membuat Anggaran Belanja

Setelah Anda membuat pencatatan selama beberapa bulan, Anda sudah akan dapat melihat pola pengeluaran Anda. Untuk hal apa saja Anda menggunakan penghasilan Anda, apakah untuk makan, transportasi, asuransi atau kebutuhan lainnya.

Anda sudah dapat melihat juga perkiraan besarnya pengeluaran Anda setiap bulannya.

Dari data tersebut, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat anggaran. Anggaran berfungsi agar Anda tidak menggunakan uang melebihi penghasilan Anda.

Apalagi bagi Anda yang ketika membuat pencatatan, ternyata pengeluaran Anda melebihi penghasilan Anda sehingga tanpa disadari, utang Anda mulai bertambah sedikit demi sedikit.

Women Entrepreneur Ketahui 5 Tantangan Kewirausahaan bagi Wanita 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Penghasilan Anda seperti “lewat” begitu saja setiap bulannya karena Anda harus membayar tagihan kartu kredit bulanan Anda. Jika memang demikian, saatnya Anda membuat anggaran belanja Anda setiap bulannya.

Pencatatan keuangan dapat Anda gunakan dengan Aplikasi Finansialku.

Di dalam aplikasi Finansialku.com, terdapat juga menu anggaran yang dapat memberikan perbandingan bagi Anda apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang telah Anda buat.

Setiap bulannya, Anda mengetahui di bagian mana Anda telah menggunakan uang Anda secara berlebihan.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Tentukan Tujuan Keuangan Anda

Hal ketiga yang juga sangat penting untuk Anda lakukan dalam merencanakan keuangan Anda adalah menentukan tujuan keuangan Anda.

Tujuan keuangan berfungsi untuk memotivasi Anda agar Anda dapat membuat anggaran dengan tujuan tertentu.

Sebelum Anda memiliki tujuan keuangan, Anda mungkin belum membuat anggaran untuk tujuan tersebut, tetapi setelah Anda memiliki tujuan keuangan, Anda mulai mengubah anggaran bulanan Anda dan mulai menetapkan anggaran untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Kenali Peluang Usaha Melakukan Bisnis Online Untuk Wanita Karir 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Iya Dana Darurat Bisa Disimpan Pada Produk Reksa Dana?]

 

Tujuan keuangan dapat berupa memiliki tabungan dana darurat, memiliki dana untuk membeli rumah, membeli asuransi keluarga, untuk travelling, membeli mobil, untuk pensiun dan lain sebagainya.

Tentukan tujuan keuangan Anda sehingga Anda dapat menggunakan penghasilan Anda dengan lebih optimal.

Anda dapat menghitung kebutuhan dana Anda untuk tujuan keuangan di aplikasi Finansialku.com.

Ada cara menghitung dana darurat, dana pensiun, dana untuk membeli barang (rumah atau mobil) dan untuk tujuan keuangan lainnya.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#4 Mulailah Memprioritaskan Penghasilan Anda Untuk Tujuan Keuangan Anda

Setelah Anda menentukan tujuan keuangan Anda, Anda mulai dapat memprioritaskan penghasilan Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Kenapa saya mengatakan “memprioritaskan”? Karena prioritas berarti Anda mengutamakan hal tersebut diatas pengeluaran Anda.

Artinya, Anda akan mulai menabung atau menginvestasikan sebagian penghasilan Anda untuk tujuan keuangan yang Anda inginkan. Dengan menganggarkan dan memprioritaskan penghasilan Anda, maka dalam jangka waktu yang telah ditentukan Anda akan dapat mencapai tujuan keuangan yang Anda inginkan.

Begini Cara Mempersiapkan Dana Pensiun bagi Para Wanita Karier 01 - Finansialku

[Baca Juga: Working Mom: Antara Pekerjaan Rumah, Usaha Sampingan dan Pekerjaan Kantor Harus Seimbang!]

 

#5 Evaluasi Keuangan Anda Secara Berkala

Yang terakhir yang dapat Anda lakukan sebagai wanita karir agar Anda dapat memiliki keuangan yang baik adalah dengan melakukan evaluasi keuangan Anda secara berkala.

Anda dapat mengevaluasi setahun sekali atau setahun dua kali untuk melihat apakah keuangan Anda sudah sesuai dengan gambaran ideal Anda? Apakah perjalanan untuk mencapai tujuan keuangan Anda sudah sesuai dengan yang Anda inginkan?

Ambil waktu sejenak di dalam kesibukan Anda sebagai wanita karir untuk mengevaluasi kembali pencatatan, anggaran, tujuan keuangan dan tabungan atau investasi Anda.

Hal ini sama seperti melihat kembali “kompas” Anda agar Anda mengetahui bahwa arah yang Anda tuju adalah arah yang benar.

 

Rencanakan dan Prioritaskan Keuangan Anda

Dengan melakukan 5 langkah diatas, berarti Anda sudah mulai merencanakan dan memprioritaskan keuangan Anda untuk hal yang lebih produktif dan berinvestasi untuk masa depan Anda sebagai wanita karir.

Selain karir Anda semakin baik, Anda juga dapat mencapai tujuan keuangan Anda di masa depan.

Mulailah dari sekarang untuk mengurus keuangan Anda, karena semakin cepat Anda memulai maka semakin cepat pula Anda mencapai tujuan keuangan Anda.

 

Terima kasih karena Anda telah membaca artikel ini sampai habis.

Apakah informasi di dalam artikel ini menambah wawasan Anda sebagai wanita karir untuk dapat mengurus keuangan Anda dengan lebih baik lagi?

Apakah ada teman atau rekan kerja Anda yang membutuhkan informasi ini? Bagikan artikel ini kepada mereka juga!

 

Sumber Gambar:

  • Mengurus Keuangan untuk Wanita Karir 1 – https://goo.gl/hvbgzV
  • Mengurus Keuangan untuk Wanita Karir 2 – https://goo.gl/EtYp7z

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang