Manakah yang Lebih Murah, Menikah di Gedung, Rumah atau Kebun?

Apakah kamu sedang kebingungan untuk menentukan venue pernikahan yang murah dan tak ribet? Yuk cek perbandingan biaya menikah di gedung, kebun dan rumah ini!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Tunaiku

 

Manakah yang Lebih Murah, Menikah di Gedung, Rumah atau Kebun?

Saat menggelar resepsi pernikahan, banyak tempat yang bisa kamu pilih. Entah di gedung PKK ataupun di gedung Dharma Wanita, keduanya bisa jadi pilihan.

Sampai saat ini gedung masih menjadi tempat favorit untuk menggelar resepsi pernikahan.

Jika kamu suka melihat situs wedding yang ada di Indonesia, kini konsep garden party juga mulai dilirik. Atau bisa juga dilakukan di rumah dengan tamu yang jumlahnya sedikit.

Sebenarnya, masing-masing venue yang sudah disebutkan ada keuntungan dan kerugiannya.

Nah, ditulis dari Swara Tunaiku, kalau kamu masih bingung mau memilih venue, yuk cek perbandingan antar ketiga venue yang biasa dipakai untuk resepsi pernikahan ini.

 

#1 Rumah

Jika mau hemat biaya nikah, rumah bisa jadi pilihan nih. Kamu tak perlu mengeluarkan uang berjuta-juta, waktu yang terbatas, sampai takut tanggal yang kamu incar sudah full-booked! Namun, memang menikah di rumah akan jauh lebih repot.

Pertama, kamu akan direpotkan dalam hal sewa kursi dan tenda. Semisal nih, kamu punya rumah dengan halaman yang luas, maka tak akan muncul masalah. Namun, jika halamanmu sempit, kamu pun harus pasang tenda di jalan.

Kedua, direpotkan masalah beres-beres rumah. Setelah resepsi berakhir, kamu akan disibukkan untuk membersihkan rumahmu dengan segera. Pasti bakal capek luar biasa deh nantinya.

Menikah di Gedung, Rumah atau Kebun 02 Menikah di Rumah - Finansialku

[Baca Juga: Budget Pernikahan Terbatas? Ketahui 14 Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

 

Selain itu, menikah di rumah juga akan memakan banyak biaya pada pos keuangan tertentu. Misalnya nih untuk dekorasi, properti dan konsumsi. Kamu tidak akan bisa mengontrol jumlah tamu yang datang ke rumahmu.

Misalnya, targetmu adalah 800 pax konsumsi. Dan di luar dugaan harus nambah 200 pax lagi karena tamu terus berdatangan.

Kalau untuk dekorasi, kamu tak perlu banyak budget. Cukup dengan menyediakan kursi dan tenda saja agar para tamu lebih nyaman saat bertamu.

Umumnya, paket tenda akan memasang harga sebesar Rp3 juta dan kursi sebesar Rp10 ribu per unit.

 

#2 Garden Party atau Outdoor

Kamu yang suka dengan konsep asri dan alami pasti akan melirik venue yang satu ini. Beberapa contoh pernikahan dengan konsep garden party adalah pernikahan yang digelar di Wisma Djoglo, Yogyakarta.

Dengan tempat yang memiliki luas setengah lapangan sepak bola ini, kamu masih bisa menambahkan spot untuk foto dan pos konsumsi.

Untuk pelaminan, kamu bisa dengan mendirikan backdrop saja dan sedikit sentuhan untuk dekorasinya. Jadi, tak perlu menyiapkan panggung.

Berkaitan dengan dekorasi, kamu bisa sedikit lebih berhemat. Tak perlu mewah-mewah deh untuk dekorasi karena sudah ada pepohonan dan tanaman yang sesuai dengan konsep garden party.

Berkaitan dengan budget, kamu bisa mengeluarkan uang di bawah angka Rp20 juta. Lokasinya berada di Pine Forest (Lembang) dengan fasilitas sewa seluruh venue selama 2 hari 1 malam. 

Bisa juga dengan menyewa Rumah Sarwono di Jakarta yang kental dengan nuansa khas Jawa. Tempat ini bisa menampung hingga 800 orang dengan paket Rp18-60 juta untuk sewa selama 7 jam.

Menikah di Gedung, Rumah atau Kebun 03 Garden Party - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Pakai Aplikasi Finansialku Untuk Persiapan Pernikahan Tanpa WO!]

 

Tak beda jauh kan antara biaya menikah indoor dan outdoor?

Biasanya perbedaan terletak pada kapasitas ruangan. Jika menikah di café outdoor biasanya bisa menampung hingga 100 orang.

Atau bisa juga di tempat yang bisa menampung banyak orang di Taman Hutan Raya Djuanda (Bandung).

Meski outdoor, bukan berarti kamu tak perlu menyiapkan dekorasi dan properti ya.

Jadi, perlu nih menyiapkan budget untuk dekorasi dan properti kalau mau menikah dengan konsep ini.

Cek kembali, apakah venue yang kamu pilih sudah menyiapkannya apa belum? Jika belum, budget ini bisa cukup memakan biaya lho.

Solusinya adalah dengan mengambil katering di luar paket venue dan menekan budget akomodasi keluarga.

Untuk akomodasi keluarga, lupakan tentang sewa hotel. Pertimbangkan tentang penginapan bergaya Air BnB yang lebih murah dengan fasilitas lengkap.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Gedung

Budget terbesar tentu saja untuk sewa gedung. Rasanya cukup sulit membayangkan jika harus sewa gedung komersil sekelas hotel, Balai Sarbini, Balai Kartini dan tempat mewah lainnya.

Dan perlu kamu tahu nih, paket di Balai Kartini untuk 500 tamu bisa mencapai Rp200 juta.

Lalu, bagaimana kalau kamu memiliki budget yang sedikit?

Kamu bisa saja beralih ke gedung milik pemerintah seperti Auditorium Gelanggang Remaja di Jakarta Utara (Rp6 juta) atau di Gedung Puslitbang PLN (Rp5,5 juta) di Duren Tiga Jakarta Selatan. Atau di gedung pemerintah di dekat rumahmu.

Menikah di Gedung, Rumah atau Kebun 04 Menikah di Gedung - Finansialku

[Baca Juga: Harga Dekorasi Pernikahan atau Dekorasi Pelaminan yang Murah dan Minimalis]

 

Kamu juga perlu mempertimbangkan untuk memakai paket komplit dekorasi dan katering dari gedung. Kadangkala selisihnya bisa mencapai Rp5 jutaan lho.

Jika melihat dari sisi kepraktisan, kamu tak perlu khawatir dengan masalah kebersihan. Jika ingin mengundang banyak tamu, tinggal memilih gedung yang besar dan mudah diakses.

Namun, memang kamu perlu memerhatikan masalah waktu yang cukup terbatas. Bisa saja, satu gedung dipakai untuk beberapa pasangan dalam seharinya.

Jadi, kalau kamu dapat jatah selama dua jam saja, tim wedding organizer akan segera mencopot dekorasimu kalau waktu sudah habis.

Belum lagi kalau kamu menikah pada tanggal-tanggal cantik, maka harus siap-siap rebutan dengan pasangan lain. Harus buru-buru bayar DP untuk reservasi gedung!

 

Sesuaikan Budget Anda!

Inilah gambaran kasar untuk biaya pada masing-masing venue untuk resepsi pernikahan.

Di manapun lokasinya, sesuaikan saja dengan budget yang kamu punya. Semoga pernikahan idamanmu bisa terwujud ya!

 

Venue mana yang akan kamu pilih? Apakah kamu mau menikah di gedung, rumah atau kebun? Yuk komen pilihan kamu di kolom bawah ini ya.

 

Sumber Gambar:

  • Menikah di Gedung, Rumah atau Kebun – https://goo.gl/h3xQpY
  • Menikah di Gedung – https://goo.gl/vd2iD5
  • Menikah di Rumah – https://goo.gl/QCw1nJ
  • Menikah di Kebun – https://goo.gl/frVy61

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By |2018-01-28T18:14:27+00:00December 23rd, 2017|Categories: Dana Pernikahan, Tujuan Keuangan|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Tunaiku
Tunaiku adalah penyedia produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari institusi finansial, yaitu Bank Amar Indonesia. Tunaiku terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia. Bank Amar Indonesia sebagai pemilik produk Tunaiku ingin mewujudkan proses pinjaman uang online yang cepat, mudah, dan aman.

Leave A Comment