Musim Hujan Telah Tiba! Apa Perlu Menyiapkan Asuransi Banjir?

Apakah rumah Anda langganan terkena banjir? Untuk melindungi barang dan aset berharga Anda dari banjir, Anda dapat membeli asuransi banjir.

Sudahkah Anda mengetahui seluk beluk asuransi banjir?

Di artikel kali ini, Finansialku akan menjelaskan secara lengkap tentang asuransi banjir.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pengertian Asuransi Banjir

Banyak yang beranggapan bahwa asuransi properti dan asuransi kendaraan sudah cukup untuk melindungi seluruh aset Anda dari segala risiko yang sewaktu-waktu dapat Anda alami.

Tapi kenyataannya, asuransi dasar untuk properti atau kendaraan (all risk) tidak dapat melindungi rumah Anda dari risiko banjir.

Untuk melindungi aset berharga Anda dari banjir, ada yang dinamakan asuransi perluasan perlindungan terhadap risiko banjir.

Asuransi Banjir 02 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Pemilik Mobil, Ketahui Cara Klaim Asuransi Mobil Korban Banjir]

 

Asuransi banjir merupakan produk tambahan yang manfaatnya bisa Anda nikmati dengan cara menambahkan polis tersebut pada asuransi dasar yang Anda miliki sebelumnya.

Dengan kata lain, asuransi banjir adalah semacam fitur tambahan dari asuransi asuransi properti maupun asuransi kendaraan.

Untuk itu, Anda hanya bisa memiliki asuransi banjir jika Anda telah memiliki asuransi dasarnya.

Asuransi banjir dapat membantu Anda melindungi aset berharga serta kendaraan dari risiko kerugian yang ditimbulkan oleh banjir.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat, mengingat banjir sewaktu-waktu dapat datang dan merusak properti, perabotan yang di dalamnya serta kendaraan yang Anda miliki.

 

Apakah Perlu Asuransi Banjir?

Seperti yang sudah Anda ketahui, banyak kerugian yang dapat ditimbulkan oleh banjir.

Beragam aktivitas masyarakat terpaksa dihentikan, sekolah diliburkan, dan perekonomian bisa mengalami kelumpuhan karena sulitnya akses transportasi dan akomodasi.

Banjir tentu berdampak buruk bagi masyarakat, terutama bagi pekerja lepas dan wiraswasta yang tidak mendapatkan gaji bulanan dari sebuah perusahaan.

Tidak ada jaminan yang dapat menjadi pegangan mereka untuk terus melanjutkan hidup bila sumber penghasilan terhambat.

Banjir juga dapat menyebabkan kerugian dalam bentuk materi akibat kerusakan properti, kendaraan dan aset lainnya yang terendam air banjir.

Tak cukup sampai di situ, banjir juga melahirkan penyakit yang pada umumnya termasuk dalam kategori penyakit berbahaya, seperti muntaber, diare dan DBD.

Asuransi Banjir 03 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Rumah dan Bencana Banjir]

 

Meski belum ditemukan cara yang ampuh untuk mengatasi banjir, Anda dapat mengambil beberapa tindakan sebagai bentuk perlindungan terhadap keselamatan diri dan aset yang Anda miliki.

Selain membekali diri dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, Anda juga perlu memiliki asuransi banjir.

Asuransi banjir diperlukan terutama untuk Anda yang tinggal di kota atau kawasan yang masih terkena banjir setiap tahunnya.

 

Cara Mendapatkan Asuransi Banjir

Pada awalnya, asuransi banjir termasuk ke dalam pertanggungan dari asuransi dasar.

Namun seiring dengan meningkatnya frekuensi banjir di kota-kota besar, maka pihak penyedia jasa asuransi mengeluarkannya dari polis asuransi dasar dan menjualnya secara terpisah.

Jika Anda sudah memiliki asuransi dasar, Anda dapat menambahkan asuransi banjir pada asuransi dasar yang telah Anda miliki.

Tapi jika Anda belum memiliki asuransi dasar, Anda bisa membeli asuransi dasar sekaligus asuransi banjir sejak awal.

Asuransi Banjir 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Rahasianya Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Sesuai Kebutuhan]

 

Anda harus cermat saat membeli asuransi. Minta mereka menjelaskan seluruh isi polis tersebut sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Hal ini merupakan bentuk antisipasi terhadap terjadinya salah penafsiran yang mungkin saja akan menimbulkan kerugian bagi Anda di kemudian hari.

 

Berapa Besar Risiko Yang Ditanggung

Pada umumnya, asuransi banjir selalu menerapkan sistem risiko sendiri dalam jumlah persentase yang menjadi tanggung jawab kita sebagai pemilik properti yang diasuransikan.

Asuransi banjir bisa saja memiliki nilai pertanggungan yang berbeda dengan nilai aset (baik properti maupun kendaraan) yang kita miliki.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menanyakan hal tersebut secara detail kepada pihak perusahaan asuransi sebelum Anda membelinya.

Pastikan Anda benar-benar memahami dengan jelas setiap pasal di dalam polis asuransi yang Anda beli.

 

Siapkan Asuransi Banjir Untuk Melindungi Aset Anda Pada Musim Hujan

Anda tidak dapat mengontrol kapan hujan turun, tetapi Anda dapat melindungi aset-aset Anda dari kerugian yang tidak diinginkan akibat hujan.

Musim hujan pasti akan datang setiap tahun, dan jika tempat tinggal atau tempat bekerja Anda masih sering terkena banjir selama musim hujan, akan lebih baik jika Anda waspada dengan mempersiapkan asuransi ini.

 

Apakah artikel ini membantu Anda untuk lebih mengerti tentang asuransi banjir?

Apakah isi dari artikel ini menambah wawasan Anda?

Bagikan artikel ini agar dapat membantu orang-orang yang ingin mengetahui tentang asuransi banjir.

 

Sumber Gambar:

  • Musim Hujan – https://goo.gl/RbHHsd
  • Asuransi Banjir 1 – https://goo.gl/AxMY6p
  • Asuransi Banjir 2 – https://goo.gl/Zygk8R
  • Menyiapkan Asuransi Banjir – https://goo.gl/UAEiB2

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By |2017-12-20T12:01:31+00:00December 19th, 2017|Categories: Asuransi, Asuransi Rumah|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment