Apakah dana darurat keluarga perlu dipersiapkan dalam budget tetap? Jika ya, kapan sebaiknya mulai menyiapkan dana keluarga?

Simak ulasan selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Dana Darurat Keluarga

Setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Besarnya jumlah anggota keluarga sangat menentukan besarnya dana yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Belum lagi jika ada kejadian tak terduga yang membutuhkan biaya cukup besar.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menyiapkan dana yang satu ini.

 

Cara Mengatur Dana Darurat Keluarga untuk Keadaan Genting

Dana yang satu ini merupakan dana yang dipersiapkan khusus untuk kebutuhan mendadak atau di luar perkiraan dalam keluarga Anda.

Misalnya saja dana untuk berobat, kecelakaan, kendaraan ataupun yang lainnya. Bagaimana cara mengaturnya? Berikut penjelasannya.

 

#1 Pisahkan dari Dana Lain

Anda harus memahami bahwa dana ini bukanlah investasi. Dan bukan pula dana pendidikan anak. Meskipun memang dana ini dipersiapkan untuk keluarga Anda, namun Anda harus dapat memisahkannya dari dana yang lain.

 

#2 Mudah Dicairkan

Dana darurat keluarga harus mudah dicairkan. Maksudnya, dana tersebut dapat segera diperoleh saat keadaan mendesak. Anda juga harus pastikan untuk mendapatkan dana ini dengan bentuk tunai dalam waktu yang singkat.

Dana Darurat Keluarga 1

[Baca Juga: Apakah Moms Sudah Menyusun Budget Persiapan Melahirkan? Ketahui Jumlah Dananya]

 

Oleh karena itu, Anda harus dapat memilih instrumen penyimpanan dana darurat yang fleksibel. Tabungan di bank atau logam mulia bisa menjadi pilihan karena dapat dicairkan dalam bentuk tunai kapan saja Anda membutuhkannya.

 

#3 Jumlahnya

Jumlah anggota keluarga yang berbeda, sangat mempengaruhi jumlah dana yang harus dipersiapkan oleh Anda.

Apalagi jika Anda sudah menikah, jumlah anak Anda sangat menentukan berapa idealnya dana darurat yang sebaiknya Anda miliki. Akan tetapi, dana ini biasanya sejumlah 3 kali penghasilan.

 

#4 Dana Darurat untuk Lajang

Untuk Anda yang masih lajang, dana darurat yang Anda miliki adalah minimal 6 kali dari jumlah penghasilan bulanan.

Dana Darurat Keluarga 2

[Baca Juga: Wisata Murah: Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker? Lihat Perhitungannya!]

 

Anda dapat menyisihkan 10% dari gaji bulanan Anda. Jika Anda rutin melakukan ini, jumlah ideal tersebut bisa Anda kumpulkan dalam waktu 2-3 tahun.

 

#5 Dana Keluarga 1 Anak

Apabila Anda sudah menikah dan sudah memiliki 1 anak, maka jumlah yang harus Anda siapkan idealnya adalah sebesar 9 kali dari penghasilan bulanan. Dana ini setidaknya dapat menyambung hidup Anda selama 3 hingga 6 bulan ke depan.

 

#6 Bagi yang Memiliki 2 Anak atau Lebih

Apabila Anda memiliki 2 orang anak, maka 12 kali dari penghasilan bulanan Anda harus siap menjadi dana darurat. Bila Anda memiliki 3 orang anak, maka idealnya adalah 15 kali dari penghasilan bulanan Anda.

Besarnya jumlah tersebut dihitung dari masing-masing 1 anggota keluarga diberikan rancangan sebesar 3 kali dari penghasilan bulanan. Dengan kata lain, cara menghitung dana darurat adalah jumlah anggota keluarga dikali tiga.

 

#7 Sumber

Jumlah yang harus dipersiapkan idealnya memang menyisihkan 10% dari gaji bulanan Anda. Akan tetapi, untuk mendapatkannya tidak harus bersumber dari penghasilan bulanan Anda saja.

Anda dapat memisahkannya dari sumber lain.

Mengambil dari komisi harian, bonus tahunan, Tunjangan Hari Raya (THR) dan beberapa penghasilan tambahan lainnya.

 

Persiapkan untuk Mengantisipasi Kebutuhan Mendesak

Dalam hidup, kejadian yang akan datang tidak dapat diketahui. oleh karena itu persiapkan sejak dini. Tidak penting berapa jumlah yang Anda pisahkan, yang paling penting adalah Anda harus dapat menjalankannya dengan teratur.

 

Apakah artikel di atas dapat membantu Anda dalam memetakan kebutuhan serta rencana untuk menyisihkan dana darurat keluarga?

Jika ya, ajak lebih banyak teman yang lajang maupun berkeluarga untuk membaca artikel ini ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • V ML. 12 September 2016. Inilah Cara Hitung Dana Darurat Keluarga 1 Anak dan 2 Anak. Futuready.com – http://bit.ly/2IhVOIz

 

Sumber Gambar:

  • Dana Darurat Keluarga 1 – http://bit.ly/2TCh8xK
  • Dana Darurat Keluarga 2 – http://bit.ly/2wv3lRr
  • Dana Darurat Keluarga 3 – http://bit.ly/2IlMAuE