Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!

Coba bayangkan, apakah yang ada di benak Anda ketika Anda ditanyakan tentang menyiapkan dana pensiun usia 40 an? Apakah Anda sudah mempunyai gambaran atau Anda sama sekali belum mempunyai bayangan tentang masa pensiun sama sekali?

Jika Anda salah seorang yang masih belum punya bayangan sama sekali, padahal usia Anda sudah mendekati masa pensiun, jangan khawatir! Rubrik kali ini akan membahas, hal apa saja yang dapat Anda lakukan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Terlambat Menyiapkan Pensiun

Kenyataannya, tidak banyak orang yang sudah benar-benar mempersiapkan kebutuhan keuangan untuk masa pensiunnya. Jika dirata-rata, sekitar satu di antara tiga orang Indonesia belum menyiapkan jaminan kesejahteraan masa depan di saat pensiun.

Hal ini terungkap dalam survei The Power of Protection, Confidence in The Future yang dilakukan HSBC.

Selama bulan Oktober sampai November 2015, HSBC melakukan survei ini di 12 negara, termasuk Indonesia.

Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan Coba Jawab: Umur Berapa Seharusnya Saya Mulai Menyiapkan Dana Pensiun?]

 

Steven Suryana, Senior Vice President and Head of Wealth Management HSBC Indonesia, mengatakan, survei di Indonesia dilakukan terhadap 1.000 orang responden, yang bukan nasabah HSBC.

Hasil survei menunjukkan bahwa sebanyak 64% responden mengkhawatirkan kesehatan fisik mereka di masa depan dan 54% responden khawatir tentang kesehatan finansial mereka.

Selain itu, ada 67% responden yang menyatakan bahwa mereka telah melakukan persiapan finansial dalam bentuk tabungan, investasi dan asuransi.

Namun begitu, 38% dari responden tersebut mengaku belum memahami sepenuhnya persiapan finansial yang telah mereka lakukan apakah sudah sesuai kebutuhan, serta dapat dijadikan jaminan di masa tua nanti atau masih kurang.

Persiapan finansial yang dilakukan responden, ternyata masih fokus pada perencanaan jangka pendek untuk kebutuhan-kebutuhan yang bersifat mendadak.

Ada 36% responden yang berpendapat bahwa mereka saat ini merasa belum membutuhkan atau tidak menjadikan persiapan finansial jangka panjang sebagai prioritas.

Bagaimana Cara Menghemat Uang agar Dana Pensiun Dapat Terwujud 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghemat Uang agar Dana Pensiun Dapat Terwujud?]

 

Dari hasil survei tersebut, ternyata masih banyak orang yang belum membayangkan tentang masa pensiun mereka, apalagi menyiapkan masa pensiun mereka.

Tetapi, tentu ada masanya dimana seseorang mulai berpikir tentang masa pensiun mereka, apalagi jika mulai mendekati usia pensiunan.

 

Strategi Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an

Strategi apa yang dapat Anda lakukan untuk menyiapkan dana pensiun di usia 40 an? Simak pembahasan berikut ini

 

#1 Tentukan Besar Dana Pensiun Yang Anda Butuhkan

Hal pertama yang harus mulai Anda lakukan adalah menentukan besar dana pensiun Anda.

Pikirkan, apa yang akan Anda lakukan pada saat Anda pensiun, bagaimana Anda akan menjalani hidup Anda pada saat pensiun, dan berapa biaya hidup Anda pada saat Anda pensiun nanti.

Kehidupan Anda yang sekarang, dapat menjadi patokan awal bagaimana Anda akan menikmati hidup Anda di masa pensiun nanti. Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda dapat menentukan berapa besar biaya hidup Anda di masa pensiun nanti.

Dengan menentukan besar biaya hidup Anda, Anda dapat mengetahui berapa besar dana pensiun yang Anda butuhkan.

Anda dapat menghitung besar dana pensiun yang Anda butuhkan dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Silakan mendaftar di sini atau Anda juga bisa download aplikasi di Google Play Store.

Anda akan banyak mendapatkan banyak manfaat ketika Anda menghitung dana pensiun Anda dengan aplikasi ini. Tentunya Anda akan dapat menghitung besarnya dana pensiun yang Anda butuhkan sekarang.

Iklan Perencanaaan Hari Tua
Iklan Perencanaaan Hari Tua

 

Mengetahui besar dana pensiun yang Anda butuhkan adalah hal yang sangat penting agar Anda mempunyai tujuan yang jelas ketika menyiapkannya.

 

#2 Kurangi Utang Anda

Ketika Anda sudah berusia 40 tahun, tidaklah cukup jika Anda hanya menabung untuk dana pensiun Anda. Anda juga sudah harus mulai mengatur pengeluaran Anda dan mulai membayar utang-utang Anda.

Anda tentu tidak mau memasuki masa pensiun dengan penuh utang, bukan?

Anda harus mulai mengurangi utang Anda dari sekarang. Kurangi utang-utang konsumtif, dan lunasi utang yang ada.

Jika Anda masih memiliki cicilan KPR, Anda harus mulai merencanakan bagaimana agar cicilan tersebut lunas ketika Anda memasuki masa pensiun Anda.

 

#3 Kurangi Pengeluaran Anda

Ketika Anda mulai merencanakan pensiun Anda dan menyiapkan dana pensiun, Anda harus mulai menyadari bahwa pengeluaran Anda dapat berdampak pada besarnya tabungan Anda.

Anda dapat mulai mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dengan cara membuat anggaran. Anda juga harus melakukan pencatatan keuangan agar Anda dapat mengevaluasi pengeluaran Anda setiap bulannya.

Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Jika Pensiunan Kembali Bekerja Setelah Pensiun 01 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Finansialku: Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga (Menu Transaksi)]

 

#4 Tingkatkan Tabungan Anda

Agar dapat menyiapkan dana pensiun Anda dalam waktu yang relatif singkat, Anda harus meningkatkan tabungan Anda. Anda dapat meningkatkan tabungan Anda dengan memprioritaskan menabung.

Memprioritaskan menabung berarti Anda sudah menganggarkan tabungan Anda pada saat Anda menerima penghasilan Anda. Sehingga pengeluaran Anda akan memakai sisa dari penghasilan Anda setelah dikurangi tabungan Anda.

Anda dapat menghitung berapa besar dana yang harus Anda tabung dengan menggunakan aplikasi finansialku, setelah Anda mengetahui besar dana pensiun yang Anda butuhkan.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#5 Tingkatkan Penghasilan Anda

Jika dengan penghasilan Anda sekarang, Anda masih belum dapat menabung sesuai dengan yang diharuskan, maka Anda harus mulai meningkatkan penghasilan Anda.

Anda dapat mencari sumber penghasilan lainnya yang tidak mengganggu pekerjaan Anda saat ini. Dengan meningkatnya penghasilan, maka jumlah uang yang dapat Anda tabung, juga akan meningkat.

Ingat, meningkatnya penghasilan bukanlah untuk digunakan secara konsumtif. Anda harus fokus pada tujuan Anda untuk menyiapkan dana pensiun Anda.

15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

#6 Mulai Berinvestasi

Investasi adalah salah satu hal yang perlu Anda lakukan. Memang jangka waktu Anda terbatas sampai pada masa pensiun Anda, tetapi bukan berarti Anda tidak dapat melakukan investasi.

Dengan investasi, Anda dapat mengalahkan inflasi yang ada setiap tahunnya. Anda harus mulai belajar berinvestasi.

Gunakan mekanisme yang aman seperti cost averaging (berinvestasi seperti menabung) dan diversifikasi (tidak berinvestasi pada satu instrumen saja).

Anda juga dapat menggunakan investasi untuk dapat memperoleh penghasilan pasif nantinya.

Penghasilan pasif ini dapat membantu Anda untuk menambah tabungan dana pensiun Anda dan juga membiayai hidup Anda pada saat pensiun nanti. Jadi mulainya berinvestasi.

Studi Kasus Apakah Mungkin Saya Pensiun Dini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hasil Investasi Reksa Dana dan Pendapatan Pasif untuk Dana Pensiun]

 

Tidak Ada Kata Terlambat Jika Anda Memiliki Kemauan

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa usia 40 an sudah sangat terlambat dalam menyiapkan pensiun Anda. Memang hal tersebut ada benarnya, tetapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Terlambat bukanlah hal yang serius jika memang Anda mempunyai kesadaran dan kemauan untuk berubah dan mulai menyiapkan pensiun Anda. Hal yang serius adalah apabila Anda tidak pernah terbayang untuk menyiapkan masa pensiun Anda.

Oleh karena itu, mulailah dari sekarang meskipun terlambat. Selamat menyiapkan pensiun Anda.

 

Berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi perencana keuangan kami. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Paul Sisolak. 27 Mei 2017. 10 Immediate Steps To Start Planning Retirement In Your 40s. Mcall.com – https://goo.gl/hyN3Hp
  • Admin. 28 April 2016. Ternyata, Kebanyakan Orang di Indonesia Tidak Siap Masuk Masa Pensiun. Kompas.com – https://goo.gl/DKY2Mh

 

Sumber Gambar:

  • Menyiapkan Dana Pensiun – https://goo.gl/fpm35d dan https://goo.gl/uoFRKR

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

2 Comments

  1. ryan 18 August 2017 at 13:51 - Reply

    bagaimana cara awal menabung difinansial

    • Finansialku
      Finansialku 20 August 2017 at 00:35 - Reply

      Hi Pak Ryan terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com
      Pak Ryan, Finansialku adalah portal edukasi dan aplikasi perencanaan keuangan keluarga.
      Kami menawarkan Aplikasi Finansialku yang berfungsi untuk membantu mengelola dan merencanakan keuangan.
      Silakan daftar di sini atau download di google play store
      Mohon maaf, kami tidak melayani tabungan. Terima kasih.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download