Apakah Anda memiliki hobi modifikasi motor? Sudah tahukah Anda bagaimana caranya menghitung dan merencanakan keuangannya?

Setiap orang yang memiliki hobi mahal harus pintar-pintar mengatur keuangan untuk memuaskan hasrat hobinya. Apalagi jika hobi kita berhubungan dengan modifikasi kendaraan, misalnya modifikasi motor.

Yuk kita simak tips menghitung dan merencanakan keuangan untuk Anda yang hobi modifikasi motor!

 

Rubrik Finansialku Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Modifikasi Motor

Tidak sedikit kawan-kawan lelaki saya yang hobi dalam bidang otomotif. Seperti yang kita semua ketahui, hobi otomotif ini cukup menguras kantong.

Kali ini saya ingin cerita tentang salah satu teman saya yang hobi memodifikasi motornya. Motor yang dimilikinya adalah motor sport dengan kapasitas tangki besar sehingga tidak aneh jika ia ingin memodifikasi motornya supaya lebih keren.

Harga motornya sendiri, sebelum dimodif pun sudah pricey. Belum lagi ia ingin menambahkan aksesoris dan menambah akselerasi mesinnya.

Saat saya mengobrol dengan teman saya, dia pun memberitahukan beberapa gaya dan bentuk modifikasi motor yang sekarang sedang trend di kalangan pecinta motor:

 

#1 Chopper

Modifikasi Motor Ini Tips Merencanakan Keuangannya Chopper Finansialku

Modifikasi motor jenis chopper ini bisa diketahui dari bentuk kemudi yang agak menjulur ke depan.

Selain bentuk kemudinya, tangki bahan bakar juga minimalis serta penggunaan roda belakang yang berukuran lebih besar dibanding roda depan.

 

#2 Bobber

Modifikasi Motor Ini Tips Merencanakan Keuangannya Bobber Finansialku

Modifikasi motor jenis bobber ini intinya adalah “memotong beberapa bagian”. Diambil dari istilah bobbing yang artinya memangkas agar sebuah tunggangan menjadi lebih ringan, praktis, mudah untuk bermanuver, dan bisa menekan biaya operasional.

Selain itu, pada modifikasi bobber ini, kedua bannya sama-sama memiliki ukuran yang besar.

Modifikasi model bobber ini lahir terlebih dahulu dibandingkan dengan modifikasi chopper, yakni di era tahun 40 hingga 50-an.

 

#3 Japstyle

Modifikasi Motor Ini Tips Merencanakan Keuangannya Japstyle Finansialku

Modifikasi motor Japstyle merupakan sebuah singkatan Japanese Style dan tentunya berasal dari negeri sakura, Jepang.

Modifikasi Japstyle berfokus pada motor lama yang dibuat lebih macho seperti Harley Davidson.

Japstyle ini juga identik dengan jok single seater. Yang artinya, tidak bisa dikendarai untuk berboncengan. Modifikasi gaya motor ini telah ada sejak zaman dahulu, tepatnya pada tahun 1990-an.

 

#4 Flat Tracker

Modifikasi Motor Ini Tips Merencanakan Keuangannya Flat Tracker Finansialku

Flat tracker ini merupakan julukan bagi motor di arena balap di Amerika Serikat yang menggabungkan antara jalan tanah dan sirkuit datar.

Julukan seperti itu, membuat motor flat tracker memiliki ciri bagian stang yang lebih besar dan grip ban kotak.

Ciri lain dari flat tracker ini adalah bagian belakang yang datar meruncing serta bagian depan dengan papan nomor start.

 

#5 Scrambler

Modifikasi Motor Ini Tips Merencanakan Keuangannya Flat Scrambler Finansialku

Modifikasi motor tipe scrambler ini bisa dikenali dari ban yang digunakan. Ban yang digunakan pada modifikasi motor tipe scrambler ini menggunakan sepeda ban motor trail atau bermotif kotak.

Selain bisa dilihat dari ban, modifikasi tipe scrambler ini dapat dilihat pada knalpot yang biasanya berada di samping motor. Modifikasi motor tipe scrambler ini cocok untuk berkendara di medan yang berat.

 

#6 Brat Style

Modifikasi Motor Ini Tips Merencanakan Keuangannya Brat Style Finansialku

Modifikasi motor tipe brat style ini sebenarnya diciptakan oleh para penggiat motor modifikasi asal Jepang, yaitu Go Takamine. Ciri dari modifikasi motor tipe brat style ini bisa dilihat dari tangki besar yang panjang.

Modifikasi motor tipe brat style ini memiliki ban yang besar dan tinggi dengan kembang klasik dan warna yang cenderung gelap.

 

728x90 - Motor
300x250 Kotak - Motor

 

Memodifikasi motor sehingga tampilannya menjadi lebih keren ini memang terlihat menarik, namun apakah dengan mengabulkan segala keinginan untuk memodifikasi motor ini dapat memberikan kepuasan selamanya?

Lalu apakah dengan melakukan modifikasi motor ini, tidak akan mengganggu keuangan kita? Yuk kita simak tips bagaimana caranya menghitung dan merencanakan keuangan untuk memodifikasi motor!

Tapi sebelum itu, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai perencanaan keuangan untuk hobi-hobi Anda yang lain, Anda bisa membaca ebook perencanaan keuangan untuk usia 20-an di bawah ini! Gratis!

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Menghitung dan Merencanakan Modifikasi Motor

Salah satu konsep modifikasi yang sedang trend belakangan ini adalah modifikasi motor tipe Japstyle.

Pemilik workshop Central Classic Custom, Novalender, seperti dikutip dari KumparanOTO, mengatakan bahwa belakangan ini, gaya Japstyle memang cukup banyak permintaan.

Selain itu, Nola menambahkan bahwa gaya Japstyle ini memang unik, punya khasnya sendiri seperti badannya yang minimalis, tetapi identik dengan ban yang besar, joknya dibuat single seater, stangnya juga semi hanger, rangka belakang yang terkesan lebih pendek karena spakbor biasanya juga lebih kecil.

Berikut adalah price list Central Classic Custom untuk modifikasi motor tipe Japstyle dari.

Terdapat dua paket, yaitu paket hemat dan paket lengkap. Berikut adalah perincian dari setiap paket.

Paket Hemat, Rp2.375.000

Paket Lengkap, Rp3.965.000

Tangki custom Triumph Tangki custom Triumph
Cover aki (variasi Japstyle strip) Knalpot custom
Spakbor depan dan belakang Spakbor depan dan belakang
Jok single seater (press 57cm) Jok single seater (press 57cm)
Headlamp (grill owen) Headlamp (grill owen)
Lampu sein (grill black 4 pcs) Lampu sein (grill black 4 pcs)
Stop lamp (grill set pangkon) Stop lamp (grill)
Stang (deus hitam 12 cm) Stang (deus hitam 12 cm)
Shock depan (Yamaha byson PNP Honda) Shock belakang classic ukuran 340
Kupingan lampu (robot black) Ban luar SB135 400-450-17
Knalpot (Japs Nium) Dua ban dalam
Velg rossi ukuran 2.50-3.00-17
Shock belakang classic ukuran 340
Kupingan lampu (robot black)
Handgrip diamond hitam
Tutup dan keran bensin

 

Sebagai tambahan, paket-paket yang disebutkan di atas belum termasuk jasa builder seharga Rp2.500.000 serta full body painting yang di-charge sebesar Rp1.800.000.

Demikian, jika Anda mengambil paket hemat, maka Anda perlu menyiapkan budget sebesar Rp6.675.000, tetapi ketika Anda mengambil paket lengkap, maka Anda harus mengeluarkan budget sebesar Rp8.265.000.

Bagaimana cara merencanakan dan menyiapkannya? Saya akan kasih tips mudah!

Anda bisa langsung membuka Aplikasi Finansialku, kemudian klik menu Rencana Keuangan, selanjutnya pilih fitur Dana Membeli Barang.

Fitur Dana Membeli Barang Aplikasi Finansialku Modifikasi Motor 1

 

Setelah itu, akan muncul menu seperti gambar di bawah ini. Anda cukup menuliskan bagian yang kosong. Saya menuliskan harga modifikasi motor paket hemat sebesar Rp6.675.000.

Saya targetkan akan memodifikasi motor selama 12 bulan ke depan. Dana yang telah saya miliki, misalkan Rp1.000.000. Kemudian, prakiraan hasil investasi yang saya targetkan adalah 20%, kemudian klik tombol Hitung.

Fitur Dana Membeli Barang Aplikasi Finansialku Modifikasi Motor 2

 

Setelah itu, akan muncul hasil dari perhitungan dana pembelian barang. Dengan  kondisi yang saya tulis sebelumnya, maka saya harus berinvestasi sebesar Rp467.549 per bulan selama 12 bulan.

Fitur Dana Membeli Barang Aplikasi Finansialku Modifikasi Motor 3

 

Sekarang Anda sudah mengetahui berapa yang harus Anda anggarkan per bulannya jika Anda mau memodifikasi motor Anda. Selanjutnya, Anda tinggal berinvestasi secara teratur dan disiplin.

Jangan lupa untuk mendiversifikasikan investasi Anda, jangan berinvestasi pada satu instrumen saja.

Setiap hal yang ingin Anda lakukan, yang ingin Anda capai, ada baiknya direncanakan terlebih dahulu supaya Anda tahu kemampuan keuangan Anda untuk mencapainya.

Bagaimana jika Anda tidak mampu menabung sebesar hasil hitungan? Anda bisa menambah jangka waktu, bisa menjadi 24 bulan atau lebih dari 24 bulan.

 

Rencanakan Hobi Anda Mulai Dari Sekarang

Jangan sampai hobi Anda malah menjadi salah satu alasan Anda tidak bisa mencapai tujuan keuangan Anda yang utama.

Padahal, bila hobi Anda direncanakan dengan baik dan benar, tidak akan mengganggu keuangan Anda.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana caranya menghitung dan merencanakan modifikasi motor tanpa mengganggu keuangan Anda.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya menghitung dan merencanakan modifikasi motor tanpa mengganggu keuangan Anda yang bermanfaat untuk Anda. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Achmad Fauzi. 30 Agustus 2018. Ingin Modifikasi Motor? Cek Gaya dan Bentuk yang Tren Saat Ini!. Cekaja.com – https://goo.gl/1DFiHh
  • Redaksi. 6 April 2018. Bermodal Rp 8 Juta Bisa Bangun Yamaha Scorpio Bergaya Jap Style. Kumparan.com – https://goo.gl/EDLJaP

 

Sumber Gambar:

  • Chopper – https://goo.gl/S8QZAL
  • Bobber – https://goo.gl/evvVMA
  • Japstyle – https://goo.gl/ysCmqS
  • Flat Tracker – https://goo.gl/6zQL12
  • Scrambler – https://goo.gl/DroKte
  • Brat Style – https://goo.gl/BMfRPh
  • Modifikasi motor – https://goo.gl/eSxY1C