Toyota recall mobil-mobil keluaran mereka termasuk Alphard dan Fortuner karena masalah fuel pump yang berpotensi kerusakan kendaraan.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

36.841 Unit Mobil Toyota Harus Diperbaiki

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan kampanye perbaikan atau recall mobil Toyota di Indonesia. Mobil-mobil itu perlu diperbaiki karena ada potensi masalah pada bagian fuel pump atau pompa bahan bakar.

Untuk diketahui, sebelumnya, Mitsubishi, Honda, dan Nissan juga menggelar program recall untuk konsumen mereka di Tanah Air.

Langkah tersebut diikuti oleh Toyota. Permasalahannya pun sama, yakni soal fuel pump yang diindikasikan bermasalah dan berisiko rusak.

Gaji UMR Beli Fortuner, Apa Bisa Gini Tips dan Triknya Guys! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji UMR Beli Fortuner, Apa Bisa? Gini Tips dan Triknya Guys!]

 

Berikut ini enam mobil asal Jepang tersebut yang terkena dampak recall fuel pump antara lain;

  • Alphard produksi tahun 2017-2018
  • Corolla produksi tahun 2018
  • FJ Cruiser produksi tahun 2013-2014
  • Kijang Innova, Fortuner, sampai Hilux produksi tahun 2017-2019.

 

Melansir dari Detikcom, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan ada 36.841 unit yang harus diperbaiki dan diganti bagian fuel pump.

Pada Januari 2020 Toyota menarik 696.000 unit mobil di Amerika Serikat dengan pompa bahan bakar yang berpotensi rusak dan menyebabkan mobil mati mendadak hingga mesin mogok.

Toyota melaporkan kepada Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA) pada Januari bahwa pihaknya mendapat 66 laporan di lapangan dan 2.571 klaim garansi yang berkaitan dengan recall ini.

 

Bahayakah Bila Fuel Pump Bermasalah?

Lebih lanjut, permasalahan pada mobil Toyota yang di-recall itu adalah adanya potensi mekanisme dari baling-baling rotor pompa bahan bakar yang bisa berubah bentuk seiring waktu.

Hal ini dapat menyebabkan pompa bahan bakar tidak dapat beroperasi, sehingga mesin menjadi kasar/tidak bisa berputar (mati) dalam kecepatan rendah.

Dan pada situasi yang jarang terjadi mesin dapat mati saat berkendara pada kecepatan tinggi, hal ini dapat berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.

Saat masalah itu terjadi, ada kemungkinan lampu engine di dasbor akan menyala.

Potensi lainnya, putaran mesin bisa kasar, mesin tidak dapat dinyalakan dan/atau kendaraan mogok saat dikemudikan.

 

Pemeriksaan Gratis

Proses pengecekan dan penggantian ini sangat mudah dilakukan di bengkel resmi dan tanpa biaya sama sekali alias gratis.

Jadi, konsumen cukup datang ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan, apabila ada permasalahan maka akan diganti waktu itu juga.

Pengerjaan pengecekan dan penggantian fuel pump ini berlangsung sekitar 2 jam hingga maksimal 4 jam.

Selama masa pandemi Covid-19, pelayanan pemeriksaan kendaraan tetap dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi dan mengikuti protokol yang berlaku di setiap daerahnya.

Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan teknisi maupun pelanggan tetap menjadi yang utama.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Selain Toyota, Mitsubishi dan Nissan sudah mengumumkan program serupa untuk model Xpander-Livina yang merupakan satu basis mobil.

Kemudian Honda juga mengumumkan 9 model mobil yang harus di recall dengan total mencapai 85.025 unit.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Ferry Sandi. 03 Agustus. Toyota Cs Ramai-Ramai Recall Mobil Gegara Fuel Pump, Bahaya? Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/39XCUUs
  • Ekawan Raharja. 02 Agustus 2020. 6 Mobil Toyota yang Harus Recall karena Fuel Pump. Medcom.id – https://bit.ly/3i67gGT
  • Rangga Rahadiansyah. 03 Agustus 2020. Termasuk Innova dan Fortuner, Ada 36.841 Mobil Toyota yang Di-recall. Oto.detik.com – https://bit.ly/3flVNRV

 

Sumber Gambar:

  • RecallToyota – https://bit.ly/2DyDuvq