Yuk, belajar bersama Mochamad Ardyansyah untuk dapatkan tips cara mencari kerja seorang IT Developer.

Hanya di Finansialku, kupas tuntas langsung dari Founder Techinlabs.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Techinlabs

Techinlabs merupakan salah satu startup berbentuk sebuah platform digital untuk menjembatani talenta IT dengan perusahaan teknologi yang tepat di Indonesia.

Dari bulan Januari 2018 hingga saat ini, Techinlabs sudah memiliki 5.000 lebih talent dan telah menghasilkan 69 klien dengan success ratio deal di angka 93 persen.

Mari kita simak kisah Mochamad Ardyansyah membangun startup ini!

 

Mochamad Ardyansyah dan Techinlabs

Mochamad Ardyansah, Founder dan CEO dari Techinlabs mengungkapkan bahwa awalnya ia merasa khawatir melihat teman-teman yang ingin membuat startup kesulitan untuk membangun karena tidak mempunyai talent yang berkualitas dibidang IT.

Maka dari itu, akhirnya ia memutuskan untuk membuat platform yang menghubungkan perusahaan dengan talent-talent berkualitas.

Tak hanya itu, Technilabs juga membuka kelas pelatihan untuk meningkatkan skill di bidang IT.

Dari 5.000 talent yang bergabung di Techinlabs, terdapat berbagai macam skill serta posisi yang mereka inginkan.

Adapun posisi-posisi pekerjaan yang tersedia antara lain UI/UX Designer, Data Scientist, Front end Developer, Back end Developer, Network Engineer, QA Engineer, Mobile Developer, hingga IT Support.

Meskipun sudah banyak merajalela talent pool serupa, namun terdapat beberapa hal unik yang membuat Techinlabs ini nampak menarik ketimbang kompetitornya.

Klien tidak hanya terbatas bisa mencari talent di platform ini, namun bisa sampai aktivasi hiring process nya di Techinlabs semua.

Dari mulai screening CV, interview, skill test, psikotes hingga deal semuanya bisa melalui Techinlabs.

“Untuk mendapatkan talenta banyak dalam waktu sebentar, kami memulai dengan masuk ke dalam ekosistem/komunitas, aktivasi kampus, dan lewat Developer Talks, salah satu produk Techinlabs untuk mempertemukan developer expert dengan tech enthusiast, baik junior maupun senior, bisa belajar banyak dari developer, bisa live coding dengan developer expert juga,” Ardy menjelaskan.

 

Cara Mencari Kerja Seorang IT Developer

Karena ilmu di bidang ini terus berkembang seiring zaman, ditambah semakin banyak kebutuhan akan talent IT bagi sebuah perusahaan, dibutuhkan cara cerdas untuk mencari lowongan kerja bagi seorang IT Developer.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, antara lain:

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Cari Mentor

Kalau kamu belum memiliki kesempatan mengikuti pelatihan atau kelas khusus di bidang IT, kamu bisa mencoba untuk menemukan mentor yang tepat.

Kamu bisa mengikuti komunitas dan temukan ahli di bidang IT yang paling kamu kagumi.

Kamu tidak perlu memintanya menjadi mentor secara formal. Kamu cukup memerhatikannya, meminta saran serta kritik atas project yang kamu dalami.

Dengan memperbanyak interaksi dengan mentor, lama-lama kamu bisa memahami skill teknologi yang baru serta menduplikasi cara kerjanya.

Kamu bisa memperhatikan cara kerja mentormu, bagaimana ia menyelesaikan masalah, teknik yang digunakan, dan sebagainya.

 

Upgrade Skill

Ikuti Bootcamp untuk upgrade skill kamu di bidang IT. Kamu dapat belajar pemrograman terbaru yang banyak digunakan perusahaan teknologi di Indonesia.

Di Techinlabs sendiri juga disediakan kelas-kelas untuk upgrade skill yang kamu butuhkan. Kelas diisi oleh mentor terbaik langsung dari developer berpengalaman.

Selain itu, kelas diadakan secara privat dengan waktu belajar di hari Sabtu. Bahkan, kamu mendapatkan sertifikat juga yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk kamu mencari kerja.

Namun, selain menguasai skill dasar teknologi, para pekerja ini juga harus diimbangi skill lainnya.

Founder & Money Cari Kerja IT ala Mochamad Ardyansyah Techinlabs 02

[Baca Juga: Founder and Money: Kisah Inspiratif Angelina Donna (MoneySmart.id)]

 

Saat ini memang bidang pekerja teknologi informasi sedang dalam kebutuhan tinggi. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa tenaga IT ini membutuhkan keterampilan lain.

Perusahaan yang sedang ingin mempekerjakan tenaga IT tentunya akan mencari kandidat yang tidak hanya memiliki kemampuan teknis, tetapi juga bisa memenuhi tenggat waktu pekerjaan dan bekerja dengan baik dengan pelanggan serta rekannya.

Tenaga IT dapat meningkatkan peluang mereka untuk tetap berada di pekerjaannya dengan memiliki skill di antaranya:

 

  1. Komunikasi

Kamu perlu untuk berbicara dan menulis dengan jelas dan beberapa tenaga IT profesional gagal pada hal ini. Hindari berkomunikasi dengan rekan menggunakan konsep teknis yang jelas bagi kamu tetapi mungkin tidak jelas atau tidak dikenal orang banyak.

 

  1. Problem Solving

Perselisihan tentunya selalu terjadi di setiap kantor. Kamu harus belajar bagaimana untuk tenang dalam memilah masalah serta menemukan kompromi yang dapat membantumu di sepanjang karir.

 

  1. Kerja Sama Tim

Apabila rekan kerja yang sedang dikejar deadline dan kamu memiliki waktu, kamu bisa menawarkan diri untuk membantunya. Cara ini dilakukan untuk memenangkan dukungan dengan memberikan dukungan ketika diperlukan.

 

Mengikuti Konferensi

Di dalam sebuah konferensi, kamu bisa bertemu dengan berbagai orang yang ahli bidang IT. Mereka bisa terdiri dari orang-orang yang bekerja di banyak perusahaan hingga freelancer.

Kamu juga dapat menemui orang lain yang juga sedang belajar dan punya keinginan kuat untuk meningkatkan skill teknologi sehingga bisa saling bertukar ilmu untuk menambah kemampuan.

Dari pertemuan ini, mungkin kamu tidak akan langsung mendapatkan lowongan pekerjaan. Tetapi, kamu akan mendapatkan berbagai informasi tentang tren teknologi terkini serta berkenalan dengan networking yang lebih luas.

 

Bergabung di Talent Pool

Cara paling mudah adalah kamu bergabung di talent poll. Untuk tenaga IT tentunya ada kemudahan untuk kamu bisa join di Techinlabs ini.

Selain kamu bisa mendapatkan informasi lowongan perusahaan yang sedang mencari talent IT, kamu juga bisa menambah skill teknologi yang kamu miliki untuk menambah nilai diri.

Selain itu, kamu juga bisa bertemu banyak orang ahli dibidang ini yang bisa kamu jadikan mentor dalam proses belajar dan mengembangkan diri sambil mencari kerja.

 

Untuk para fresh graduate tidak perlu khawatir, karena di Techinlabs juga membuka lebar bagi fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan di bidang IT.

 

Bagaimana menurutmu tentang kisah Mochamad Ardyansyah dan Techinlabs ini? Yuk berikan tanggapan melalui kolom komentar di bawah ini.

Bagikan juga artikel ini pad rekan-rekanmu agar menginspirasi!

 

Sumber Gambar:

  • Ardyansyah – https://bit.ly/30QjLkD