Ada yang tertarik buka bisnis jual BBM Pertashop dengan modal Rp 80jt? Begini cara daftar pertashop!

Simak selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Syarat dan Cara Daftar Pertashop

Bagi Kamu yang tertarik dengan model usaha menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) bisa dengan membuka Petashop sebagai pilihan alternatif.

Pertashop adalah SPBU mini yang resmi bermitra dengan Pertamina. Harga yang dijual Pertashop sama dengan BBM yang dijual di SPBU Pertamina.

Nantinya, pasokan bensin atau BBM untuk Pertashop rutin dipasok dari truk-truk tangki Pertamina.

Selain itu juga Pertashop dapat melayani kebutuhan konsumen BBM non-subsidi, LPG non-subsidi dan produk Pertamina Ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

 

Cara Daftar dan Modal Usaha Pertashop

Bagi Sobat Finansialku yang berminat untuk membuka bisnis Pertashop bisa mengikuti prosedur pendaftaran secara online melalui laman web https://ptm.id/MitraPertashop.

Sebelum masuk ke halaman registrasi, pengunjung akan diminta untuk memberi centang pada pernyataan bahwa calon mitra mengisi data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kemudian calon mitra dapat melanjutkan untuk melengkapi form registrasi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

 

Cara Daftar Pertashop #1 Pemilihan Lokasi

Dalam proses ini, calon mitra memilih lokasi dari pilihan yang tersedia dengan melengkapi informasi yaitu: Provinsi, Kota/Kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan alamat detil rencana lokasi Pertashop.

Apabila lokasi yang diinginkan tidak tersedia dari pilihan menu, calon mitra dapat melakukan pengajuan lokasi baru dengan meng-klik tautan yang tersedia.

 

#2 Input Data Diri

Pada tahap selanjutnya, calon mitra akan diminta untuk mendaftarkan nama perusahaan, nama pengusaha, alamat e-mail, dan nomor handphone serta melengkapi password yang akan digunakan seterusnya untuk memasuki akun pendaftaran kemitraan Pertashop.

 

#3 Submit

Setelah memberi centang pada pernyataan ‘Saya telah membaca dan memahami persyaratan dan prosedur pengajuan kemitraan Pertamina’, calon mitra dapat langsung klik tombol ‘submit’.

Setelah itu calon mitra akan mendapat email verifikasi yang berisi informasi pendaftaran serta kode aktivasi melalui SMS ke nomor handphone yang telah didaftarkan.

Pertamina Terancam Pesaing di Bidang SPBU 01 - Finansialku

[Baca Juga: Simak Panduan Lengkap Tentang Bisnis Waralaba 2020]

 

Dari proses registrasi online ini, calon mitra akan diberi nomor registrasi untuk melakukan pengecekan status aplikasi dan sebagai pengisian data di website.

Proses ini akan memudahkan tim kelayakan Pertamina untuk mengidentifikasi pemohon dan memungkinkan calon mitra untuk menyimpan dan melengkapi data terkait kelengkapan perizinan Pertashop.

 

Skema Bisnis Pertashop

Lewat laman itu calon mitra kemudian dapat memilih menu Informasi Pendaftaran dan klik pada tombol ‘Daftar Sekarang’.

Melansir dari laman resmi kemitraan Pertamina, ada dua skema bisnis membuka usaha Pertahop yakni skema DODO di mana biaya investasi dan biaya operasional seluruhnya ditanggung mitra.

Skema kedua adalah CODO atau biaya investasi dilakukan oleh Pertamina, sementara mitra hanya cukup mengeluarkan biaya untuk kebutuhan operasi.

Intip 5+ Cara Memperbaiki Indikator Bensin Kendaraan yang Mati! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Membangun Bisnis Waralaba di Tengah Pandemi Menjanjikan?]

 

Untuk skema pertama, biaya yang diperlukan untuk investasi awal dan operasional adalah sebesar Rp 250 juta. Sementara skema kedua atau CODO yakni sekitar Rp 80 juta.

Contohnya untuk membuka usaha Pertashop Gold, maka luas minimum yang diperlukan yakni kurang lebih 210 meter persegi atau 15 x 14 meter.

Lalu tangki penyimpanan memiliki kapasitas 3 KL upper ground dengan omzet rekomendasi sebesar 400 liter per harinya.

Untuk produk yang dijual di Pertashop antara lain Pertamax, Dexlite, LPG non-subsidi, dan pelumas.

 

Syarat Jadi Mintra Pertashop

  • Memiliki legalitas usaha berbentuk badan usaha dan atau badan hukum (CV, koperasi, PT).
  • Memiliki kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP, NPWP, akta perusahaan.
  • Memiliki atau menguasai lahan untuk pengoperasian Pertashop.
  • Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa

 

Kriteria Lokasi Pertashop

  • Aksesibilitas Desa (akses mobil tangki , akses pengiriman modular)
  • Ketersediaan Jaringan Listrik.
  • Lokasi yang akan dibangun Pertashop memiliki potensi omset yang baik secara keekonomian.
  • Evaluasi kelayakan lokasi akan dilakukan oleh PT Pertamina (Persero)

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

Untuk tahapan pendaftaran Pertashop yakni:

  • Tahap pengajuan meliputi input data di laman kemitraan. pertamina.com, detail lokasi, legalitas badan usaha, dan melampirkan surat rekomendasi desa
  • Verivikasi lapangan
  • Melengkapi administrasi berupa persyaratan Pemda dan penguasaan lahan
  • Izin bangun meliputi desain yang disetujui Pertamina dan proses pembangunannya
  • Melakukan kontrak dalam jangka waktu 10 tahun
  • Operasional

 

Untuk informasi kemitraan Pertashop Pertamina bisa diunduh di sini: https://kemitraan.pertamina.com/assets/download/Brosur-Penawaran-Kemitraan-Pertashop.pdf.

Sementara untuk informasi lengkap pendaftaran bisa di lihat di sini: https://kemitraan.pertamina.com/dashboard/info/pertashop.html

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Soraya Novika. 18 November 2020. Modal Rp 80 Juta Bisa Buka SPBU Pertashop Sendiri, Begini Caranya. Finance.detik.com – https://bit.ly/2IPvt8z
  • Muhammad Idris. 17 November 2020. Modal Rp 80 Juta, Ini Syarat dan Cara Membuka Usaha SPBU Pertashop. Kompas.com – https://bit.ly/35L1neU

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 1 – https://bit.ly/35JVkaJ