Bagaimana cara mengurus uang angpao imlek? Jangan sampai anak Anda salah dalam mengurus uang angpao imlek, karena kebiasaan buruk mengelola keuangan dapat terbawa sampai anak dewasa. Jika Anda ingin anak-anak tetap cermat mengelola keuangan, maka praktekkan cara-cara ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5 Cara Mengurus Uang Angpao Imlek dengan Cara yang Lebih Baik

Moms, apakah Anda sudah mengajarkan anak cara mengurus uang Angpao Imlek? Kebanyakan anak-anak memiliki 2 jawaban utama yaitu ditabung atau dibelikan mainan. Nah berikut ini ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan untuk mengajarkan anak mengurus uang angpao Imlek.

Sudahkah Anda mengelola keuangan keluarga dengan benar - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Uang dengan Benar?]

 

Berikut ini 5 cara mengurus uang angpao imlek yang harus Moms ajarkan ke anak (khususnya cara ke 4).

 

#1 Ajarkan Anak untuk Berdonasi dengan Uang atau Rezeki yang Diterima

Moms tahukah Anda: kebiasaan memberikan sumbangan (donasi, perpuluhan, Zakat) perlu diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini? Oleh sebab itu ajak anak Anda menyumbangkan sebagian dari uang angpao kepada orang-orang yang kurang mampu atau membutuhkan. Kebiasaan memberikan donasi, akan membuat anak Anda menjadi lebih peka, peduli dan menghargai sesamanya.

 

#2 Ajak Anak untuk Buka Tabungan dan Menabung Rutin.

Jika anak Anda masih berusia di lima sampai dengan sebelas tahun, ajak anak Anda ke bank dan bukakan tabungan. Sekarang ini sudah ada tabungan yang bernama tabungan SIMPEL (simpanan pelajar) dengan biaya administrasi yang kecil (bahkan gratis) plus gambar-gambar yang menarik. Anak-anak perlu dikenalkan dengan bank dan keuntungan menabung di bank sejak dini. Anak-anak yang sudah diajarkan menabung sejak kecil, akan lebih bijak dalam mengelola keuangan di masa yang akan datang.

Fungsi_Tabungan_Sudah_Bukan_Untuk

[Baca Juga: Fungsi Tabungan Bukan Untuk Kaya, Tetapi …]

 

Ada beberapa orang yang kurang setuju dengan menabung di bank. Mereka mengatakan menabung di bank itu rugi, karena bunga bank lebih kecil daripada kenaikan harga. Pada kenyataannya alasan tersebut memang benar, namun menabung di bank lebih baik daripada anak-anak bersikap boros atau hanya menabung di celengan.

Setelah memiliki tabungan dari uang angpao imlek, ajarkan anak untuk menabung secara rutin. Misal selalu menabung 10% – 20% dari uang jajan anak. Ajarkan nilai-nilai kedisiplinan kepada anak Anda. Disiplin dalam menabung dan mengurus keuangan, akan berdampak positif untuk masa depan anak Anda.

 

#3 Ajarkan ke Anak Bahwa ada 2 Jenis Pengeluaran

Moms, pastinya Anda sebagai menteri keuangan tahu kan ada dua jenis pengeluaran. Orang-orang bilang ada pengeluaran yang sifatnya pengeluaran kebutuhan dan pengeluaran yang sifatnya keinginan. Kenalkan kepada anak Anda, mana yang disebut dengan kebutuhan dan mana yang disebut dengan keinginan.

Anak pasti banyak maunya, mau beli gadget, mau beli mainan, mau beli ini itu dan lain sebagainya. Anda harus menjelaskan anak mengenai nilai uang, cara menghargai uang yang dimiliki dan memanfaatkan dengan bijak.

Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan]

 

#4 Mulai Kenalkan Anak dengan Kata “Investasi”

Apa benar anak kecil perlu belajar berinvestasi? Di Indonesia memang bukan hal yang wajar, anak kecil sudah mulai berinvestasi. Banyak orang tua yang menganggap investasi membutuhkan uang yang besar, padahal untuk mulai berinvestasi, Anda dapat memulai dengan uang sebesar Rp5.000. Beberapa investasi yang dapat Anda lakukan:

  1. Jika uang angpao berada dikisaran Rp50.000 an, Anda dapat ajarkan anak menabung emas di Pegadaian (mulai dari Rp 5.000).
  2. Jika uang angpao berada dikisaran Rp100.000 – Rp500.000, Anda dapat membuka akun reksa dana (penjelasan di sini) dan ajarkan anak mengenai investasi reksa dana. Banyak kok reksa dana yang dapat dibeli dengan uang Rp100.000. Bahkan ada juga reksa dana yang dapat dibeli dengan uang Rp10.000.
  3. Jika uang angpao imlek mencapai lima juta Rupiah, anak Anda dapat dikenalkan dengan yang namanya deposito di bank.
  4. Alternatif lain jika uang angpao mencapai lima juta atau lebih adalah membuka rekening efek. Anda dapat mengenalkan anak mengenai investasi saham dengan program pemerintah Yuk nabung saham.

Jangan Hanya Mengandalkan Tabungan Pendidikan Aja - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jangan Hanya Mengandalkan Tabungan Pendidikan Aja]

 

#5 Belanja Keperluan Sekolah atau Pendidikan

Selain menabung dan berinvestasi, ajak anak Anda untuk belanja dengan menggunakan uang sekolah. Ajak anak-anak ke toko buku untuk membeli peralatan sekolah atau barang-barang kebutuhannya. Belajar dari pengalaman, adalah cara yang paling baik.

 

Mom, Anda akan Belajar Banyak Tentang Keuangan saat Ajarkan Anak Menabung

Banyak sekali hal yang akan Anda dapatkan, saat mengajarkan anak menabung, berinvestasi, berdonasi, membelanjakan uang dan membuat prioritas pengeluaran. Pelajaran-pelajaran tersebut dapat Anda terapkan juga dalam mengurus keuangan keluarga.

 

Jangan lupa share artikel ini kepada saudara-saudara Anda, agar keponakan-keponakan Anda juga pandai dalam mengurus uang angpao Imlek.

 

Menurut Anda, apakah permasalahan yang akan ditemui saat mengajarkan anak mengurus uang angpao imlek? Silakan share pengalaman Anda di kolom komentar berikut ini. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Chinesse New Year – https://goo.gl/gkSlBD
  • Family – https://goo.gl/63hLiw

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang