Apa kamu salah satu orang yang ingin mencoba kereta cepat di Jakarta MRT? MRT masih dalam fase uji coba jadi kamu bisa menjajal MRT dengan gratis.

Kali ini Finansialku akan membahas berita mengenai kereta MRT, agar lebih jelas, Mari simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

MRT Tahap I

MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta, Moda Raya Terpadu adalah sistem transportasi transit cepat dengan menggunakan kereta rel listrik. Proses pembangunan MRT ini dimulai pada 10 Oktober 2013.

Akhirnya penantian panjang warga Indonesia, khususnya Jakarta terbayar tuntas. Mereka kini telah memiliki transportasi massal yang canggih. Mulai 12 Maret 2019 Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta tahap I menjalani uji coba publik.

Gratis! MRT Tahap I Menjadi Pemikat Warga Jakarta 02 - MRT-2

[Baca Juga: Tiket Kereta Untuk Mudik Lebaran 2019 Sudah Bisa Anda Dapatkan!]

 

Dalam uji coba tersebut, masyarakat Jakarta sangat antusias menyambut transportasi massal itu. Di hari pertama masa uji coba pun tercatat ada 4.000 penumpang yang mencoba MRT secara gratis.

Uji coba MRT tersebut akan dilakukan hingga 24 Maret. Tidak hanya itu, pengelola MRT telah menyediakan 286.000 kursi gratis selama masa uji coba publik yang dilakukan selama dua pekan.

Ini lah beberapa informasi detail mengenai MRT Jakarta Yang Sudah Mulai Beroperasi:

 

#1 Perjalanan Lebak Bulus – Bundaran HI Hanya 30 Menit

MRT ini akan melaju dengan kecepatan maksimal hingga 100 km/jam, waktu tempuh Lebak Bulus – Bundaran HI hanya memerlukan waktu 30 menit, dengan begitu adanya MRT, diprediksi dapat mengurangi kemacetan sekitar 30%.

MRT sendiri beroperasi setiap hari, waktu operasional MRT mulai dari pukul 05.00 hingga 24.00 WIB.  

Dengan begitu, diharapkan dapat mengubah pola mobilitas masyarakat dari yang menggunakan kendaraan pribadi menjadi ke transportasi publik.

 

#2 Melewati 13 Stasiun

MRT tahap I melewati 13 stasiun dengan panjang 16 kilometer. Ke-13 stasiun tersebut terdiri dari tujuh stasiun layang dengan jarak 10km yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Pasar Blok A, Blok M, dan Sisingamaraja.

Gratis! MRT Tahap I Menjadi Pemikat Warga Jakarta 03 - Rute-MRT

Rute MRT

 

Sementara itu, enam stasiun bawahnya dengan jarak 6 km terdiri dari Senayan, Gelora Bung Karno, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, yang terakhir Bundaran HI. Meski MRT masih dalam tahap uji coba, semua rute MRT telah beroperasi.

Jika dari stasiun Lebak Bulus, MRT Jakarta mulai pada pukul 08.00 WIB. Sedangkan dari stasiun Bunderan HI mulai pukul 08.30 WIB.  Kereta akan ada dalam 5 menit sekali.

 

#3 Tarif MRT

Jika MRT telah beroperasi secara resmi, MRT Jakarta bisa ditargetkan mengangkut 130.000 penumpang per harinya. Hanya saja, sampai saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum menetapkan harga tiketnya.

DPRD dan Pemprov DKI Jakarta tengah menggodok tarif yang pas untuk masyarakat.

Sebelumnya Pemprov DKI telah mengusulkan ke DPRD tarif MRT besarannya sekitar Rp8.500/10 km sampai Rp10.500/10 km.

Namun ada beberapa usulan yang masuk jika tarif MRT Rp10.000 per penumpang.

 

#4 Fasilitas MRT

Di MRT sendiri setiap stasiun akan memiliki beragam fasilitas mulai dari eskalator, elevator, dan tangga sebagai pilihan kemudahan penumpang di area stasiun.

Selain itu, ada pula area concourse yang akan berisi gerai komersil yang menyediakan beragam layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk menunjang mobilitasnya.

Lantai dilengkapi dengan tactile untuk memudahkan mobilitas penyandang tuna netra.

Menurut penumpang yang telah mencoba MRT itu, gerbongnya aman tidak berisik sama sekali. MRT ini pun terdiri dari 16 rangkaian kereta. Dimana dalam satu rangkaian terdiri dari 6 kereta. Jadi keseluruhan ada 96 kereta MRT.

Untuk mencoba MRT ini masyarakat harus memasukkan dengan jelas identitasnya dengan cara memasukkan nomor ponsel dan email saat melakukan registrasi pada laman www.ayocobamrt.com.

Setelah itu menunggu proses verifikasi untuk bisa melanjutkan ke proses berikutnya. Dengan peluncuran MRT gratis ini tidak sedikit masyarakat yang menjajal kereta baru ini dengan mengabadikan momen.

Mereka mengabadikan momen mulai dari pintu masuk hingga di dalam gerbong MRT. Ada yang berfoto selfie dan bersama sanak saudara yang berbondong-bondong untuk mencoba MRT.

Tahap I MRT yang sedang dilakukan ini menelan investasi sebesar Rp16,6 triliun. Sedangkan untuk MRT fase II memiliki estimasi nilai investasi Rp30 triliun.

Pembangunan MRT fase II dengan tujuan Bundaran HI – Kota – Kampung Bandan siap digelar.

MRT tahap II ini nantinya akan terhubung dengan koridor Timur-Barat yang membentang dari Balaraja hingga Bekasi. Titik temu ada di Stasiun Sarinah.

Tahap II ini direncanakan akan dioperasikan pada tahun 2020. Namun studi kelayakan tahap ini telah selesai.

Tidak hanya hadir sebagai alat transportasi massal yang membawa masyarakat ke tempat tujuannya, MRT Jakarta juga perlahan-lahan akan mengubah budaya dan perilaku bertransportasi dan mobilitas keseharian masyarakat agar lebih disiplin dan tertib ketika menggunakan transportasi publik.

Hadirnya MRT membuktikan kemajuan pada bidang transportasi publik. Jangan kalah dengan transportasi publik, kondisi keuangan Anda juga harus memiliki kemajuan bukan?

Apakah Anda sudah merencanakan keuangan Anda dengan tepat? Anda bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, kamu juga bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS, agar rencana keuangan Anda tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca berita mengenai MRT? Berikan tanggapan dan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Ragil Nugroho. 18 Maret 2019. Selamat Datang Era Kereta Canggih. Tabloid Kontan
  • Syifa Hanifah. 14 Maret 2019. Ini Rute Lengkap MRT Jakarta Lebak Bulus – HI Cuma 30 Menit. Merdeka.com – https://goo.gl/vXqfv7

 

Sumber Gambar:

  • MRT – https://goo.gl/qXYkw7
  • MRT 2 – https://goo.gl/GzEE3m
  • Rute MRT – https://goo.gl/dJUDMw