Mudik Lebaran hampir menjadi barang wajib umat Muslim di Indonesia. Untungnya, pemerintah akan memberikan potongan harga atau diskon bagi pemudik yang menggunakan jalan tol. Diskon ini berlalu di seluruh ruas tol di Indonesia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Diskon Jalan Tol 10 Persen

Menjalin silaturahmi dengan keluarga besar saat momen Lebaran menjadi keharusan bagi sebagian besar umat Muslim di Indonesia.

Libur lebaran juga kerap dijadikan waktu untuk berwisata bersama keluarga besar. Tak sedikit dari pemudik yang memilih tempat wisata yang jauh, atau pulang ke kampung halaman yang terhitung jauh.

Jangan khawatir, pemerintah akan memberikan diskon tarif tol bagi pemudik yang melalui jalan tol. Diskon ini rencananya akan berlaku selama libur Lebaran 2018 mendatang.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah berdiskusi terkait tarif jalan tol saat mudik Lebaran 2018.

Disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pada pertemuan itu, BUJT yang hadir sepakat untuk memberikan potongan harga atau diskon tarif tol bagi pemudik.

Adanya diskon tarif tol ini tentunya akan lebih hemat dalam perjalanan pemudik. Namun, mekanisme pemberian diskon ini dikatakan belum dijabarkan secara detil.

Seperti dilansir dari Detik.com, Jumat (18/5/2018), Basuki mengatakan, pihak BUJT telah sepakat mengenai besaran diskon yang diberikan, yakni 10 persen:

“Jadi berlakunya rata-rata diskonnya 10 persen.”

Basuki juga menambahkan, besaran diskon yang telah disepakati dalam pertemuan di Kementerian PUPR itu berlaku diseluruh ruas tol yang ada.

“Di seluruh ruas tol. Termasuk Jabodetabek dan non Trans Jawa.”

 

Mudik-Lebaran-Kemanapun-Lewat-Tol-Diskon-3-Menteri-PUPR-Basuki-Hadimuljono-Finansialku

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Basuki Hadimuljono

 

Menyangkut penerapan diskon, kata Basuki, wewenang ini ada di pihak BUJT. Saat ini, pihak BUJT masih belum menentukan kapan pemberian diskon dilakukan. Selanjutnya, BUJT akan melaporkan kepada pemerintah.

“Kapannya kalau itu kita libur dari tanggal 11 (Juni) itu sampe selesai libur. Tapi ada yang H-2 sampe H+2 itu tergantung mereka (BUJT) sendiri.”

 

Menteri PUPR ini kemudian berjanji bakal mengeluarkan Surat Keputusan (SK) untuk pemberian diskon tarif tol tersebut pada awal pekan ini. SK itu akan dikeluarkan setelah BUJT menentukan waktu pemberian diskon.

“Nanti tinggal saya buat SK, mungkin hari Senin atau Selasa.”

Secara terpisah, Kepala Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna menyebut kemungkinan besar jumlah diskon tidak dalam bentuk kisaran, tapi mengacu pada angka pasti.

Meski penetapan diskon ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan tambahan bagi pengendara, tetapi Herry memastikan tidak ada target menaikkan volume di ruas tol selama mudik.

“Kalau diskon dengan pertambahan volume tidak signifikan. Tapi kalau saat Lebaran volume nya besar ya memang besar.”

 

Dikutip dari CNNIndonesia.com, secara rata-rata, jumlah volume kendaraan dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda. Pada tahun lalu, jumlah kendaraan yang memasuki gerbang tol Cikarang Utama sebanyak 112 ribu mobil.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Urai Kepadatan

Pada Jumat (18/5/2018), Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi mengatakan pemberian diskon itu diharapkan dapat mengurai kepadatan saat mudik. Caranya, dengan membagi waktu diskon di luar puncak kemacetan.

“Kalau tol yang sudah penuh akan menimbulkan kemacetan, pemberian diskon ini supaya membagi arus lalu lintasnya, biar tidak satu titik (kemacetan).”

 

Mudik-Lebaran-Kemanapun-Lewat-Tol-Diskon-2-Finansialku

[Baca Juga: Lengkap! Mengenal Jenis-jenis Pajak di Indonesia Serta Penjelasannya]

 

Kendati demikian, sejauh ini pihak BUJT masih belum memastikan kapan pemberian diskon. Namun, Ia memperkirakan BUJT akan memberikan diskon tarif yang lebih besar untuk ruas tol yang tidak padat.

“Jadi berbeda-beda tiap BUJT (beri diskon). Kemungkinan diberikan saat peak days, tapi ada yang mau memberikan (diskon) lebih panjang lagi, di antara seminggu sebelum Lebaran dan sesudah.”

 

Senada dengan Arie, pada kesempatan yang sama, Kepala BPTJ Herry T. Z. juga mengatakan pihaknya masih terus membahas mekanisme pemberian diskon ini dengan BUJT. Dia memperkirakan pekan ini sudah ada hasil dari pembahasan diskon ini:

“Ini inisiatif dari BUJT, sekarang ini BUJT dan asosiasi berdiskusi soal besaran, mekanisme penerapan. Diharapkan minggu depan asosiasi mengumumkan besaran diskon tersebut.”

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jalur Mudik Sudah 80 persen

Kementerian PUPR terus menyiapkan prasarana jalur mudik Lebaran 2018. Hingga saat ini, kesiapan jalur mudik Lebaran 2018 sudah lebih dari 80 persen, seperti yang dipaparkan Dirjen Binar Marga Arie.

“Sekarang (jalur mudik) persiapannya sudah di atas 80 persen.”

Menyangkut kesiapan jalan tol, Arie mengatakan untuk saat ini dari total panjang jalan tol Trans Jawa 1.167 km, sepanjang 524 km di antaranya telah bersifat operasional dan 237 km sisanya bersifat fungsional.

Sedangkan untuk Trans Sumatera, jalan yang operasi ada 119 km dan fungsional sekitar 125 km.

“Ada lima ruas tol fungsional di Trans Jawa, antara lain Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo sebagian mulai dari Salatiga-Kartasura, Sragen-Ngawi, dan Wilangan-Kertosono.”

 

 

Untuk kemajuan pengerjaannya, Arie menjelaskan pihaknya sedang menyelesaikan tahapan akhir untuk jalur mudik. Mulai dari jalan tol fungsional, hingga penyelesaian jembatan di beberapa jalur yang akan dilewati pemudik.

“Ada beberapa jembatan yang sedang dalam tahap penyelesaian, misalnya jembatan Kali Kuto yang sekarang sedang masang rangka, Kali Kenteng sedang siapkan jalan alternatifnya.”

Ia kemudian menambahkan:

“Kita juga ada beberapa ruas yang akan kita operasional kan, kita sama-sama melakukan uji layak fungsinya. Kemudian jalan nasional terus akan diperbaiki sampai H-10 (Lebaran) karena Pak Menteri minta semua marka-marka jalannya itu jelas. Kemudian medianya juga jelas, jembatan sudah kita cek semua.”

 

Lebih lanjut, Arie mengatakan dalam melakukan mudik tahun ini, pemudik dapat menentukan sendiri pilihan jalur yang diinginkan, bisa melalui jalan tol maupun jalan nasional.

“Untuk jalan nasional di Jawa, tahun ini kita memperkenalkan pilihan lintas utara, lintas tengah, dan lintas selatan. Sedangkan untuk jalan tol, kami sedang berusaha keras untuk bisa tembus ke Surabaya dan terus ke Pasuruan.”

 

Apa tanggapan Anda setelah membaca artikel mengenai diskon tarif tol saat mudik Lebaran? Berikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Fadhly Fauzi Rachman. 19 Mei 2018. Asyik! Mudik Lebaran Lewat Tol Dapat Diskon 10%. Detik.comhttps://goo.gl/NmcmdS
  • Dinda Audriene Muthmainah. 18 Mei 2018. Tarif Tol Bakal Diskon saat Mudik Lebaran 2018. Cnnindonesia.com – https://goo.gl/S1YTBm

 

Sumber Gambar:

  • Jalan Tol – https://goo.gl/y5WpT8
  • Jalan Tol 2 – https://goo.gl/HGfX2j