Berasal dari bahasa Perancis, musik ansambel adalah sebuah rombongan musik. Seperti apa sih konsep dari jenis musik yang satu ini? Simak ulasannya!

Artikel kali ini akan membahas informasi lengkap mengenai musik ansambel. Mulai dari pengertian, jenis, hingga sejarah yang melekat pada musik tersebut. Yuk, tambah pengetahuan kamu tentang musik di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengertian Musik Ansambel

Kata “ansambel” memang agak unik didengar. Tentu saja, karena kata ansambel sendiri diambil dari bahasa Perancis yang berarti “sebuah rombongan musik”.

Dalam kamus musik sendiri, ansambel didefinisikan sebagai kelompok kegiatan musik. Jadi, musik ansambel merupakan kegiatan bermain musik secara bersama-sama yang dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis alat musik.

 

Mengenal Jenis Musik Ansambel

Musik ansambel terbagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan kriteria tertentu. Berikut ulasan lengkap mengenai jenis musik ansambel.

 

#1 Berdasarkan Penyajiannya

Apabila dikategorikan dari dasar penyajiannya, maka musik ansambel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu musik ansambel sejenis dan musik ansambel campuran.

Pada musik ansambel sejenis, bentuk penyajian musik ansambel adalah dengan menggunakan alat-alat musik sejenis seperti ansambel rekorder.

Sementara pada musik ansambel campuran, bentuk penyajian musiknya menggunakan beberapa tipe alat musik yang berbeda. Contohnya yaitu ansambel pianika, gitar, rekorder, triangle, tamborin, dan juga simbal.

Musik Ansambel Adalah Ini Penjelasan Lengkapnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Belajar Musik Efektif Bagi Pemula, Yuk Dicobain]

 

#2 Berdasarkan Peranan dan Fungsinya

Berdasarkan peranan serta fungsi alat-alat musik yang digunakan, musik ansambel dapat dikelompokkan ke dalam 3 jenis sebagai berikut:

 

  1. Ansambel melodis

Ansambel melodis merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contoh dari ansambel melodis adalah gitar, pianika, biola, terompet, kecapi, dan harmonika.

 

  1. Ansambel ritmis

Ansambel ritmis merupakan alat musik yang tidak memiliki nada. Fungsi ansambel ritmis adalah untuk mengatur irama sebuah lagu yang dimainkan.

Contoh dari ansambel ritmis adalah kastanyet, drum, tamborin, triangle, gong, simbal tangan, serta kendang.

 

  1. Ansambel harmonis

Ansambel harmonis merupakan alat musik yang digunakan untuk mengiringi jalannya melodi lagu serta mengatur irama dari sebuah lagu. Contoh dari ansambel harmonis adalah piano, keyboard, sasando, dan harpa.

 

#3 Berdasarkan Golongannya

Berdasarkan golongannya, musik ansambel dikelompokkan ke dalam 2 jenis, dilihat dari aspek sumber bunyi dan cara memainkannya seperti berikut:

 

  1. Sumber Bunyi

  • Akrofon

Akrofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara. Contoh akrofon adalah seruling dan terompet.

 

  • Membranofon

Membranofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari plastik. Contoh membranofon adalah gendang, rebana, dan drum.

 

  • Kordofon

Kordofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau tali. Contoh kordofon adalah gitar, kecapi, dan biola.

 

  • Idiofon

Idiofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari alat itu sendiri saat dimainkan. Contoh idiofon adalah angklung dan gong.

 

  • Elektrofon

Elektrofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tegangan listrik. Contoh elektrofon adalah organ listrik dan gitar listrik.

Musik Ansambel Adalah Ini Penjelasan Lengkapnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Lupakan 10 Alat Musik Tradisional Ini Dari Hidup Kita]

 

  1. Cara Memainkan Alat Musik

  • Dipukul: contohnya drum, bongo, gendang, dan saron
  • Dipetik: contohnya gitar dan kecapi
  • Ditiup: contohnya terompet, seruling, dan klarinet
  • Digoyangkan atau digetarkan: contohnya angklung
  • Digesek: contohnya biola, rebab dan cello
  • Ditekan: contohnya piano dan organ
  • Ditepuk: contohnya kendang, ketipung, dan tifa

 

Sejarah Musik Ansambel

Dahulu, musik diidentikan dengan kesan mistis karena tujuannya sebagai lagu persembahan kepada para leluhur dan pengantar doa untuk dewa.

Alat musik yang digunakan pun belum seperti alat musik seperti yang kita gunakan saat ini. Dalam perkembangannya, musik pun ikut berkembang hingga saat ini kamu mengenal beragam alat musik.

Entah itu alat musik modern maupun alat musik tradisional.

Di zaman sekarang, musik tidak diidentikan dengan penyembahan, melainkan lebih kepada sarana hiburan yang sifatnya universal. Kalangan manapun dapat menikmati alunan musik yang dimainkan.

Termasuk di antaranya ialah alunan musik ansambel yang menjadi bagian dari perkembangan musik dunia.

Musik Ansambel Adalah Ini Penjelasan Lengkapnya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Belajar Musik Efektif Bagi Pemula, Yuk Dicobain]

 

Berbagai alat musik dengan fungsi dan jenis yang berbeda akan dimainkan secara bersamaan dalam satu paduan musik.

Jenis musik ini terdengar begitu harmonis dan sering kita temui di zaman sekarang. Bahkan, setiap daerah memiliki paduan musik ansambelnya masing-masing yang sangat khas.

Seperti musik ansambel di Sumatera yang menggunakan alat-alat dari perunggu. Biasanya musik ansambel ini terdiri dari empat sampai dua belas gong kecil, satu atau dua gong besar yang digantung, dua sampai sembilan kendang, satu alat tiup, penyari dan gembreng.

Musik ansambel khas Batak Toba ini masih dipakai dalam upacara agama Parmalim hingga saat ini. Nah, bagaimana dengan paduan musik ansambel di daerahmu?

 

Musik Ansambel, Paduan Beragam Alat Musik Sebagai Sejarah Perkembangan Musik Dunia

Ternyata, begitu banyak jenis alat musik di dunia, ya. Dengan fungsi dan suara yang berbeda-beda, ternyata setiap alat musik dapat disatukan hingga menjadi lagu dengan harmoni yang luar biasa indah.

Musik ansambel memang memiliki kemasan yang menarik karena setiap personel harus bekerja sama untuk menciptakan suara yang harmonis. Musik ini juga menjadi sejarah perkembangan musik dunia, lho.

Tertarik belajar bermain alat musik atau kamu sudah bisa memainkan salah satu alat musik ansambel di atas?

Nah, salah satu penyanyi terkenal dunia Ed Sheeran juga memainkan alat musik gitar di setiap penampilannya, lho. Yuk, intip kesuksesan Ed Sheeran dalam video berikut ini.

 

Sekian ulasan mengenai musik ansambel. Dari sekian banyak alat musik yang ada, adakah alat musik yang dapat kamu mainkan? Bagikan artikel ini ya supaya informasi mengenai kesenian musik semakin berkembang luas!

 

Sumber Referensi:

  • Dosen Pendidikan. 22 Januari 2020. Ansambel Adalah – Pengertian, Sejarah, Jenis. Dosen Pendidikan – https://bit.ly/2UnVxuc

 

Sumber Gambar:

  • Ansambel 1 – https://bit.ly/2XNaHLi
  • Ansambel 2 – https://bit.ly/2BEGVQs
  • Ansambel 3 – https://bit.ly/3fYvX7g