Berita duka, dosen UIN Bandung, Nursamad Kamba meninggal dunia. Berikut 5 fakta penting dari sosok satu ini.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Innalillahi, Nursamad Kamba Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari dunia akademisi Indonesia. Penulis, dosen sekaligus ahli tasawuf, Dr. H. M. Nursamad Kamba, MA telah meninggal dunia.

Para penulis lainnya turut berkabung. Satu di antaranya Maman Suherman. Lelaki berkacamata bundar itu menulis kabar tersebut lewat laman twitter pribadinya.

“Innalillahi wa’inna ilaihi rojiuun…

Telah berpulang Syeikh Nursamad Kamba, hari ini, Sb, 20 Juni 2020, 01.00 WIB. Saat ini jenazah Syeikh Nursamad Kamba berada dirumah duka, di Jl. Dukuh,Kel. Dukuh Kec. Kramat Jati (dekat Kelurahan Kampung Dukuh).” Tulis akun @maman1965 pada Sabtu kemarin, (20/06).

Nursamad Kamba Meninggal Dunia, Ini 5 Fakta Penting Sosoknya 02

[Baca Juga: 50 Kata-kata Motivasi Tokoh Terkenal Dunia Dalam Meraih Mimpi]

 

Santer kabar duka tersebut tersiar di Twitter, nama Nur Samad Kamba pun trending topik di Twitter. Tak sedikit para penulis dan netizen menyampaikan doa.

“Innalilahi wainailaihirojiun… Semoga Husnul khatimah…Alfatihah…” Tulis akun @Benoe_Adja

“Innalillahi wa’inna ilaihi rojiuun. Kehilangan lagi representasi tasawuf, bukan hanya dalam pikiran tapi juga tindakan. Semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisinya. Amin.”  Tulis akun @RedhityaWempi.

Dilansir dari beberapa sumber berikut beberapa fakta penting Muhammad Nursamad Kamba, untuk mengenang dedikasi hidupnya;

 

#1 Mengenyam Pendidikan Tinggi di Universitas Al-Azhar Cairo

Prof. Nursamad Kamba menempuh pendidikan S1, S2, dan S3 di Universitas Al-Azhar Cairo, Mesir dengan jurusan Akidah dan Filsafat.

Ketika menyelesaikan magisternya, pria yang akrab disapa Kamba ini menulis tesis di Fakultas Ushuluddin Al-Azhar tentang Pandangan Akidah dalam Organisasi NU.

Beliau pernah mengenyam pendidikan tinggi, S3 nya diselesaikan dengan disertasi tentang Epistemologi Sufi dalam Perspektif Syeikh Al-Junayd Al-Baghdady.

 

#2 Menjadi Dosen Di UIN Bandung Selama Dua Dekade

Nursamad Kamba hingga hari terakhirnya adalah seorang dosen di Jurusan Tasawuf Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Bandung.

Beliau diangkat menjadi dosen sejak tahun 1998 lalu. Selain menjadi seorang pengajar, pria kelahiran Pinrang, Sulawesi Selatan, ini juga pernah dipercaya sebagai Ketua Jurusan TP periode 1998 hingga 2000.

 

#3 Lahirkan Seabreg Karya Tulis

Nursamad Kamba telah menulis sejumlah buku terutama di bidang yang dikuasainya, Tasawuf.

Buku pertamanya adalah terjemahan Indonesia-Arab berjudul ‘Fatawa Majlis Al-Ulama Indunisi yang diterbitkan oleh CENSIS pada tahun 1996.

Selain itu ada pula buku diktat S1 berjudul ‘Tasawuf/Manamat-Ahwal’, buku diktat S2 berjudul ‘Tasawuf dan Metodologi Terbuka’, dan masih banyak lagi. Terbaru, Syeikh Kamba juga berkolaborasi dengan Sudjiwo Tedjo dalam penulisan buku “Tuhan Maha Asyik 2” pada 2020.

 

#4 Diplomat Hingga Aktivis

Karier diplomatnya dimulai ketika pria kelahiran 23 September 1958 ini dipercaya menjadi Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo periode 2001-2005 dan Atase Konsulat Jenderal Haji di Jeddah, Arab Saudi pada periode 2005-2009.

Sementara itu dalam dunia aktivis, Nursamad Kamba pernah diberi tanggung jawab sebagai Ketua Divisi Luar Negeri Badan Wakaf Indonesia (BWI) tahun 2011 dan sebagai Anggota Bidang Kerja Sama Luar Negeri di Majelis Ulama Indonesia (MUI) tahun 2011.

 

#5 Inisiator Hingga Raih Berbagai Penghargaan

Selama mengampu dosen Tasawuf di UIN Bandung, Nursamad Kamba menjadi Inisiator dari program Dirasah Islamiyah Wal Arabiyah di UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Jakarta dan Inisiator jurusan Tasawuf dan Psikoterapi di UIN Bandung.

Selain itu, pria yang dapat dijumpai dalam Kenduri Cinta bersama Cak Nun ini pernah mendapat sejumlah penghargaan, mulai dari Sosok yang Menginspirasi pada tahun 1990 oleh PT Asuransi Jiwasraya, KBRI Cairo pada tahun 1993, hingga Departemen Luar Negeri RI tahun 2005.

Prosesi pemakaman Profesor Nursamad Kamba rencananya akan dilakukan di TPU Kampung Rambutan 1, Jakarta Timur.

Selamat jalan Profesor Nursamad Kamba.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada kawan dan sanak saudara mu yang membutuhkan. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Tomyzul Habib. 20 Juni 2020. Inisiator hingga Lahirkan Berbagai Karya Tulis, Ini 5 Fakta Penting Muhammad Nursamad Kamba. Akurat.co – https://bit.ly/2YNfjQU
  • Hilda Rubiah. 20 Juni 2020. Profil Nur Samad Kamba Penulis dan Ahli Tasawuf yang Meninggal Dunia, Kini Tinggalkan Banyak Karya. Jabar.tribunnews.com – https://bit.ly/3122KnR
  • Admin. 20 Juni 2020. Profil Nursamad Kamba yang Meninggal Dunia Hari Ini. Detik.com – https://bit.ly/318RPZg
  • Marcia Audita. 20 Juni 2020. Penulis dan Ahli Tasawuf, Nursamad Kamba, Meninggal Dunia. Kumparan.com – https://bit.ly/313OMlo

 

Sumber Gambar:

  • Kamba 01 – https://bit.ly/2AMt2Qk
  • Kamba 02 – https://bit.ly/3hOfLXV