Bingung jenis olahraga di rumah? Berikut ini temukan berbagai jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat di rumah aja.

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Jenis Olahraga di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan Kapan Saja

Berolahraga merupakan salah satu kebutuhan setiap manusia, sebab dengan olahraga kita bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Selain itu, berolahraga secara teratur juga akan menjaga bentuk tubuh tetap bagus, serta dapat mempertahankan masa otot.

Sayangnya kegiatan berolahraga kini menjadi sedikit terganggu sejak adanya Covid-19.

Ada banyak tempat olahraga seperti fitness center yang akhirnya harus ditutup, terlebih lagi karena masyarakat dihimbau untuk tidak keluar rumah jika tidak ada urusan yang penting.

Karenanya, sebagian besar kegiatan akhirnya harus dilakukan dari rumah, termasuk kegiatan berolahraga. Nah… berikut ini jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah, agar kesehatan dan kebugaran kamu tetap terjaga.

 

#1 Zumba

Zumba merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak diminati saat ini, baik bagi yang muda maupun bagi orang tua. Lebih kerennya lagi, olahraga Zumba atau aerobic ini bisa dilakukan di mana saja, dan tidak memerlukan tempat yang begitu luas.

Selain itu, kamu juga tidak memerlukan peralatan khusus untuk melakukan olahraga ini. Kamu hanya perlu mempersiapkan sebuah lagu dan sudah bisa melakukannya.

Mau Olahraga Beban Tanpa Alat BISA Lakukan 5+ Gerakan Ini 01

[Baca Juga: Cara Memilih Kaos Olahraga dan Perbedaan Setiap Bahannya]

 

Jika kamu masih belum mengetahui gerakan-gerakan Zumba, kamu dapat dengan mudah melihat dan menirukannya dari video-video yang ada di YouTube.

Waktu untuk berolahraga Zumba juga dapat kamu sesuaikan dengan waktu luang yang kamu miliki. Baik di pagi hari, siang, maupun di sore hari. Jika kamu merasa bosan berolahraga sendiri, kamu juga dapat mengajak anggota keluarga lainnya untuk berzumba bersama-sama.

 

#2 Yoga

Yoga sudah menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari sejak lama, dan sangat cocok dilakukan selama di rumah. Melakukan yoga secara rutin dan teratur dipercaya mampu membuat setiap orang menjadi lebih bugar dan menjadi jarang terkena penyakit.

Hal ini karena setiap gerakan yang ada di yoga membuat praktisinya menjadi lebih rileks, tenang dan juga menjadikannya lebih sehat. Maka tidak heran jika terkadang ada orang yang melakukan yoga saat sedang mengalami sebuah masalah ataupun sedang merasa capek dengan pekerjaannya.

Memang jika dilihat-lihat, gerakan yang ada pada olahraga yoga ini tampak sangat sulit dan sepertinya membutuhkan tingkat kelenturan yang tinggi. Lalu bagaimana dengan kamu yang masih tergolong pemula?

Sebaiknya kamu tidak langsung mencoba gerakan-gerakan yang ekstrim dan sulit, tetapi mulailah dengan gerakan-gerakan yoga yang mudah dan aman serta dapat dipelajari sendiri. Sebab apabila kamu terlalu memaksakan diri, maka tubuhmu akan menjadi terlalu capek dan berisiko untuk cedera.

 

#3 Menari

Jika kamu merasa bosan dengan jenis olahraga yang tampak biasa-biasa saja? Kenapa tidak coba sesuatu yang baru saja? Misalnya ialah dengan menari bersama saudara atau anggota keluarga lain yang tinggal serumah denganmu.

Sehat Ga Harus Mahal! Inilah Olahraga Murah yang Bikin Badan Fresh! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kurus Pas Lebaran? Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga]

 

Olahraga ini sekilas mungkin terlihat seperti Zumba, hanya saja untuk menari kamu tidak harus berpatokan pada gerakan yang ada di video, dan kamu bisa dengan bebas memilih tarian apa yang hendak kamu lakukan. Kamu bisa saja meniru tarian ala K-Pop yang kece dan keren, ataupun tarian-tarian lainnya.

 

#4 Lompat Tali

Meskipun terlihat sederhana, lompat tali juga merupakan salah satu jenis olahraga yang efektif banget untuk membuat kamu mengeluarkan keringat serta meregangkan setiap otot yang sudah mulai kaku karena kelamaan diam di rumah.

Dan lebih pentingnya lagi, lompat tali merupakan olahraga yang sama sekali tidak membutuhkan skill khusus, tetapi sebaliknya dapat dilakukan dengan begitu mudah, simpel dan tanpa memerlukan instruksi khusus dari seorang pelatih.

Waktu yang kamu butuhkan untuk lompat tali juga tidak harus lama, cukup mulai dari 10 hingga 20 menit saja. Dan apabila kamu melakukan lompat tali barengan dengan menjaga pola makan, maka bisa dipastikan bahwa berat badan kamu akan menurun.

Lebih kerennya lagi, untuk melakukan lompat tali kamu tidak perlu keluar ke sebuah lapangan yang luas, tetapi bisa dilakukan meski hanya di halaman rumah, ataupun bahkan saat berada di ruang kerja kamu, selama tempat itu masih memiliki sedikit ruangan untuk kamu gunakan.

 

#5 Jogging

Membaca kata “Jogging” tentu sebagian besar orang akan teringat dengan tempat-tempat yang biasa digunakan untuk olahraga beramai-ramai seperti gor olahraga, taman kota, ataupun taman terbuka yang memungkinkan untuk melakukan jogging.

Bukan sesuatu yang salah sih… Sebab umumnya jogging memang dilakukan di tempat-tempat yang seperti itu. Namun selama masa karantina ini, kamu juga bisa tetap jogging lho… meskipun jogging yang sekarang tidak dilakukan di tempat umum lagi.

Sehat Ga Harus Mahal! Inilah Olahraga Murah yang Bikin Badan Fresh! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Sih Olahraga yang Dapat Menurunkan Berat Badan?Apa Saja Sih Olahraga yang Dapat Menurunkan Berat Badan?]

 

Sebagai gantinya kamu bisa jogging di halaman depan rumah ataupun bahkan di dalam rumah, selama masih terdapat ruangan yang kosong. Di sana kamu bisa berlari-lari santai ditemani musik yang merdu agar tambah semangat.

Jika kamu memiliki cukup banyak uang dan memang ingin mengalokasikannya untuk keperluan berolahraga, kamu bisa membeli sebuah treadmill agar bisa tetap berolahraga di rumah. Jika mulai bosan dengan jogging, kamu juga bisa kombinasikan dengan melakukan lompat tali.

 

#6 Angkat Beban

Buat kamu yang selama ini berusaha untuk membentuk otot, tentu merasa sedikit terganggu dengan ditutupnya fitness center. Di samping itu, apabila otot dibiarkan diam dalam waktu yang lama maka masa otot akan menjadi terganggu dan mungkin akan mengalami pengendoran.

Nah… untuk itu, kamu bisa melakukan angkat beban untuk menjaga masa otot kamu, ataupun bahkan untuk menambahnya agar terlihat lebih keren. Dengan mengangkat beban, maka lemak yang sudah mulai menumpuk juga akan terbakar jika kamu melakukannya secara rutin.


Lalu bagaimana jika kamu tidak memiliki peralatannya? Eitss… tenang saja! Kamu bisa menggunakan beban lain yang ada di rumah, mulai dari menggunakan ember yang berisi pasir ataupun dengan botol yang kamu isi dengan pasir.

Pengen alat yang lebih keren lagi? Kamu bisa kok membuat beban sendiri yang menyerupai dubble di tempat gym.

Caranya ialah dengan menggunakan semen dan pasir yang dibentuk agar menyerupai dubble, dan kemudian sebagai pegangannya kamu bisa menggunakan besi atau pipa besi yang diisi dengan semen atau pasir.

 

#7 Naik Turun Tangga

Gabut karena di rumah terus? Yuk lakukan olahraga naik turun tangga. Olahraga yang satu ini dapat membantu kamu untuk membakar kalori dan lemak yang sudah lama menumpuk karena terlalu sedikit bergerak saat di rumah.

Hanya saja untuk melakukannya tentu saja di rumah kamu harus terdapat tangga ya… karena namanya saja naik turun tangga, hehe…

Caranya juga sangat mudah dan pastinya dapat dilakukan oleh semua orang, yakni hanya menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali saja.

Untuk menambah semangatmu, kamu bisa sambil memutarkan musik yang enak didengar dan bisa membuat semangat. Namun meskipun mudah, bukan berarti kamu bisa menurunkan kewaspadaan ya… sebab apabila tidak berhati-hati kamu bisa mengalami cedera atau bahkan bisa jatuh dari tangga.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

#8 Naik Turun Kursi

Buat kamu yang tidak bisa melakukan naik turun tangga karena di rumah tidak ada tangganya, maka kursi bisa menjadi alat penggantinya. Gerakannya juga sebenarnya tidak berbeda, yaitu kamu hanya perlu menaiki dan menuruni kursi berulang kali.

Untuk kursi yang digunakan, sebaiknya pastikan bahwa kursi tersebut kokoh dan tidak gampang patah, terlebih bagi yang memiliki ukuran badan sedikit besar.

Selain itu kamu juga bisa menyenderkannya pada sesuatu agar tidak gampang bergeser. Jika merasa bosan dengan satu gerakan saja, kamu juga bisa menyelinginya dengan olahraga lompat tali ataupun angkat beban.

Tetapi kamu juga harus mengerti dengan kemampuan badan kamu, dan jangan sampai terlalu kecapaian.

 

#9 Hula Hoop

Olahraga yang satu ini terkenal sangat menyenangkan, sehingga banyak dimainkan oleh anak-anak. Di samping itu, hula hoop juga rupanya bisa memberi dampak yang cukup signifikan pada kesehatan yang memainkannya.

Kamu bisa melakukan permainan ini bersama dengan orang-orang yang ada di rumah, khususnya apabila kamu memiliki seorang adik. Olahraga ini akan membantu kamu menjaga kebugaran bagian bawah tubuhmu.

 

#10 Olahraga Lantai

Terdapat berbagai jenis olahraga lantai yang bisa kamu gunakan untuk menjaga stamina dan kesehatan kamu, hingga untuk mengurangi berat badan dan membentuk otot tubuhmu. Yang pertama ialah push up.

Olahraga ini berfokus pada bagian lengan dan bahu, sehingga cocok untuk membentuk otot lengan kamu. Jika kamu melakukannya dengan posisi kaki yang lebih tinggi dari tubuh, maka dengan push up kamu juga bisa memperindah otot bagian dada kamu.

Yang kedua ialah sit up, yakni olahraga lantai yang berfokus pada otot perut bagian atas dan otot perut bagian bawah. Jadi selain dapat mengurangi lemak yang ada di perut, kamu juga bisa membentuknya menjadi otot yang kuat dan keras.

Selanjutnya ialah olahraga plank, yang berfungsi untuk membentuk dan memunculkan otot yang ada di perut bagian tengah. Plank sangat cocok dikombinasikan dengan push up maupun sit up.

 

Hindari Cara Olahraga yang Salah

Berolahraga di rumah sangatlah disarankan, tetapi kamu juga harus ekstra berhati-hati saat melakukannya. Cara yang salah bukannya membuat kamu menjadi sehat, tetapi malah bisa membuat tubuhmu menjadi sakit.

Selain itu olahraga yang salah ialah ketika kamu tidak melakukannya secara rutin, tetapi ketika sekali dilakukan kamu memaksakan semua tenaga kamu. Hal ini tidak akan memberi hasil yang baik bagi tubuhmu.

 

 

Nah… itulah jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dirumah, dan bila kamu memiliki saran ataupun masukan silahkan menuliskan pada kolom komentar.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman maupun saudara agar mereka juga tetap sehat selama di rumah.

 

Sumber Referensi:

  • Fatimah Rahmawati. 20 Maret 2020. 10 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Karantina Mandiri. merdeka.com – https://bit.ly/3gC8VnR