Forbes kembali merilis daftar crazy rich Indonesia alias orang terkaya Indonesia 2019.

Banyak nama-nama baru menghiasi daftar orang terkaya tahun ini, ada pula yang menghilang. Siapa sajakah mereka?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Crazy Rich Indonesia Versi Forbes: 30 Orang Terkaya Indonesia 2019

Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya Indonesia versi tahun 2019. Meskipun sedang mengalami perlambatan ekonomi, ternyata ada banyak pula orang Indonesia yang berhasil menambah harta mereka bahkan hingga US$5,6 miliar atau sekitar Rp78,98 triliun tahun ini (dihitung apabila estimasi kurs Rp14.105 terhadap dolar AS).

Hingga saat ini, Hartono bersaudara masih menduduki posisi peringkat pertama. Ini merupakan tahun ke-11 mereka menduduki posisi sebagai orang terkaya di Indonesia.

Orang Terkaya di ASEAN 07 Budi Hartono dan Michael Hartono - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Jadi Orang Kaya Dari Game Online, Mau Tahu?]

 

Berikut 30 besar orang terkaya di Indonesia 2019:

  1. Budi dan Michael Hartono
  2. Widjaja Family
  3. Prajogo Pangestu
  4. Susilo Wonowidjojo
  5. Sri Prakash Lohia
  6. Anthoni Salim
  7. Tahir
  8. Boenjamin Setiawan
  9. Chairul Tanjung
  10. Jogi Hendra Atmadja

  1. Bachtiar Karim
  2. Mochtar Riady
  3. Martua Sitorus
  4. Putera Sampoerna
  5. Kuncoro Wibowo
  6. Peter Sondakh
  7. Garibaldi Tohir
  8. Theodora Rachmat
  9. Husain Djojonegoro
  10. Djoko Susanto

  1. Alexander Tedja
  2. Sukanto Tanoto
  3. Ciliandra Fangiono
  4. Husodo Angkosubroto
  5. Keluarga Ciputra
  6. Eddy Katuari
  7. Winarko Sulistyo
  8. Low Tuck Kwong
  9. Murdaya Poo
  10. Irwan Hidayat

Ini Dia 10 Orang Terkaya Indonesia 2018 TERBARU Versi Forbes - Finansialku

[Baca Juga: Wow! Ini Dia 10 Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Tahun 2019]

 

Dapat dilihat bahwa Hartono bersaudara masih menduduki peringkat 1 dengan total kekayaan bersih mencapai US$37,3 miliar atau berkisar Rp526,11 triliun. Kekayaan mereka naik karena saham PT Bank Central Asia (BBCA) melonjak tahun ini.

Miliarder nasional yang mengalami lonjakan tertinggi dari semuanya adalah taipan energi Prajogo Pangestu. Prajogo Pangestu berhasil melonjak dari peringkat 7 ke peringkat 3. Lonjakan ini disebabkan karena prospek permintaan terhadap perusahaan yang dimilikinya, Barito Pasific, sedang meningkat tajam tahun ini.

Sedangkan miliarder nasional yang mengalami penurunan salah satunya adalah Susilo Wono Widjojo yang kekayaannya turun US$2,6 miliar sehingga terpaksa turun peringkat dari peringkat 2 ke peringkat 4.

Penurunan ini diperkirakan disebabkan karena turunnya saham Gudang Garam setelah pemerintah mengeluarkan pernyataan akan menaikkan cukai rokok sebesar 23% tahun depan.

Susilo-Wonowidjojo

[Baca Juga: 21 Tips Keuangan Agar Cepat Kaya, Mau Tahu?]

 

Dan pada tahun ini terdapat pula nama baru yang masuk ke dalam daftar orang terkaya Forbes, yakni taipan konstruksi Donald Sihombing, pendiri hotel Four Seasons di Jakarta.

Selain itu, hal menarik lainnya adalah terdapatnya nama Ciliandra Fangiono di peringkat 23. Ciliandra tercatat sebagai miliarder termuda di Indonesia, yakni berusia 43 tahun. Kekayaan bersihnya adalah US$1,37 miliar atau berkisar Rp1,37 triliun.

Apakah Anda ingin memiliki uang yang bisa memenuhi setiap kebutuhan Anda? Sudah merencanakan keuangannya dulu belum? Dengan mengatur keuangan dan memiliki perencanaan keuangan, Anda bisa memiliki kesempatan tersebut lho!

Pakai saja Aplikasi Finansialku dalam mengatur keuangan pribadi Anda. Mudah dipakai dan memiliki banyak manfaat. Silakan download atau akses aplikasinya melalui link gambar berikut ini:

Jangan lupa membaca Buku Finansialku Make A Plan untuk mendapatkan panduan praktis dalam menggunakan Aplikasi Finansialku. Buku ini langsung ditulis oleh Perencana keuangan dan founder Finansialku, Melvin Mumpuni.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 02 - Finansialku

MAU BUKU FINANSIALKU

 

Yuk, share artikel ini kepada rekan terdekat Anda supaya mereka pun memiliki dan mengetahui informasi berharga ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Tahir Saleh. 5 Desember 2019. Crazy Rich! Ini Dia 10 Orang Terkaya RI per Desember 2019. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2DM0owj
  • Nurmayanti. 5 desember 2019. Daftar Lengkap 50 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes. Liputan6.com – http://bit.ly/363TFKj
  • Arthur Gideon. 5 Desember 2019. 50 Orang Terkaya di Indonesia Punya Harta Rp 1.898 Triliun di 2019. Liputan6.com – http://bit.ly/2RjToPd

 

Sumber Gambar:

  • Orang Terkaya Indonesia 2019 – https://bit.ly/361YAeO