facebook_pixel

Para Karyawan Baru, Apa Manfaatnya Menginvestasikan Gaji Pertama?

Apa manfaat menginvestasikan gaji pertama bagi karyawan baru? Gaji pertama merupakan hal yang membanggakan bagi setiap orang. Agar tidak terbuang sia-sia, sebaiknya investasikan gaji pertama. Berikut adalah 5 manfaat menginvestasikan gaji pertama.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

“Saat Ini Saya Sudah Punya Uang Sendiri”

Inilah kalimat yang pasti muncul dalam benak setiap karyawan yang baru menerima gaji pertama. Untuk pertama kalinya Anda memiliki kekuasaan untuk menggunakan sejumlah uang yang cukup besar. Tidak ada orang yang akan melarang atau membatasi Anda untuk menggunakan uang tersebut. Salah satu hal penting yang dapat Anda gunakan untuk ‘menyalurkan’ gaji pertama tersebut adalah berinvestasi.

investor-pemula-ini-modal-dasar-untuk-berinvestasi-saham-yang-penting-2-finansialku

[Baca Juga :Investor Pemula, Ini Modal Dasar untuk Berinvestasi Saham yang Penting]

 

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menginvestasikan gaji pertama :

 

#1 Lebih Cepat Mencapai Tujuan Keuangan

Robert T. Kiyosaki adalah seorang pakar perencanaan keuangan yang percaya bahwa satu-satunya cara untuk mencapai financial freedom atau kebebasan keuangan adalah dengan berinvestasi. Untuk mencapai setiap tujuan keuangan yang sudah direncanakan, mau tidak mau Anda harus berinvestasi. Jika tidak, Anda hanya akan terus menukarkan waktu dengan uang. Cara terbaik untuk mencapai kebebasan keuangan adalah dengan membuat uang atau aset Anda bekerja sendiri untuk menghasilkan keuntungan.

Dalam dunia keuangan ada sebuah pengertian time value of money. Paham ini menjelaskan bahwa nilai uang Anda terhadap waktu tidaklah selalu sama. Mungkin saat ini uang sebesar Rp 100.000.000 adalah angka yang besar. Tetapi setiap tahun terjadi inflasi atau penurunan nilai uang. 10 tahun dari sekarang, uang sebesar Rp 100.000.000 tersebut mungkin sudah bukan angka yang besar lagi. Begitu pula sebaliknya jika Anda berinvestasi, setiap tahun jumlah uang akan bertambah. Jika memiliki investasi sebesar Rp 1.000.000 dengan bunga investasi sebesar 12%, di tahun berikutnya uang Anda akan berbunga menjadi Rp 1.120.000. Kemudian di tahun berikutnya lagi jumlah tersebut akan berbunga lagi, kejadian ini biasa disebut fenomena bunga berbunga.

bagaimana-cara-mulai-berinvestasi-reksa-dana-untuk-karyawan-3-finansialku

[Baca Juga :Bagaimana Cara Mulai Berinvestasi Reksa Dana untuk Karyawan?]

 

Semakin cepat Anda menginvestasikan uang Anda maka akan semakin cepat uang berbunga dan terus berbunga setiap tahunnya. Dengan begitu tujuan keuangan yang sudah Anda rencanakan akan lebih cepat tercapai. Selisih 1 tahun berinvestasi dapat memberikan perbedaan yang signifikan lho.

 

#2 Hasil Investasi Semakin Besar

Jika Anda berinvestasi di pasar reksa dana atau pasar saham, Anda akan menemukan bahwa berinvestasi sedini mungkin dapat memberikan peluang keuntungan yang lebih besar. Ada beberapa perusahaan yang dapat bertumbuh dengan sangat pesat. Kebanyakan perusahaan yang sedang berkembang akan memiliki saham dengan harga yang sangat murah. Tetapi begitu perusahaan berkembang pesat, harga saham bisa meningkat berkali-kali lipat. Misalnya :

Andi membeli saham PT ABC sebanyak 1.000 lembar dengan harga dan perkembangan per tahun sebagai berikut :

Tahun

Harga

2010

Rp 1.000 / lembar

2013

Rp 5.000 / lembar

2016

Rp 10.000 / lembar

 

 

 

 

 

 

 

Karena melihat perkembangan saham yang begitu pesat dari tahun 2010 ke 2013, Agus ikut-ikutan membeli saham tersebut di tahun 2013 dengan harga Rp 5.000 per lembar. Jika Andi dan Agus menjual saham di tahun 2016 secara bersamaan, tentu keuntungan yang didapatkan Andi akan jauh lebih besar karena Andi sudah lebih dahulu memiliki saham tersebut. Andi membeli saham PT ABC pada harga yang jauh lebih murah, sehingga keuntungan yang didapatkan pun jauh lebih besar jika dibandingkan dengan yang didapatkan Agus. Agus hanya mendapatkan keuntungan 2 kali lipat pada tahun 2016, sementara Andi mendapatkan keuntungan 10 kali lipat dari uang yang ia investasikan.

Hal ini juga berlaku pada investasi lain seperti properti. Beberapa produk investasi mengalami peningkatan nilai yang eksponensial. Dalam hal ini peningkatan harganya tidak selalu sejalan dengan inflasi. Ada beberapa produk investasi yang harganya bisa mendadak berlipat ganda hanya dalam 1 tahun. Misalnya investasi properti. Saat ini sebuah rumah kecil mungkin berharga Rp 1 Miliar, tetapi di tahunberikutnya mungkin harganya meningkat menjadi Rp 1,1 Miliar atau sebesar 10%. Semakin cepat Anda memiliki investasi tersebut maka akan semakin berlipat ganda keuntungan yang akan didapatkan kelak.

bagaimana-cara-mulai-ivestasi-di-2p-lending

[ Baca Juga :Bagaimana Cara mulai Berinvestasi di P2P Lending?]

 

#3 Melatih Mindset

Berkomitmen untuk berinvestasi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan jika tidak terbiasa. Karena itu sangat penting untuk memiliki mindset memprioritaskan investasi sejak pertama kali Anda menerima gaji. Seorang karyawan baru biasanya sangat mudah terbawa euforia ‘baru memiliki uang sendiri’ sehingga akhirnya menghambur-hamburkan uang dengan tidak bijaksana. Anda mungkin berpikir “Hal ini kan hanya dilakukan pada gaji pertama saja”, nyatanya apa yang dilakukan sejak awal seringkali terbawa-bawa menjadi kebiasaan.

Tanpa disadari Anda akan terus menghamburkan gaji bulanan dengan tidak bijaksana. Lebih baik biasakan diri sejak pertama kali menerima gaji agar berinvestasi segera menjadi rutinitas. Jika sudah memiliki mindset yang mampu memprioritaskan investasi, kalimat “saya ingin berinvestasi” tidak akan hanya menjadi wacana.

 

 [ Baca Juga :Daftar Website dan Platform Investasi Online di Indonesia yang Harus Anda Kunjungi]

 

Lebih Cepat Lebih Baik

Pada dasarnya setiap orang yang sudah mengerti apa saja manfaat-manfaat berinvestasi pasti akan tergiur dengan keuntungan yang dijanjikan. Baik itu investasi reksa dana, saham, emas, dll. Umumnya seseorang terlambat berinvestasi bukan karena tidak mau melainkan tidak mengetahui apapun tentang investasi. Karena itu carilah informasi mengenai investasi sedini mungkin agar Anda dapat segera berinvestasi. Akan lebih baik jika Anda sudah bisa mulai berinvestasi ketika mendapatkan gaji pertama. Dengan begitu keuntungan investasi yang didapatkan akan semakin maksimal.

 

 

 

Bagaimana dengan Anda? Silakan share pengalaman gaji pertama Anda pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download