Langkah apa saja yang harus dilalui oleh sepasang suami istri yang ingin memindahkan BPJS dari perusahaan istri ke perusahaan suami? Disini kami akan menguraikan cara pindah BPJS Kesehatan dari perusahaan istri ke perusahaan suami. Berikut penjelasannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Cara Pindah BPJS dari Perusahaan Istri ke Perusahaan Suami

Siapa pun orangnya, khususnya para karyawan, tentu menginginkan adanya jaminan dalam hidupnya. Selain asuransi, kita mengenal yang namanya BPJS Kesehatan dimana program ini telah diperkenalkan pada tahun 2013 lalu di era kepemimpinan mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Tujuan diluncurkannya BPJS ini ialah untuk meng-cover mahalnya biaya kesehatan, pentingnya dana pensiun, pembayaran biaya pengurusan kematian dan lain sebagainya. Dengan adanya BPJS, setiap warga negara tidak perlu khawatir memikirkan bagaimana mencari uang untuk pengobatan di rumah sakit karena prinsip dari BPJS adalah prinsip kerja sama, dalam artian, yang sehat membiayai pengobatan yang sakit dari premi yang dibayarkan masing-masing.

Ini Cara yang Tepat untuk Pindah Faskes BPJS - Finansialku

[Baca Juga: Ini Cara yang Tepat untuk Pindah Faskes BPJS]

 

Jika Anda pernah bekerja di sebuah perusahaan, tentu tidak asing dengan fasilitas BPJS. Biasanya, Anda mendapatkan program ini satu paket dengan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan dimana Anda bekerja.

Meskipun tidak semua perusahaan berurusan dengan BPJS, mayoritas karyawan telah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan dan pihak pengelola BPJS. Berdasarkan ketentuannya, seorang karyawan akan dikenai pembayaran 5% dari gaji bulanan yang diberikan. Rinciannya, 4% dibayarkan oleh perusahaan sementara sisa 1%nya dibayarkan oleh Anda sendiri sebagai peserta BPJS.

Fasilitas berupa BPJS dapat dirasakan oleh siapa saja yang bekerja sebagai karyawan suatu perusahaan. Jika Anda telah berumah tangga, sementara pasangan Anda juga bekerja di sebuah perusahaan, otomatis masing-masing dari kalian akan berlangganan BPJS. Iuran tetap menjadi tanggungan masing-masing dari gaji yang diperoleh selama aktif sebagai karyawan perusahaan.

Lalu bagaimana jika salah satu dari kalian yang berhenti bekerja (misal resign atau dipecat) sementara Anda atau pasangan Anda tidak ingin berhenti menggunakan BPJS? Solusinya yaitu dengan memindahkan tanggungan BPJS kepada sang suami jika yang berhenti bekerja adalah si istri.

teman-teman-apakah-sudah-tahu-layanan-bpjs-kesehatan-finansialku

[Baca Juga: Teman-Teman, Apakah Sudah Tahu Layanan BPJS Kesehatan?]

 

Jika Anda bekerja satu perusahaan dengan istri Anda, cara mengurusnya lebih gampang tentunya. Pasalnya, kepengurusan BPJS dapat langsung dikonfirmasikan oleh istri Anda saat pengurusan pesangon pasca berhenti kerja.

Lain halnya jika istri Anda bekerja di perusahaan lain, tentu ada prosedur-prosedur tertentu yang harus diikuti. Lalu, bagaimana cara pindah BPJS dari perusahaan istri ke perusahaan suami? Mengenai tahapannya, ada dua langkah yang harus di tempuh, di antaranya:

 

 #1 Suami Lapor ke HRD

Agar BPJS istri Anda dapat dipindahkan ke tanggungan Anda, Anda perlu melaporkan perihal tersebut ke bagian HRD, SDM maupun bagian kepegawaian yang lain. Berkas-berkas yang perlu Anda sertakan meliputi kartu BPJS Kesehatan milik Anda dan istri (salinan), Kartu Keluarga (salinan) dan yang terakhir surat keterangan yang berasal dari perusahaan di mana istri Anda bekerja. Surat keterangan tersebut menyatakan bahwa yang bersangkutan (istri Anda) statusnya bukan lagi sebagai karyawan perusahaan tersebut.

 

#2 HRD, SDM atau Bagian Kepegawaian Lapor melalui e-DABU

Setelah menerima laporan dari Anda, HRD, SDM atau bagian kepegawaian kantor Anda  akan segera memrosesnya. Mereka akan melaporkan perihal pengajuan pemindahan BPJS dari perusahaan istri ke perusahaan Anda dengan memanfaatkan fasilitas e-DABU (jika perusahaan Anda mempunyai jaringan internet).

Jika tidak, alternatifnya yaitu dengan melapor langsung ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Di sinilah pemindahan tanggungan BPJS dari perusahaan istri ke perusahaan Anda diproses.

sudah-tahu-kelebihan-dan-kekurangan-bpjs-kesehatan-jangan-lupa-beli-ya-finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan? Jangan Lupa Beli Ya]

 

Cara Cek Status BPJS Perusahaan

Prosedur tersebut berlaku bagi Anda yang telah terdaftar BPJS perusahaan. Dengan demikian, bisa dipastikan iuran BPJS Anda dibayar oleh perusahaan. Namun, tak sedikit pula mereka yang khawatir seperti apa status kepesertaannya dalam BPJS. Belum lagi situasi ini diperparah dengan sikap perusahaan yang acuh tak acuh terhadap status karyawannya di BPJS, yang meliputi masih aktif atau tidaknya di keanggotaan.

Setiap karyawan, tentu mempersoalkan seberapa besar gaji yang diterima dan kepesertaannya di BPJS. Karena Anda bekerja di sebuah perusahaan, biasanya Anda menyerahkan semua urusan, mulai dari pendaftaran, iuran hingga membuat kartu peserta, ke perusahaan. Dengan kata lain, Anda hanya terima bersih saja.

Namun, suatu ketika Anda bisa saja mengalami kebingungan terkait status kepesertaan Anda. Tak sedikit kasus dimana seorang karyawan tidak menyadari jika ternyata status keanggotaannya sudah habis masa aktifnya. Jika sudah seperti ini, siapa yang harus disalahkan? Diri Anda atau perusahaan?

bagaimana-cara-cek-tagihan-bpjs-kesehatan-finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Cek Tagihan BPJS yang Paling Mudah?]

 

Oleh karena itu, Anda perlu menyadari betapa pentingnya status kepesertaan Anda apakah masih aktif atau sudah tidak aktif. Caranya, yaitu dengan menanyakannya secara langsung ke HRD atau petugas yang berwenang mengurusnya di kantor Anda.

Bisa juga Anda menghubungi melalui telepon ke Call Center BPJS di nomor 1500 400. Jika Anda ada waktu luang, bisa juga Anda berkunjung ke kantor BPJS di sekitar kota Anda.

Bagi setiap karyawan yang menjadi keanggotaan BPJS perusahaan, tanggungan yang akan diberikan oleh perusahaan mencakup suami, istri dan 3 anak. Jika anak Anda lebih dari tiga, maka anak lain selain tiga anak tersebut perlu didaftarkan mandiri sendiri.

 

Cara Pindah yang Mudah Dilakukan

Demikianlah beberapa cara pindah BPJS dari Perusahaan Istri ke Perusahaan Suami. Prosedur serupa juga berlaku bagi pengurusan pindah BPJS dari perusahaan suami ke perusahaan istri. Jadi, kalau kenyataannya simple, kenapa harus dibuat rumit?

 

Sudahkah Anda terdaftar dalam layanan BPJS? Menurut Anda, kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi dalam mengikuti prosedur layanan BPJS? Silakan berikan pertanyaan, tanggapan atau pengalaman Anda terkait hal ini pada kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan setiap informasi yang Anda dapatkan melalui artikel-artikel Finansialku.com kepada rekan-rekan dan juga keluarga dekat Anda, siapa tahu informasi yang tersedia, dapat menjadi sarana bagi mereka untuk menambah wawasan. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sepulsa. 21 Juni 2016. BPJS Perusahaan VS Perseorangan-Mana yang Lebih Baik? https://goo.gl/0S2xLs.
  • Panduan BPJS. 8 Agustus 2016. Cara Pindah BPJS dari Perusahaan Istri ke Perusahaan Suami. https://goo.gl/Q0kj3P
  • Sylvia Farantika. 12 November 2016. Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Kesehatan. https://goo.gl/81V2tu

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang