Bekerja Profesional dan Bahagia Dalam Menjalani Pekerjaan Anda

Tidak semua orang cukup beruntung dan bisa bekerja dengan bahagia di tempat yang mereka sukai. Banyak orang yang terjebak dalam pekerjaan yang sebenarnya tidak terlalu mereka sukai.

Jika Anda adalah salah satunya, sebenarnya Anda memiliki dua pilihan, yaitu meninggalkan pekerjaan tersebut, atau menjadi bahagia atas pekerjaan Anda sekarang.

Tidak mudah memang, tapi juga bukan berarti tidak mungkin dilakukan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pekerjaan Impian

Apakah pekerjaan yang Anda lakukan sekarang adalah pekerjaan impian Anda? Apakah Anda mencintai pekerjaan Anda sekarang? Atau justru tidak menyukai pekerjaan Anda sekarang?

Ada banyak alasan mengapa seseorang bisa tidak suka dengan pekerjaan yang ia jalani.

Misalnya saja karena pekerjaan yang membosankan, pekerjaan yang terkesan itu-itu saja dan membuat Anda merasa sulit berkembang, lingkungan kerja yang menyebalkan, atau gabungan dari masalah-masalah tersebut.

Percayalah, bukan hanya Anda saja yang merasakan hal tersebut. Hampir setiap pekerja pasti pernah mengalami hal tersebut. Baik di pekerjaan lamanya, ataupun di pekerjaannya sekarang.

Bekerja Profesional dan Bahagia 02 Pekerjaan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Hal Ini Jika Anda Termasuk Orang yang Suka Menunda Pekerjaan]

 

Dan kabarnya juga, sangat jarang orang yang bisa bangkit dan menghadapi hal ini. Apa Anda juga merasa seperti itu?

Meskipun cukup jarang orang yang bisa bahagia seutuhnya dalam pekerjaan mereka, bukan berarti Anda juga harus tidak bahagia.

Ada cara yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa bahagia di tempat Anda bekerja saat ini. Utamanya adalah dengan mengubah mindset Anda. Bagaimana caranya?

 

#1 Berhenti Memaki

Memiliki pekerjaan yang menyebalkan atau atasan yang sering membuat kesal memang rasanya jadi ingin memaki. Tapi jika dipikirkan lagi, apa yang akan Anda dapat dengan memaki hal itu?

Amy Cooper Hakim, seorang penulis di Working with Difficult People mengatakan bahwa menghabiskan malam dengan memaki pekerjaan atau atasan yang menyebalkan tidak akan membantu.

Jika Anda memang ingin membicarakan hal tersebut, cari seseorang di luar pekerjaan Anda sebagai tempat cerita. Atau Anda bisa memilih kerabat sebagai tempat Anda berbagi.

Memaki atau berbicara kasar mengenai pekerjaan Anda malah akan membuat Anda menjadi tidak profesional dan semakin tidak nyaman dengan pekerjaan yang Anda lakukan sekarang.

Bekerja Profesional dan Bahagia 03 Pekerjaan 3 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Pekerjaan Di Masa Depan yang Diincar Oleh Masyarakat Indonesia]

 

Selain itu, sebanyak apapun Anda memaki, hal tersebut tidak akan mengubah apapun. Pekerjaan Anda akan tetap seperti itu, dan bos Anda pun juga tidak akan mengubah apapun.

Jika Anda merasa benar-benar perlu menumpahkan kekesalan Anda, cari orang yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan Anda.

Misalnya teman di luar kantor atau saudara. Mereka mungkin saja bisa memberikan pandangan baru terkait masalah tersebut pada Anda.

Coba juga untuk berlatih menyampaikan kekesalan Anda hanya selama 10 menit. Dengan begitu, rasa kesal dan frustasi Anda tidak malah melebar kemana-mana.

 

#2 Berpikir Positif

Meskipun pekerjaan Anda sekarang bukanlah pekerjaan yang Anda sukai, tapi pasti setidaknya ada satu atau dua hal menyenangkan yang membuat Anda mau bekerja disitu.

Misalnya jaraknya yang dekat dengan tempat tinggal, fasilitas dan benefit yang Anda dapatkan, lingkungan kerja atau dekorasinya, dan lain sebagainya.

Daripada Anda sibuk kesal pada segala hal di pekerjaan, akan lebih baik jika Anda mencoba fokus dengan hal-hal yang dapat membuat Anda merasa senang dan bersyukur dengan kantor Anda yang sekarang.

Sebagai latihan, Anda bisa menulis di sebuah buku mengenai semua hal yang Anda syukuri tentang pekerjaan Anda.

Pada saat Anda merasa di titik terendah atau di masa jenuh, Anda bisa membuka buku tersebut dan mengingat kembali alasan Anda bekerja di tempat ini.

Selain itu, terbiasa berpikir positif tentang apa yang sedang Anda jalani juga akan membantu Anda supaya lebih baik dan semakin produktif.

Bekerja Profesional dan Bahagia 04 Pekerjaan 4 - Finansialku

[Baca Juga: Ada Lho 25 Pekerjaan untuk Orang Kreatif! Baca Dulu Jika Anda Ingin Mendapat Gaji Besar]

 

#3 Beri Penghargaan Pada Diri Anda

Kita akan lebih mudah menyelesaikan sesuatu saat tahu ada sesuatu yang bisa didapatkan pada akhirnya, termasuk dalam pekerjaan.

Untuk memotivasi diri Anda, cobalah untuk membuat tujuan sederhana bagi diri Anda sendiri. Tujuan ini haruslah sesuatu yang spesifik dan terukur.

Misalnya, dengan menantang diri Anda agar tidak mengeluh selama seminggu. Atau tidak merasa kesal saat atasan Anda menyuruh Anda melakukan hal yang tidak Anda sukai.

Jika Anda berhasil melakukan hal tersebut, berikan penghargaan atau reward pada diri Anda sendiri. Salah satunya dengan memanjakan diri di akhir pekan dengan hal-hal yang Anda suka.

Cara ini akan membantu Anda lebih bahagia dalam menjalankan hari-hari Anda dalam pekerjaan. Selain itu, hal ini juga akan membantu Anda mengurangi keluhan dan pikiran-pikiran penuh drama tentang pekerjaan dan kantor Anda.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#4 Lakukan Hal Baru

Sebagai manusia, wajar jika Anda merasa jenuh dan bosan. Kapan terakhir kali Anda melakukan hal baru? Atau Anda memang sudah terlalu lama menjalani kehidupan yang sama setiap harinya.

Jika ya, ini saatnya Anda memulai sesuatu yang baru untuk diri Anda sendiri. Sesuatu itu tidak harus besar dan sangat berbeda. Anda bisa memulainya dengan memberi sedikit variasi pada pekerjaan sehari-hari Anda.

Misalnya, jika biasanya Anda melakukan sesuatu karena perintah atasan, cobalah sesekali melakukan inisiatif dengan melakukan pekerjaan lain yang membantu dan Anda sukai.

Melakukan hal baru dapat membantu Anda menyegarkan pikiran dan secara umum juga dapat membantu Anda meraih kepuasan kerja yang lebih baik.

Bekerja Profesional dan Bahagia 05 Pekerjaan 5 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menumbuhkan Antusiasme dalam Melakukan Pekerjaan dan Menjalani Kehidupan?]

 

#5 Menjaga Semangat Bersenang-Senang

Salah satu cara menjaga semangat Anda dalam bekerja adalah dengan melakukan hal yang menyenangkan yang Anda sukai.

Cara ini akan semakin memberikan dampak jika Anda melakukannya justru pada saat-saat kritis dan penat dalam bekerja.

Beban kerja memang sering kali membuat Anda merasa lelah dan penat. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini akan membuat produktivitas Anda semakin turun. Karena itu, ada perlu menjaga semangat Anda secara rutin.

Salah satunya adalah dengan meluangkan waktu untuk bersenang-senang di akhir pekan.

Jika Anda suka bernyanyi, Anda bisa memilih karaoke sebagai bentuk hiburan untuk diri Anda. Atau Anda juga bisa menonton film, bertemu teman, atau sekedar bersantai membaca buku di akhir pekan.

Lakukan setidaknya satu hal menyenangkan pada akhir pekan Anda dan lakukan ini secara konsisten. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah menjaga produktivitas dan semangat kerja Anda kembali.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Bahagia Dalam Menjalani Pekerjaan Anda

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi lebih bahagia dalam pekerjaan Anda sekarang.

Jika Anda bahagia dalam pekerjaan, maka akan lebih mudah juga bagi Anda untuk memberikan performa kerja dan produktivitas yang baik.

 

Selain cara yang sudah disebutkan di atas, apakah Anda memiliki cara lain yang bisa dilakukan untuk jadi lebih bahagia dan produktif dalam bekerja?

Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 27 September 2018. 5 Cara Agar Berhenti Membenci Pekerjaan. Ekonomi.kompas.com – https://goo.gl/zrTrmS

 

Sumber Gambar:

  • Pekerjaan 1 – https://goo.gl/Tc1KbS
  • Pekerjaan 2 – https://goo.gl/pHpBj4
  • Pekerjaan 3 – https://goo.gl/bpHy4H
  • Pekerjaan 4 – https://goo.gl/mzH5LU
  • Pekerjaan 5 – https://goo.gl/FDnB5y
Summary
Bekerja Profesional dan Bahagia Dalam Menjalani Pekerjaan Anda
Article Name
Bekerja Profesional dan Bahagia Dalam Menjalani Pekerjaan Anda
Description
Tidak semua orang bisa bekerja dengan bahagia di tempat yang mereka sukai. Banyak orang terjebak dalam pekerjaan yang tidak mereka sukai.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By |2018-11-24T21:35:46+00:00November 25th, 2018|Categories: Karir|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment