Peluang usaha 2020 yang menjanjikan: Tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Jika kamu berencana untuk membuka usaha yang menjanjikan keuntungan besar di tahun 2020, inilah saatnya.

Tapi, masih bingung kira-kira usaha apa saja ya itu? Yuk simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Peluang Usaha 2020 yang Menjanjikan

Memulai usaha sendiri dapat menjadi pilihan tepat. Pasalnya, keuntungan yang menggiurkan datang dari bisnis yang dibangun sendiri.

Fakta menyebutkan sekitar 54% orang yang memiliki usaha sendiri mengaku bahwa pendapatannya meningkat.

Namun, hal tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang, ingin memulai usaha tapi mentok tidak tahu usaha apa yang sebaiknya dijalankan.

Nah, jangan khawatir, berikut ini peluang usaha yang menjanjikan keuntungan besar yang dirangkum Finansialku.

 

#1 Menciptakan Produk Kreatif Ramah Lingkungan

Beberapa tahun belakangan ini, masyarakat sudah mulai peduli dengan lingkungan. Hal ini dipicu dengan gerakan pencegahan global warming di seluruh dunia.

Apalagi, para influencer di media sosial pun mulai banyak yang melek dengan isu lingkungan. Apapun yang dilakukan dan dimiliki influencer pasti diikuti oleh para followers-nya.

Nah, hal ini bisa jadi peluang kamu untuk memiliki usaha produk-produk ramah lingkungan. Misalnya saja, sedotan bambu atau aluminium atau tas dari sampah plastik.

 

#2 Kursus Online

Untuk Sobat Finansialku yang memiliki keahlian di bidang tertentu, memulai usaha kursus online bisa jadi pilihan tepat. Tidak harus mata pelajaran yang diajarkan di sekolah saja kok.

Kursus mengenai ilmu yang berguna bagi kehidupan pun bisa. Misalnya saja, kursus online mengatur keuangan atau finansial, kursus online kepribadian, dan sebagainya.

Di Finansialku.com, kamu bisa belajar keuangan pada online course atau kamu bisa masuk bersama komunitas Finansialku untuk berbagi pengalaman dalam mengatur keuangan.

Karyawan Bahagia Bisa Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Amancio Ortega, Pebisnis Sukses dan Bos Zara]

 

#3 Pembuatan Website

Jika sobat Finansialku seorang web developer, bisnis pembuatan website bisa jadi pilihan yang brilian. Pasalnya, di era industri 4.0 ini, website sangat dibutuhkan berbagai pihak.

 

#4 Wedding Organizer

Wedding organizer selalu dibutuhkan untuk mengatur rangkaian acara pernikahan. Tentu saja peluang bisnis ini sangat baik.

Jangan pesimis dulu karena beranggapan bisnis ini tidak prospek seiring bertambahnya jumlah wedding organizer. Faktanya, pernikahan memang akan selalu ada.

 

#5 Affiliate Marketing

Maksud dari affiliate marketing adalah kamu mendapatkan uang dengan mempromosikan produk dari pihak lain. Cara kerjanya pun mudah.

Jika seseorang membeli produk menggunakan kode referral-mu, kamu akan mendapatkan komisi sesuai perjanjian yang disepakati.

 

#6 Produk Kerajinan Tangan

Belakangan ini, produk-produk kerajinan tangan mulai naik daun. Contohnya, produk-produk rotan atau kayu.

Sobat Finansialku bisa memulainya dengan barang-barang kecil rumah tangga seperti sendok, garpu, atau mangkuk yang terbuat dari kayu. Untuk rotan, produknya bisa jadi alas kaki, alas gelas, dan sebagainya.

 

#7 Dropshipper

Model bisnis dropship mirip dengan reselling. Hasil keuntungannya berasal dari selisih harga yang diterima dari pembeli.

Bedanya, dropship tidak menuntut kamu memiliki stok sendiri. Penjuallah yang mengirimkannya.

 

#8 Berjualan Makanan Ringan

Produk makanan tidak ada matinya. Sebagai kebutuhan pokok, makanan selalu diminati. Begitu juga dengan makanan ringan. Asalkan, kamu kreatif dalam membuat produk dan pemasarannya. Contohnya saja produk kerupuk kulit atau mie lidi.

 

#9 Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba merupakan jenis bisnis yang dijalankan dengan model kemitraan. Kamu bekerja sama dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal. Contohnya saja, tambal ban/tambah angin dari Green Nitrogen.

20 Peluang Usaha 2020 yang Menjanjikan Keuntungan Besar 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dengan Modal Awal Franchise Rp2 Juta, Anda Bisa Dapat Bisnis Waralaba Ini]

 

#10 Jasa Terjemahan

Jika sobat Finansialku memiliki kemampuan Bahasa Asing, bisnis terjemahan bisa jadi pilihan tepat.

Kamu dapat menerjemahkan dokumen, menjadi interpreter, atau menerjemahkan video Youtube dengan memberikan penawaran jasa pada para Youtuber.

 

#11 Rias Pengantin

Jika kamu memiliki keahlian di bidang make up, menjadi perias pengantin dapat kamu coba.

Jika ingin menjalani bisnis ini, kamu bisa mulai dengan menghitung modal yang dibutuhkan seperti pembelian alat make up, busana pendukung, biaya promosi awal, sampai pelatihan make up pengantin.

Dijamin, kamu akan balik modal seiring dengan meningkatnya kebutuhan pernikahan zaman sekarang ini.

 

#12 Usaha Food Truck

Model bisnis food truck mulai merambah Indonesia belakangan ini. Mulai dari menjual sosis bakar, takoyaki, aneka jus, hingga makanan ringan khas Italia.

Alih-alih menyewa tempat, kamu dapat merombak kendaraan menjadi sebuah food truck.

 

#13 Bisnis Tur Wisata

Untuk kamu yang hobi traveling, jangan sia-siakan semua pengalaman traveling kamu.

Membuka bisnis tur wisata bisa jadi peluang besar bagi kamu. Apalagi, untuk peningkatan wisata di kotamu sendiri.

 

#14 Bisnis Mainan Anak-anak

Menjual mainan anak-anak ternyata dapat menjadi usaha yang menjanjikan. Kamu dapat menjalankannya secara online jika modal yang kamu miliki terbatas.

 

#15 Penulis Online

Menjadi penulis untuk beberapa media online bisa jadi pilihan. Kamu dapat menjadi penulis full time atau paruh waktu.

 

#16 Bisnis Laundry

Dengan memanfaatkan teknologi, bisnis laundry kamu dapat dijalankan pula melalui aplikasi Android, iOs atau web app, lho.

Bagaimana Peluang Usaha Waralaba Laundry di Zaman Now 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Peluang Usaha Waralaba Laundry di Zaman Now?]

 

#17 Bisnis Frozen Food

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Bisnis frozen food dapat menjadi pilihan tepat apalagi untuk kelas pekerja yang menginginkan makanan cepat dan simple.

 

#18 Bisnis Menjahit Pakaian

Bisnis ini untuk sobat Finansialku yang memiliki kemampuan menjahit pakaian. Kamu dapat membuat beragam produk fashion yang dibutuhkan masyarakat.

Dengan bisnis menjahit pakaian ini, kamu dapat membuka toko online/offline sendiri atau bisa bekerja sama dengan toko pakaian dengan menitipkan produk kamu.

 

#19 Usaha Sewa Pakaian

Pakaian yang kamu sewakan bisa bermacam-macam. Manfaatkan event seperti hari Kartini, Halloween, atau pakaian khusus pengantin.

 

#20 Sewa Perlengkapan Bayi

Masa pakai perlengkapan bayi tergolong singkat.

Peluang usaha sewa perlengkapan bayi dapat sobat Finansialku manfaatkan. Kamu dapat memulai bisnis ini dengan menyewakan stroller terlebih dahulu.

 

Mulailah Bisnis Sekarang

Segera mulailah usaha kamu. Tentunya dengan perencanaan yang matang. Usahakan supaya usahamu sesuai dengan passion. Karena, sesuatu yang dijalankan dengan passion akan memberikan hasil yang maksimal.

Jangan lupa untuk mempersiapkan ilmu dalam mengelola keuangannya. Sobat Finansialku dapat membaca ebook gratis dari Finansialku berikut ini.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Apakah sobat Finansialku mendapatkan wawasan baru untuk bisnis? Yuk bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu yang sama-sama ingin menjalankan bisnis. Beri motivasi kepada mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Suryadi Kurniawan. November 2019. 30+ Peluang Usaha Paling Menjanjikan di Tahun 2020. Niagahoster.com – https://bit.ly/2vV94zS

 

Sumber Gambar:

  • Usaha 1 – https://bit.ly/37UiEQK
  • Usaha 2 – https://bit.ly/2VqgV3l