Sobat Finansialku sedang mencari wisata pemandian air panas? Simak artikel berikut tentang Pemandian Air Panas Gunung Pancar.

Semoga informasinya bermanfaat, dan pastikan kamu membacanya sampai habis, ya.

 

Summary:

  • Terletak di Bogor, Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini bisa kamu jadikan pilihan untuk menyegarkan tubuh dari perjalanan.
  • Dengan harga yang terjangkau, lokasi wisata pemandian ini menyediakan banyak spot nyaman untuk berendam. Cocok untuk refreshing dan melepaskan penat.

 

Lokasi dan Cara Menuju Air Panas Gunung Pancar

pemandian air panas gunung pancar_lokasi

Kolam Umum dengan Sekat Bambu dan Seng. Sumber: Google Maps

 

Pemandian Air Panas Gunung Pancar berlokasi di Kampung Ciburial, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Tepatnya berada dalam kawasan Gunung Pancar pada ketinggian 300-800 meter di atas permukaan laut dengan kemiringan sekitar 15-40%.

Pemandian Air Panas Gunung Pancar memang masih sangat asri dan alami sehingga cocok untuk tempat refreshing dan relaksasi saat liburan.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, terdapat banyak rute yang bisa kamu tempuh dari berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, dan Bogor.

Dari Jakarta, kamu harus menempuh jarak sekitar 59 kilometer dalam waktu tempuh kurang lebih 1 jam 10 menit melalui Tol Jagorawi.

Kemudian, lanjut menuju jalan Sentul Raya ke Kecamatan Babakan Madang. Lalu, menuju ke arah Jalan Sumur Batu hingga Jalan Air Panas dan terus mengikuti penunjuk arah menuju Gunung Pancar.

Lokasi wisata ini terletak tak jauh dari arah Gunung Pancar. Sayangnya, tidak tersedia kendaraan umum untuk mencapai kawasan wisata sehingga kamu harus menggunakan kendaraan pribadi. 

 

Harga Tiket Pemandian Air Panas

Sobat Finansialku bisa berkunjung ke lokasi wisata ini kapan pun, baik weekday maupun weekend. Karena buka setiap hari selama 24 jam.

Namun, Finansialku sarankan untuk datang dan berendam pada pagi hari, agar lebih menikmati sensasi hangat air panasnya.

Harga tiket masuk wisata ini pun cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000 per orang saat weekday dan Rp7.000 per orang saat weekend. Sementara wisatawan asing perlu membayar Rp100.000 saat weekday dan Rp150.000 saat weekend.

[Baca Juga: 12 Wisata Air Terjun Terbaik di Indonesia, Ada Cerita Legendarisnya, Lho!]

 

Aktivitas dan Daya Tarik di Air Panas Gunung Pancar

Tempat pemandian ini memiliki banyak spot berendam yang nyaman untuk para pengunjung. Menikmati hangatnya air dan udara yang sejuk bisa menjadi sarana healing untuk kamu yang sedang penat dengan pekerjaan.

Selain melepas penat, berendam air panas juga akan membuat otot dan syaraf pada tubuh menjadi lebih rileks dan melancarkan sirkulasi darah.

Lokasinya yang berada dalam kawasan Gunung Pancar juga membuat wisata ini mempunyai pemandangan alam sekitar yang eksotis dan sayang untuk kamu lewatkan.

Di sini, kamu bisa menikmati sensasi berendam air panas di dua kolam yang berukuran 10 x 8 meter dengan sekat tembok seng.

Sekat ini merupakan pembatas yang membedakan antara wisatawan laki-laki dan perempuan. Air kolamnya berasal dari air panas alami Gunung Pancar yang mengalir melalui sambungan pipa.

Tak perlu khawatir, karena pengelola selalu membersihkan kolam ini secara berkala agar kebersihannya tetap terjaga.

 

Tersedia Kolam Pribadi

pemandian air panas gunung pancar_kolam air panas pribadi

Kolam Air Panas Pribadi. Sumber: Google Maps

 

Jika Sobat Finansialku ingin berendam secara pribadi, objek wisata ini menyediakan kolam pribadi bersama keluarga untuk 3-4 orang.

Kolam pribadi ini memiliki desain yang lebih bagus daripada kolam air panas untuk umum. Pinggiran kolam tersusun dari batu kali yang rapi dan airnya yang lebih bersih.

Sebab, pengelola hanya mengisi air panas ketika ada penyewa dan akan mereka ganti setiap kali ada yang penyewa baru.

Daya tarik lainnya dari objek wisata air panas Gunung Pancar adalah pemandangan hutan pinus dan berbagai satwa liar serta tumbuhan.

Jadi, Sobat Finansialku tidak hanya menghilangkan penat dan stres, tetapi juga belajar tentang edukasi fauna di Gunung Pancar.

 

Fasilitas Umum di Air Panas Gunung Pancar

pemandian air panas gunung pancar_kolam air panas

Kolam Air Panas. Sumber: Trip Advisor

 

Begitu sampai ke lokasi, pengunjung bisa langsung memilih kolam sesuai keinginan dan kebutuhan. Harganya pun cukup terjangkau dengan fasilitas yang beragam demi kenyamanan pengunjung.

Beberapa fasilitas umum yang bisa kamu gunakan seperti toilet, kamar bilas, camping ground, lokasi outbound, dan pondok lesehan.

Ada juga fasilitas Spa dan Sauna yang bisa kamu coba bersama keluarga maupun orang terdekat agar badan jadi lebih fresh dan rileks.

Setelah berendam air panas, kamu bisa menikmati jasa lulur, pijat, dan masker dengan belerang alami sehingga lebih menyegarkan dan berkhasiat.

Sobat Finansialku juga bisa membeli masker belerang dan lumpur alam yang dikemas dalam plastik kecil seharga Rp15.000 per plastik sebagai oleh-oleh.

[Baca Juga: 35 Wisata Bogor yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga]

 

Siapkan Dana Liburan Agar Makin Have Fun

Nah, itu dia informasi mengenai Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Sobat Finansialku yang sudah burnout, tak ada salahnya untuk merencanakan liburan ke objek wisata ini.

Dengan begitu, tubuh kamu jadi lebih rileks dan fit serta siap memulai kesibukan sehari-hari.

Meski harga tiket masuknya terjangkau, Sobat Finansialku tetap harus menyiapkan uang tambahan untuk transportasi dan akomodasi lainnya, ya.

Pasalnya, terdapat banyak sekali kantin dan warung yang siap memanjakan lidahmu dengan beragam kuliner khas di kawasan ini. Jadi, segera siapkan budget sesuai kebutuhan dan menabung untuk biaya liburanmu. 

Untuk menambah referensi dalam merencanakan dana liburan, kamu bisa baca ebook Finansialku Cara Menikmati Liburan Seru Anti Bokek.

Selanjutnya, kamu bisa membuat rencana keuangan yang lebih mudah dan detail, lengkap dengan simulasi perhitungannya di Aplikasi FinansialkuYuk, download aplikasinya sekarang juga!

Banner Iklan Aplikasi Finansialku General

 

Bagikan informasi ini ke orang-orang terdekatmu dan ajak mereka untuk menabung supaya bisa berlibur bersama ke Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Semoga bermanfaat, ya. Terima kasih.

 

Editor: Ari A. Santosa 

Sumber Referensi:

  • Admin. Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor. Sikidang.com – https://bit.ly/3OCmjcV
  • Debby. Harga Tiket Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Seringjalan.com – https://bit.ly/3XwNdXU
  • Ratih. 04 November 2022. Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor – November 2022. Travelspromo.com – https://bit.ly/3XzZueg
  • Arnetta First. 11 November 2022. Pemandian Air Panas Gunung Pancar – Tiket Masuk, Rute, & Fasilitas. Advontura.com – https://bit.ly/3F5qawe
  • Rilo Pambudi. 19 Maret 2022. Wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor, Cocok untuk Relaksasi saat Weekend. Inews.id – https://bit.ly/3EHWjZ8
  • Admin. 08 Mei 2022. Pemandian Air Panas Gunung Pancar di Bogor, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute. Kompas.com – https://bit.ly/3EHWzY6