Tahukah Anda: Pendidikan Keuangan Sama Pentingnya dengan Pendidikan Formal. Namun ada sebuah permasalahan besar. Kali ini Perencana Keuangan Independen Finansialku akan berbagi sebuah quote dari Robert T. Kiyosaki.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Pendidikan Keuangan Sama Pentingnya dengan Pendidikan Formal

Seperti yang disebutkan dalam bagian pembukaan, ternyata pendidikan keuangan itu sama pentingnya dengan pendidikan formal. Tapi …

 

English

Academic qualifications are important and so is financial education. They’re both important and schools are forgetting one of them.

Robert Kiyosaki

 

Pendidikan Keuangan Sama Pentingnya dengan Pendidikan Formal - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Indonesia

Kualifikasi akademis adalah penting dan begitu juga pendidikan keuangan. Keduanya penting dan sekolah melupakan salah satunya.

Robert Kiyosaki

 

Apa maksudnya? Pendidikan keuangan itu penting (dan kami akan membahas mengapa penting dan seberapa penting), tetapi sekolah melupakannya. Agar tidak melenceng, pendidikan keuangan yang kami maksud bukan pengertian uang, sejarah uang, ekonomi mikro, ekonomi makro dan lain sebagainya. Yang kami maksud adalah cara mengelola keuangan, cara berinvestasi, asuransi, cara membelanjakan uang dan lain sebagainya.

Sebenarnya pendidikan keuangan (financial education), itu apa sih? Pendidikan keuangan adalah pengetahuan yang benar mengenai cara menggunakan uang. Pendidikan keuangan penting agar kita dapat memaksimalkan uang yang kita miliki, mampu mencapai tujuan-tujuan keuangan #IndonesianDreams dan anti bangkrut.

Pernahkah Anda menyadari kapan Anda belajar mengenai mengelola keuangan? Cara berinvestasi? Cara menggunakan uang? Cara menggunakan kartu kredit? dan lain sebagainya. Sekolah formal dan universitas mungkin tidak mengajarkan pendidikan keuangan dalam kurikulumnya. Permasalahan keuangan yang kita alami seringkali karena kita tidak mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan.

  • Kesalahan dalam berinvestasi, karena kita tidak tahu bagaimana cara berinvestasi.
  • Kesalahan dalam menggunakan kartu kredit, karena kita tidak tahu bagaimana cara menggunakan kartu kredit.
  • Kesalahan dalam membelanjakan uang, karena kita tidak tahu bagaimana cara membelanjakan uang dengan benar.

 

Permasalahannya: darimana saya belajar atau meningkatkan pengatahuan terkait keuangan? Jawabannya singkat, banyak sekali informasi mengenai pendidikan keuangan. Anda dapat belajar dari buku-buku, belajar dari audio cd, belajar dari seminar, workshop dan seminar online.

 

Apa konsekuensi terburuk jika kita tidak belajar tentang keuangan?

 

Kesimpulan

Pendidikan keuangan salah satu ilmu penting dalam kehidupan. Sayangnya sistem pendidikan kita hanya mengutamakan sistem pendidikan formal dan mengabaikan pendidikan keuangan.

 

Setelah Anda mengetahui adanya Pendidikan Keuangan, apakah Anda akan meningkatkan pengetahuan terkait keuangan? Jika ya bagaimana caranya?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang