Tahukah Anda dalam satu rute penerbangan bisa mendapatkan pelayanan dari dua maskapai? Inilah kejelasan terkait penerbangan codeshare!

Agar lebih jelas, mari simak pembahasannya berikut ini. selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kemenhub Minta Maskapai Sosialisasikan Codeshare

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana Banguningsih Pramesti, menghimbau agar maskapai melakukan sosialisasi terkait penerbangan codeshare ke pengguna jasa. Polana mengatakan:

“Penerbangan codeshare harus diinformasikan kepada penumpang dari mulai proses pemesanan tiket, hingga pelaksanaan penerbangan, yaitu diumumkan dalam penerbangan.”

 

Codeshare adalah perjanjian kerjasama pelayanan penerbangan antara dua maskapai atau lebih, dalam melayani satu rute penerbangan.

Dalam memberikan codeshare ini masing-masing maskapai dapat menjual tiket penerbangan di rute yang sama, namun hanya satu maskapai yang mengoperasikan penerbangan di rute tersebut.

Inilah Dampak Naiknya Tiket Penerbangan terhadap Emiten Penerbangan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Memperoleh Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan Akhir Tahun]

 

Penerbangan codeshare ini pun memiliki nomor dan kode penerbangan yang berbeda untuk masing-masing maskapai.

Penerbangan codeshare dapat dilaksanakan pada rute internasional dan domestik.

Pelaksana penerbangan codeshare domestic harus berasal dari perusahaan penerbangan nasional. Maskapai asing hanya bertindak sebagai pihak pemasar, sedangkan perusahaan penerbangan nasional sebagai pelaksana operasi.

Kemenhub pun meminta seluruh maskapai meningkatkan pelayanannya khususnya dalam tiga aspek utama yaitu keselamatan, keamanan dan pelayanan.

Maskapai asing hanya bertindak sebagai pihak pemasar (marketing carrier) sedangkan perusahaan penerbangan nasional sebagai pelaksana operasi (operating carrier). 

Pelaksanaan penerbangan codeshare biasa dilakukan oleh airline dalam satu aliansi atau group. (Misalnya Sky Team, One World, dan Star Alliance).

Garuda Indonesia merupakan anggota dari Sky Team.

Lebih lanjut ditegaskan oleh Polana agar seluruh maskapai meningkatkan pelayanannya dengan tetap mengutamakan tiga aspek utama penerbangan yakni keselamatan, keamanan dan pelayanan. Polana mengatakan:

“Keselamatan penerbangan merupakan tanggung jawab bersama. Semuanya harus bekerja sama dalam menciptakan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman.”

 

Jika Anda salah satu pengguna setia maskapai penerbangan tentunya sudah tidak asing dengan Air Asia bukan? Anda bisa tonton video kisah suksesnya melalui channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana, selamat membaca..

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Lidya Yuniartha Panjaitan. Kemhub Minta Maskapai Sosialisasikan Codeshare. Tabloid Kontan
  • Yayu Agustini. 14 Juni 2019. Ini Penjelasan Kemenhub soal Penerbangan Codeshare. Liputan6.com – http://bit.ly/2KtKmwy

 

Sumber Gambar:

  • Codeshare – http://bit.ly/2ZCjkGX