Penerbangan Hong kong Rugi! Bandara utama di blokade oleh para demonstran menyebabkan rute penerbangan diberhentikan. Berapa kisaran harga dari kerugiannya?

Demo di Hong Kong menimbulkan kerugian besar dalam sektor penerbangan. Kali ini Finansialku akan membahasnya, simak ulasannya di bawah ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Penerbangan Hong Kong Rugi Hingga Pemecatan Oknum Pilot

Aksi demo yang telah terjadi di Hong Kong beberapa minggu yang lalu menyebabkan perekonomiannya terguncang. Salah satunya di industri penerbangan.

Pada saat demo berlangsung, sempat terjadi penundaan dan pembatalan penerbangan di bandaranya. Hal ini dikarenakan banyak para demonstran yang memblokade setiap lorong bandara.

Kerugiannya ini tidak hanya dirasakan oleh warga setempat, tetapi juga atlet renang DKI Jakarta yang telah tampil dalam sebuah kejuaraan juga sempat gagal pulang.

Mandala S Purba, Plt Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong pada tanggal 14 Agustus 2019, mengatakan:

“Sudah berangkat semuanya. Jadi ada yang berangkat pukul 15.00 dan 19.00.”

 

Pihak yang juga mengalami kerugian besar adalah maskapai penerbangan lokal dan internasional yang melayani penerbangan dari bandara Hong Kong.

Luas wilayah yang kecil menyebabkan wilayah administratif khusus ini hanya memiliki satu bandara komersial untuk penerbangan domestik ataupun internasional.

Aksi Demonstrasi Hong Kong Membuat Perekonomi Terguncang 03 - Finansialku

[Baca Juga: Aksi Demonstrasi Hong Kong Membuat Perekonomian Terguncang]

 

Hal inilah yang menyebabkan kerugian besar bagi industri penerbangan di Hong Kong. Kerugiannya ini ditaksir menyentuh angka US$38 juta atau setara dengan Rp500 miliaran per harinya.

Angka tersebut berpotensi membengkak seiring lamanya aksi massa yang sulit terbendung.

Dengan adanya aksi demo itu, tercatat ada sekitar 180 penerbangan di bandara internasional Hong Kong yang dibatalkan pada hari Senin, 12 Agustus 2019.

Di hari selanjutnya, jumlahnya semakin meningkat lebih dari 2 kali lipat mencapai 400 penerbangan dari dan menuju lokasi tersebut. Bisa dibayangkan berapa banyak penumpang penerbangan yang terdampak dari aksi demo di Hong Kong ini.

Pembatalan penerbangan pekan ini merupakan yang terparah sejak protes penolakan undang-undang ekstradisi.

Kerugian sangat tinggi karena Bandara Hong Kong merupakan business hub dan lokasi transit penerbangan internasional, termasuk jalur logistik udara.

Sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia, Bandara Hong Kong melayani 800 penerbangan setiap harinya, di mana belasan ribu penumpang masuk dan keluar Hong Kong via bandara.

Pihak lainnya yang terkena dampak dari demo ini adalah maskapai asal Hong Kong yang terkenal di Asia ataupun internasional, yakni Cathay Pacific yang ikut terkena dampak negatif.

Pada perdagangan Senin 12 Agustus 2019 harga saham Cathay Pacific mengalami penurunan sekitar 4,3% ke angka HK$9,8 atau setara dengan Rp17 ribuan per lembar saham.

Saham Swire Pacific yang merupakan induk korporasi dari Cathay Pacific di hari yang sama sahamnya turun mencapai 5,2% menyentuh HK$77,5 atau setara dengan Rp140 ribuan per lembar saham.

Fakta lainnya yang menyebabkan saham dari Cathay Pacific dan Swire Pacific anjlok adalah adanya seorang oknum pilot maskapai yang ikutan demo.

Tak hanya itu, oknum tersebut diduga ikut merusak fasilitas umum dan kantor perwakilan negara China yang ada di kota tersebut. Mengetahui hal itu pihak maskapai langsung memberikan klarifikasi dan memecat satu orang pilot tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan, demo ini pun berdampak pada kondisi saham yang menjadi anjlok. Hal ini mengingatkan, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipelajari sebelum dan saat berinvestasi saham.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda membaca ebook dari Finansialku di bawah ini. Selamat membaca.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Itulah beberapa kerugian yang dialami maskapai penerbangan di Hong Kong Akibat demo pada beberapa waktu lalu. Jika sudah begitu saham perusahaannya menjadi anjlok seketika.

Bagaimana pendapat Anda terkait artikel ini? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Christantio Utama. Demo Besar-Besaran, Segini Kerugian Industri Penerbangan di Hong Kong. Moneysmart.com – http://bit.ly/2Z92y5C

 

Sumber Gambar:

  • Penerbangan Hong Kong – http://bit.ly/2ZcmDDT