Pernah mengalami pensiun tanpa pesangon? Jangan dibiarkan tuh! Jadi, bagaimana sebaiknya Anda bertindak ya?

Lakukan tips ala Finansialku ini agar Anda bisa terselamatkan dari masalah tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Fenomena Pensiun Tanpa Pesangon

Pensiun tanpa pesangon sering kali terjadi di beberapa perusahaan. Hal ini jelas sangat merugikan pekerja, terutama bagi mereka yang sudah mengabdi puluhan tahun.

Ada yang telah masuk usia pensiun, namun belum juga dinyatakan putus dari perusahaan tempat mereka bekerja. Bahkan, di beberapa kasus ditemukan juga sistem pensiun yang langsung diberhentikan tanpa pesangon.

Apakah mereka diberi peringatan? Bisa iya dan sebagian juga tidak. Hal ini tentu cukup mengganggu kondisi finansial seseorang.

 

Cara Mengatasi Pensiun Tanpa Pesangon

Apabila semakin banyak pekerja yang pensiun tanpa pesangon, semakin banyak pula yang dirugikan.

Maka dari itu, harus ada pengadilan untuk menegakkan serta mengembalikan hak-hak mereka. Berikut di bawah ini beberapa langkah jika tidak mendapatkan dana pensiun.

 

#1 Melapor

Langkah utama ini jelas harus dilakukan pekerja jika memang hak nya tidak diberikan secara benar.

Anda dapat melaporkan gugatan Anda ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI)  untuk mendapatkan putusan terhadap perusahaan yang tergugat.

Perlu diketahui bahwa dalam permasalahan ini terdapat pasal yang mengatur tentang ketenagakerjaan, yaitu Pasal 167 ayat 5 No 13 Tahun 2003.  

Corona Akibatkan Ribuan Pekerja di Jakarta Kena PHK 01

[Baca Juga: Perusahaan Dagang (PD): Apa Saja Syarat Pendirian dan Apa Bedanya dengan Perseroan Terbatas (PT)?]

 

Isinya menyatakan apabila perusahaan tidak mengikutsertakan pekerja dalam program pensiun, maka seharusnya pekerja mendapatkan hak pensiunnya.

Besar pesangon yang diterima seharusnya dua kali pendapatan serta uang penghargaan sebanyak satu kali.

 

#2 Menunggu Keputusan

Selain itu, kita pun harus menunggu keputusan yang diberikan dari pengadilan. Setelah surat keputusan itu keluar, surat tersebut harus disetujui oleh kedua belah pihak. Walaupun seringkali perusahaan tidak menerima gugatan tersebut.

 

#3 Melapor Ulang

Anda juga bisa melapor ulang ke Permohonan Pencatatan Perselisihan Hubungan Industrial ke hadapan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disnaker).

Pada tahap ini, Anda dapat menunggu kembali keputusan yang akan dikeluarkan dari Disnaker. Harapannya adalah saat pelaporan kedua, ada tanggapan dan tindak lanjut untuk mendapatkan hak-hak Anda.

 

#4 Menerima Anjuran

Proses inilah yang ditunggu oleh penggugat yang pensiun tanpa pesangon. Dinyatakan dari pihak Disnaker bahwa anjuran tersebut menuntut kepada pihak perusahaan agar sepakat mengakhiri hubungan kerja. Sesuai dengan peraturan yang ada yaitu peraturan pensiun karyawan swasta.

 

#5 Menerima Keputusan

Keputusan yang diberikan dari tergugat ternyata menolak adanya gugatan. Tergugat beralasan, tidak diberikannya pesangon karena pemberhentian karyawannya itu disebabkan oleh kesehatan yang semakin memburuk.

 

#6 Menerima Keadilan

Keadilan akan hadir setelah semuanya jelas dan telah diputuskan oleh hakim. Ternyata dari pihak perusahaan belum ada ketentuan yang mengatur tentang batasan usia pensiun pekerjaannya.

Baik itu yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB)  maupun dalam Peraturan Perusahaan.

Para Karyawan Jangan Hanya Andalkan Uang Pesangon PHK, Tetapi Juga Dana Darurat! - Finansialku 02

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

 

Persis yang telah tertera pada aturan perundang-undangan, yaitu pada pasal 15 ayat (1) dan ayat (4) tentang Penyelenggaraan Program Pensiun. Pasal ini menyatakan batasan usia pensiun normal yaitu usia 56 tahun atau batas maksimal berusia 59 tahun.

Sebab perusahaan belum ada ketentuan tersebut, maka dinyatakan bahwa tergugat harus memberikan dana pensiun PHK.

Serta hak-hak yang diterimanya terhitung atas dasar lamanya mereka bekerja dan gaji terakhir.

 

Bila kamu sedang mencari pekerjaan dan ingin memperbaharui CV.

Kamu bisa download template CV yang menarik di sini.

 

DOWNLOAD GRATIS Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 2 - Finansialku

1 Step 1
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

 

Hasil dari Gugatan Pensiun Tanpa Pesangon

Pengadilan memutuskan untuk mengabulkan gugatan dari penggugat.

Serta dinyatakan putusnya hubungan kerja terhadap perusahaan yang digugatnya.

Bersama dengan diberikannya hak-hak yang seharusnya ia terima dari hasil kerjanya.

Setelah mengetahui cara mengatasi pensiun tanpa pesangon dan mendapatkan hak Anda, dana tersebut bisa disimpan dalam tabungan sebagai dana darurat.

Jika keadaan keuangan Anda darurat, Anda bisa konsultasikan masalah keuangan Anda dengan Perencana Keuangan Finansialku melalui aplikasi Finansialku.

Download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Finansialku telah membahas mengenai apa yang harus Anda lakukan bila di PHK. Mari saksikan!

 

Siap meminta hak Anda? Sebarkan artikel ini pada sesama teman pekerja agar tidak ada lagi orang yang menerima perlakuan serupa, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Mei 2019. Pensiun Tanpa Pesangon, Isu Perburuhan yang Semakin Mengkhawatirkan Kaum Buruh di Indonesia. Koranperdjoeangan.com – https://bit.ly/2Fr7Lxd
  • Admin. Menggugat Agar Diizinkan Pensiun, Tanpa Disertakan Program Jaminan Hari Tua Maka Pekerja Berhak atas Pesangon Dua Kali Ketentuan. Hukum-hukum.com – https://bit.ly/2Rp1vJr
  • Admin. Mengenai Dana/Uang Pensiun. Gajimu.com – https://bit.ly/3bITYhB