Perawatan wajah merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting apalagi bagi wanita. Inilah 5 cara sederhana untuk merawat kulit wajah.

Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

5 Cara Perawatan Wajah Sederhana

Merawat wajah adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Kulit wajah merupakan bagian kulit tubuh yang sangat sensitif dan harus dirawat. Namun, banyak yang menganggap perawatan wajah rumit dan mahal.

Padahal perawatan wajah hanya membutuhkan beberapa barang esensial dan tidak perlu mahal, namun hanya perlu konsisten dan dilakukan dengan benar. Di bawah ini adalah 5 cara untuk merawat wajah yang sederhana dan harus Anda lakukan.

 

#1 Membersihkan Wajah

Cara pertama untuk merawat wajah adalah membersihkan wajah. Tergantung pada kondisi wajah Anda, sebaiknya Anda mencuci muka 2 kali sehari, pagi dan malam.

Wajah yang kotor dapat menjadi sumber masalah pada wajah. Mulai dari jerawat atau sebum yang tumbuh karena timbunan kotoran di kulit, hingga alergi akibat kulit wajah yang tidak dibersihkan.

6 Cara Perawatan Wajah Sederhana yang WAJIB Kamu Lakukan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Simple Menghilangkan Jerawat Batu di Wajah]

 

Membersihkan wajah juga berarti mengangkat seluruh makeup dan mencuci wajah dengan sabun wajah yang tepat. Pilih sabun wajah yang cocok dengan karakter kulit wajah.

Jangan pernah tidur dengan wajah yang penuh dengan makeup karena hal tersebut dapat membuat pori-pori wajah tersumbat dan jerawat akan muncul dengan mudah.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Cara Mengatur Keuangan yang Benar Untuk Ibu Rumah Tangga

Ebook Mommy and Money

Download E-book Sekarang

#2 Menggunakan rezim yang tepat

Bagi wanita Korea, rezim skincare atau perawatan wajah memiliki lebih dari 7 tahapan yang memang sangat rumit. Namun jika ingin disederhanakan, sebenarnya Anda hanya perlu membersihkan, menutrisi dan melembapkan.

Seperti yang telah dibahas di atas, membersihkan merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Selanjutnya adalah memberikan nutrisi dan melembapkan. Nutrisi harus diberikan sesuai dengan masalah kulit wajah Anda.

6 Cara Perawatan Wajah S6 Cara Perawatan Wajah Sederhana yang WAJIB Kamu Lakukan! 03 - Finansialkuederhana yang WAJIB Kamu Lakukan! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Produk Skin Care Korea yang Bikin Wajah Bersinar]

 

Apabila kulit wajah Anda kering, maka Anda dapat menggunakan nutrisi yang melembapkan. Apabila wajah Anda kusam, Anda dapat mencari nutrisi yang mencerahkan.

Nutrisi yang telah diberikan pada wajah, kemudian ‘dikunci’ dengan pemberian pelembap. Pelembap pun harus dipilih sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Jika kulit Anda kering, Anda dapat menggunakan pelembap yang memiliki tekstur lebih kental, dan sebaliknya, wajah normal dan wajah berminyak dapat menggunakan tekstur pelembap yang lebih ringan.

 

#3 Masker adalah hal yang esensial

Tubuh Anda membutuhkan vitamin sebagai nutrisi tambahan, begitu pula wajah Anda. Vitamin untuk wajah dapat ditemukan pada masker. Masker terkenal dan menjadi hal yang krusial dalam perawatan wajah karena masker dapat membantu wajah untuk mendapatkan nutrisi yang tepat.

Banyak jenis masker yang dijual di pasaran, ada yang melembapkan, mencerahkan, melembutkan, mengangkat kulit mati dan lain sebagainya. Gunakan masker sesuai dengan kebutuhan wajah Anda.

Selain itu, jangan gunakan masker Anda semalaman jika tidak disebutkan pada instruksi pemakaian. Gunakan masker pada wajah sesuai dengan waktu yang disarankan.

Selain itu, terlalu sering menggunakan masker juga tidak disarankan. Gunakan masker 5 hari atau 1 minggu sekali. Dengan cara ini, hasil yang Anda dapat akan lebih maksimal.

Anda tidak perlu membersihkan sisa cairan masker pada wajah. Namun jika terasa terlalu basah atau lengket, Anda dapat menggunakan tisu dan menepuk ringan wajah Anda.

 

Sebenernya beli skin care itu worth it ga sih? Simak jawabannya pada video ini!

 

#4 Jangan lupakan sun protection

Radiasi ultraviolet A dan ultraviolet B dari sinar matahari dipercaya dapat membuat wajah keriput dan menimbulkan spot atau melisma pada wajah. Masalah pada wajah ini banyak yang permanen dan tidak dapat hilang.

Selain itu, radiasi sinar ultraviolet dapat membahayakan karena paparan yang terlalu kuat dan lama dapat menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, sun protection merupakan salah satu rezim perawatan kulit yang tidak boleh terlupakan.

Sun protection yang sebaiknya digunakan harus dilengkapi dengan SPF dan PA. Sun protection sendiri dijual dalam bentuk yang beragam, ada yang dalam bentuk krim, cairan hingga bubuk.

Sun protection pun ada yang langsung disertakan pada kosmetik wajah atau bahan perawatan wajah seperti pelembap. Selalu ingat untuk mengaplikasikan sun protection baik pada cuaca mendung ataupun terik.

 

#5 Selalu bersihkan kuas dan spons make up

Tanpa Anda sadari peralatan makeup Anda merupakan sarang debu dan kotoran. Cobalah Anda diamkan kuas makeup Anda di tempat terbuka, pasti Anda dapat melihat tumpukan debu yang bersarang pada kuas tersebut.

Belum lagi kotoran seperti jamur yang tumbuh pada spons makeup yang jarang dibersihkan. Seluruh kotoran tersebut dapat menimbulkan masalah serius pada wajah.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan kuas dan spons make up minimal 2 minggu sekali. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan sabun lembut seperti sabun bayi yang dicampur dalam air hangat.

Kemudian, cuci kuas dan spons Anda hingga sisa makeup dan kotoran terangkat. Anda dapat melihat air yang menjadi keruh. Selain sabun bayi, Anda pun dapat menggunakan minyak kelapa dan air hangat, namun ingat untuk membilas kuas dan spons Anda dengan air bersih.

Keringkan kuas dan spons dengan cara dianginkan. Hal yang perlu diingat ketika mencuci kuas adalah jangan mencelupkan bagian metal ke dalam air karena dapat merusak kuas dan membuat bulu kuas menjadi mudah lepas.

 

Perawatan Wajah Itu Penting Lho!

Setelah membaca 5 cara perawatan ini, bagian mana yang telah Anda lakukan? 
Selain melakukan perawatan wajah dengan benar, penting juga bagi Anda untuk melakukannya dengan rutin yaa..

Belum punya semua produk simpel dalam perawatan wajah? Mau beli produknya tapi ga punya dana?

Semuanya pasti mampu Anda beli, asal kamu gunakan aplikasi Finansialku. Download sekarang juga!

playstore icon
appstore icon

 

Demikian 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit wajah. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom komentar bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 1 Oktober 2018. Cara Merawat Wajah Yang Baik Ini Wajib Anda Lakukan Setiap Hari. Thebodyshop.co.id – https://bit.ly/3bLtlYi

 

Sumber Gambar:

  • Perawatan 01 – https://bit.ly/35ithxl
  • Perawatan 02 – https://bit.ly/3bTOwb6
  • Perawatan 03 – https://bit.ly/3fdw53k