Yakin mau cepat-cepat menikah dengan sang pujaan hati? Sebelum merealisasikan pernikahanmu, lebih baik diskusikan 8 hal ini dulu, deh!

Jangan lupa untuk saksikan video-video menarik lainnya hanya di kanal youtube resmi Finansialku, ya!

 

 

Terima kasih untuk kamu yang sudah dukung Finansialku untuk terus berkembang dengan cara subscribe kanal youtube kami, ya! Untuk kamu yang belum subscribe, tunggu apa lagi? Subscribe sekarang, yuk!

 

 

 

Diskusikan 8 Hal Ini Sebelum Kamu Menikah!

Sebelum menikah dengan pasangan kamu, banyak sekali yang harus kamu diskusikan, utamanya menyangkut masalah finansial.

Meski terdengar sepele, sebenarnya masalah finansial mengambil peran yang cukup penting dalam menentukan kesehatan kehidupan pernikahanmu, lho!

Lalu, apa saja, sih, yang perlu kamu diskusikan dengan pasangan kamu sebelum menikah? Berikut rangkumannya untuk kamu!

banner -mengapa perlu merencanakan dana pernikahan (1)

#1 Sebelum Menikah, Diskusikan Kesehatan Keuangan dan Cash Flow

Sebelum menikah, jangan lupa untuk diskusikan jumlah pemasukan dan pengeluaran masing-masing, ya! Meski terdengar simpel, hal ini nyatanya sangat sulit untuk diutarakan bagi beberapa pasangan, lho.

Karena, biasanya akan timbul ketimpangan di antara kamu dan pasanganmu akibat adanya perbedaan jumlah pemasukan atau penghasilan masing-masing.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa buat financial check up dan report melalui aplikasi Finansialku, lho!

Dari sana, kamu akan mendapatkan data terlengkap mengenai kondisi keuangan masing-masing. Dengan ini, proses diskusi akan jauh lebih menyenangkan!

 

#2 Utang dan Cicilan

Sama dengan poin pertama. Topik ini bukanlah sesuatu yang menyenangkan untuk didiskusikan secara langsung. Tapi bukan juga jadi hal yang kamu khawatirkan secara berlebihan.

Gunakan fasilitas financial report dari aplikasi Finansialku saja!

 

#3 Asuransi yang Sudah Dimiliki

Kamu bisa diskusikan soal asuransi apa yang sudah dibeli oleh masing-masing pasangan atau asuransi apa yang akan kalian beli setelah menikah nanti.

 

#4 Tempat Tinggal Setelah Pernikahan Dilaksanakan

Jangan lupakan masalah ini. Sepakati dulu apakah kalian akan menempati rumah sendiri, menyewa rumah, atau tinggal di ‘Perumahan Mertua Indah’?

 

#5 Harta Bersama atau Pisah Harta?

Enggak sedikit pasangan yang menandatangani perjanjian pisah harta untuk beberapa alasan. Nah, kamu dan pasanganmu juga jangan lupa untuk sepakati hal ini di muka, ya!

 

#6 Dana Pernikahan

Kalian harus sepakati mau seperti apa jenis resepsi impian kamu dan pasanganmu, mau berapa jumlah anggaran yang akan kalian keluarkan untuk resepsi pernikahan kalian nanti.

 

#7 Mau Punya Keturunan Berapa dan Kapan?

Hal ini akan menjadi hal yang paling penting untuk mengetahui prinsipmu dan pasanganmu. Jangan sampai karena slek satu hal saja, nasib pernikahanmu berada di ujung tanduk, ya!

 

#8 Tanggungan Utang Orang Tua (Sandwich Generation)

Ini juga nggak kalah penting, nih! Sebelum terlanjur, lebih baik kamu tanyakan sejak awal, apakah masing-masing di antara kalian memiliki kewajiban untuk membiayai atau melunasi utang orang tua.

Jangan sampai hal ini jadi masalah setelah kalian menikah nantinya.

 

 

Saksikan tips, trik, dan video menarik lainnya hanya di kanal youtube resmi Finansialku. Untuk dapatkan notifikasi video terbaru dari kami, kamu bisa tekan ikon lonceng yang ada di samping tombol subscribe, ya!