Perencanaan keuangan keluarga dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis rencana yaitu rencana jangka pendek, rencana jangka menengah dan rencana jangka panjang. Finansialku.com akan membahas ketiganya.

 

Rencana Keuangan

Rencana keuangan atau financial goals boleh dibilang sebagai suatu yang ingin Anda capai dan diukur dalam keuangan. Rencana keuangan sebaiknya dibuat dengan SMARTER (specific, measurable, attainable, realistic, evaluate dan revise).

Membuat Tujuan Keuangan dengan SMARTER Finansialku

Selengkapnya mengenai rencana keuangan yang smarter dapat dibaca di:

Membuat Tujuan Keuangan dengan SMARTER

Buat Rencana Keuangan dengan SMARTER

 

Tiga Jenis Perencanaan Keuangan Keluarga

Seperti yang tertulis di atas, perencanaan keuangan keluarga dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu rencana keuangan jangka pendek, rencana keuangan jangka menengah dan rencana jangka panjang. Dalam membuat perencanaan keuangan sangat penting untuk mempertimbangkan horizon waktu (time horizon). Berdasarkan time horizon, rencana keuangan dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:

banner_cara_mengelola_keuangan_keluarga_dengan_tepat_dan_benar (1)

 

Rencana Keuangan Jangka Pendek

Rencana keuangan jangka pendek adalah rencana keuangan yang harus dipenuhi dalam waktu kurang dari 1 tahun. Contoh rencana keuangan jangka pendek adalah perencanaan dana darurat, rencana untuk membeli barang elektronik dan lainnya.

 

Rencana Keuangan Jangka Menengah

Rencana Keuangan Jangka Menengah adalah rencana keuangan yang harus dipenuhi dalam waktu antara 1 – 3 tahun. Contoh rencana keuangan jangka menengah adalah dana perjalanan ke luar negeri, dana perjalanan ibadah, membeli kendaraan dan lainnya.

 

Rencana Keuangan Jangka Panjang

Rencana Keuangan Jangka Panjang adalah rencana keuangan yang harus dipenuhi dalam waktu lebih dari 5 tahun. Contoh rencana keuangan jangka panjang adalah dana hari tua (rencana pensiun), dana pendidikan anak dan lainnya.

 

Gambar berikut memperlihatkan life journey orang pada umumnya. Nah untuk membantu Anda menentukan rencana keuangan Anda, lakukan hal berikut:

  1. List tujuan-tujuan keuangan, misal saat ini umur saya 25 tahun, dan rencana pensiun 55, maka waktu untuk memenuhinya 55-25 = 30 tahun.
  2. Formulasikan atau tuliskan tujuan-tujuan keuangan pada gambar di bawah ini. Lakukan dengan SMARTER.

Umur dan Perencanaan Keuangan - Ibu Rumah Tangga Harus Mengenal Perencanaan Keuangan Finansialku

 

Rencana Keuangan dan Investasi

Beberapa orang sering mengatakan investasi sama seperti dengan saham, reksadana. Apakah ada produk-produk investasi lainnya? Pada dasarnya ada beberapa jenis investasi yaitu investasi di portofolio (produk finansial), investasi di pasar uang, investasi pada real asset (logam mulia, rumah, tanah dan lainnya). Apakah ada kaitan antara pemilihan produk keuangan dengan tujuan-tujuan investasi?

 portfolio-diversification-diversifikasi-portofolio-finansialku

Jenis investasi tentunya berbeda-beda untuk masing-masing rencana keuangan. Misal rencana keuangan jangka pendek seringkali dipenuhi dengan investasi yang memiliki tingkat risiko rendah dan instrument keuangan yang aman. Contoh produk investasi untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek adalah tabungan, deposito, reksadana pasar uang dan lainnya.

Rencana keuangan jangka menengah dapat dipenuhi dengan produk-produk investasi yang lebih agresif, seperti reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, logam mulia dan lainnya.Rencana keuangan yang panjang dapat dipenuhi dengan produk-produk investasi yang agresif, seperti reksadana saham, saham dan lainnya.

Disclaimer: tulisan di atas tidak berfungsi sebagai saran investasi. Anda sebaiknya konsultasi dengan perencana keuangan atau ahli di bidang perencanaan keuangan.

 

Kesimpulan

Perencanaaan keuangan keluarga dapat dibedakan menjadi tiga berdasarkan time horizonnya yaitu rencana keuangan jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Strategi investasi juga berbeda-beda untuk time horizon yang berbeda.

 

 

Finansialku.com akan sangat berterima kasih jika para pembaca mau berdiskusi mengenai perencanaan keuangan keluarga. Hubungi Finansialku untuk berdiskusi dan membuat janji mengenai perencanaan keuangan keluarga.

Hubungi Finansialku