Lebaran telah berlalu, saatnya kita balik ke kota asli dan mulai menjalani hari-hari baru. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan mengenai perencanaan keuangan. Beberapa kasus yang sering terjadi adalah perencanaan keuangan buat teman-teman yang terkena “penyakit” kantong kering? Berikut ini Finansialku akan berbagi tips perencanaan keuangan pasca lebaran setelah libur lebaran.

libur-lebaran Perencanaan Keuangan

 

4 Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

4 hal mengenai penduan atau guideline perencanaan keuangan setelah lebaran.

Cek Saldo Tabungan dan Kas

Setelah beres libur Lebaran, coba kita cek kembali apakah pengeluaran-pengeluaran kita sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Pelajari pos-pos mana yang pengeluarannya lebih besar dibandingkan dengan yang dianggarkan. Melihat anggaran yang telah dibuat dan realisasi dapat melihat tipe kita, apakah kita termasuk orang yang taat dengan apa yang kita buat (strict) atau kita orang yang memiliki toleransi lebih. 

Kantong Kering

Kantong kering, sering terjadi sehabis kita berlibur. Bagaimana solusinya jika mengalami kantong kering? Apalagi ini baru tengah bulan. Coba ketatkan ikat pinggang dan mulai berhemat. Beli barang-barang yang diperlukan dan tidak boros.  Coba kita lihat sumber-sumber dana yang dapat digunakan: kartu kredit (gunakan seperlunya dan gunakan dengan pandai), dana darurat dan simpanan. 

Meningkatkan Pendapatan

Sebisa mungkin tingkatkan pendapatan dengan cara yang bisa dilakukan. Contohnya jualan online atau mengambil pekerjaan-pekerjaan freelance

Pelajari yang Terjadi

Dari pengalaman yang telah terjadi tidak perlu disesali. Ambil pelajaran yang berharga dari libur Lebaran kemarin. Tulis atau catat pengalaman apa yang baik dan buruk. Gunakan untuk bahan pelajaran di tahun-tahun yang akan datang.

 

Setelah libur Lebaran yang menyenangkan di kampung halaman, kita kembali ke rutinitas kita (bekerja atau bersekolah). Banyak hal yang terjadi dari libur Lebaran kemarin mulai dari sisi kehangatan keluarga, kebahagian berkumpul bersama sanak saudara, teman dan tentu saja pelajaran mengenai keuangan. Semoga artikel ringan ini dapat menjadi guideline atau panduan dalam mempersiapkan perencanaan keuangan setelah libur Lebaran. Jangan lupa baca juga artikel-artikel Finansialku.

 

finansialkuCara Kaya ala Warren Buffet
finansialkuSiapkah Anda Bisnis Saham for Living Episode 1