Banyak orang memiliki masalah dengan keuangan pribadinya dari dulu hingga sekarang. Perencanaan keuangan pribadi mulai banyak dibicarakan terlebih saat para perencana keuangan independen di Indonesia mulai gencar melakukan edukasi keuangan pribadi.

Finansialku akan membahas mengenai cara melakukan perencanaan keuangan pribadi yang dapat dilakukan sendiri.

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Tahap Awal Perencanaan Keuangan Pribadi

Apakah perencanaan keuangan dapat diurus oleh diri sendiri? Perencanaan keuangan pribadi dapat dilakukan oleh masing-masing pribadi, karena semua orang pasti berurusan dengan keuangan pribadi.

Bahkan seorang anak kecil juga berurusan dengan uang sakunya, beramal, menabung untuk membeli mainannya, dan lain-lain.

Semakin bertambah usia hal-hal keuangan menjadi lebih kompleks, seperti utang, investasi, asuransi dan lain-lain.

Cara merencanakan keuangan pribadi adalah dengan melakukan pembagian dan perencanaan tujuan-tujuan keuangan dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

Biasanya jangka pendek adalah tujuan-tujuan keuangan di bawah 1 tahun, rencana jangka menengah sekitar 1-5 tahun dan jangka panjang adalah 5 tahun ke atas.

Ada baiknya mulai melakukan perencanaan keuangan untuk jangka pendek, mulai dari pengaturan arus kas, mengatur uang yang masuk (pendapatan) dan uang yang keluar, pengaturan utang, pengaturan dana darurat, asuransi, dan terakhir masuk ke rencana jangka menengah dan panjang.

Dalam artikel ini, Finansialku akan fokus pada kebutuhan jangka pendek dan bagaimana cara mengaturnya.

 

#1 Mengatur Arus Kas

Mengatur arus kas adalah pekerjaan yang mudah diucapkan tetapi susah di jalankan. Hal ini disebabkan karena ada faktor-faktor psikologis dari masing-masing pribadi.

Contohnya, kita membuat sebuah anggaran untuk membeli baju setiap bulannya maksimum 500.000, tetapi suatu hari ada diskon besar-besaran dan akhirnya Kita memborong hingga lebih dari 500.000.

Solusi mengatur arus kas adalah: mulai membuat anggaran bulanan, mencatat pengeluaran dan pemasukan harian dan berusaha untuk taat terhadap anggaran yang sudah dibuat.

Semua kegiatan ini bisa dilakukan secara langsung dan cepat melalui satu aplikasi saja, yaitu aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau pun Apple Apps Store.

Dengan begitu, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengatur arus kas keuangan pribadi, karena kini sudah ada solusi untuk permasalahannya.

 

#2 Mengatur Utang

Mengatur utang di sini adalah membuat rencana perlunasan utang, jumlah utang baru dan strategi pendanaan atau pembayaran utang. Pembayaran utang adalah hal yang cukup repot, terutama jika ada beberapa utang.

Solusinya mulai buat list utang-utang yang ada,  kelompokan utang untuk kebutuhan pribadi (utang konsumtif) dan utang produktif (utang yang digunakan untuk membuat aset yang dapat bekerja). Fokus perbaiki utang konsumtif setelah itu baru masuk ke perbaikan utang produktif.

 

#3 Mengatur Dana Darurat

Seperti yang dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya, dana darurat adalah dana yang harus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang darurat (urgent). Selengkapnya dapat dibaca di:

salah-saya-jika-terkena-penipuan-berkedok-penggandaan-uang-gaib-finansialku

[Baca juga :  Cara Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Baik]

 

#4 Mengatur Asuransi

Asuransi adalah sebuah kebutuhan yang mendasar bagi sebagian orang, terutama asuransi kesehatan.

Hal ini disebabkan karena kenaikan harga kesehatan (biaya berobat). Oleh sebab itu seseorang ada baiknya memiliki asuransi kesehatan yang cukup atau sesuai dengan kebutuhan. Selengkapnya dapat didengarkan di audiobook dari Finansialku di bawah ini sekarang:

banner -cara memilih dan alasan penting asuransi kesehatan

 

Mulai Lakukan Perencanaan Keuangan Pribadi Dari Sekarang

Setelah membaca artikel tentang perencanaan keuangan pribadi ini, ada baiknya kalau kamu mulai mempraktekannya sekarang juga, karena rasanya akan percuma kalau kamu tidak mulai melakukannya dari sekarang.

Kalau kamu belum yakin untuk melakukannya sendiri dan masih butuh bimbingan, kamu bisa menghubungi langsung para perencana keuangan dari Finansialku yang bisa kamu hubungi dengan mudah lewat aplikasi Finansialku.

Dari sana, mereka akan membantumu secara maksimal untuk mengatur keuangan dengan benar sampai kamu benar-benar mahir mengatur keuanganmu sendiri.

 

 

Apakah kamu punya pertanyaan lainnya terkait topik ini? Kalau ada, kamu bisa menuliskannya lewat kolom komentar di bawah ini sekarang.

Jangan lupa untuk bagikan juga informasi dari Finansialku ini lewat pilihan platform yang tersedia di bawah kepada teman-teman dan keluargamu, ya. Terima kasih!