Apakah perhiasan emas bisa dijadikan untuk investasi? Kali ini Finansialku akan membahas mengenai perhiasan emas yang dianggap sebagai alat investasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perhiasan Emas dan Investasi

Perhiasan emas (gold jewelry) adalah barang yang dianggap dapat meningkatkan prestise dan tentu saja meningkatkan penampilan. Kaum hawa pastinya gemar mengoleksi perhiasan emas, mulai dari anting, cincin dan lainnya. Selain sebagai perhiasan, kebanyak orang menggangap perhiasan emas adalah salah satu jenis investasi. Menurut Anda apakah emas perhiasan bisa dikategorikan sebagai produk investasi?

Perhiasan Emas Apakah Bisa Dijadikan untuk Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Mungkin, Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak?]

 

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita kenali terlebih dahulu definisi investasi.

 

Investasi adalah

Berikut ini definisi investasi (investment) menurut Investopedia:

Investasi artinya membeli sebuah asset yang diharapkan dapat menghasilkan pemasukan (cash in-flow) secara periodik atau kenaikan nilai (apresiasi) di waktu yang akan datang.

 

Nah berdasarkan definisi tersebut mari kita analisis:

  1. Apakah perhiasan emas menghasilkan pemasukan per bulan?
  2. Apakah perhiasan emas dapat mengalami kenaikan harga di masa yang akan datang?

Jawaban pertanyaan di atas:

  1. Perhiasan emas tidak menghasilkan pemasukan per bulan. Kecuali Anda menyewakan perhiasan emas untuk kebutuhan salon, bridal dan aksesoris pernikahan.
  2. Perhiasan emas diharapkan akan mengalami kenaikan harga. Tetapi tidak ada yang tahu apakah akan naik atau turun.

 

Mengenal Perhiasan Emas

Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membuat perhiasan emas, mulai dari industri kelas besar sampai dengan pengrajin tradisional. Pernahkah Anda melihat cara pembuatan cincin emas berlian?

 

Apa tanggapan Anda setelah melihat video di atas? Anda sudah terbayang bagaimana cara membuat cincin emas? Teknik di atas dikenal dengan teknik pengecoran (casting). Ternyata proses pembuatan cincin emas tidak semudah yang kita pikirkan ya? Para pengrajin emas biasanya mengenakan biaya atau ongkos pembuatan. Ada produsen yang mengenakan angka tetap, misal biaya pembuatan Rp 60.000 per gram atau persentase dari harga emas.

 

Karat dan Harga Produksi

Seperti yang tampak di video di atas, cincin terbuat dari gabungan antara emas murni (yang sudah dicairkan) dengan perak (yang sudah dicairkan). Tentu saja namanya logam dilebur, tentu kadar karat emas akan berkurang. Kadar emas adalah salah satu yang mempengaruhi harga jual. Bagaimana cara menghitung harga perhiasan emas?

[Baca Juga: Sebelum Anda Memulai Investasi Logam Mulia Antam]

 

Contoh sebuah cincin 4 gram 14 karat dengan hiasan batu ruby 3 karat di atasnya. Jika harga logam mulia Antam hari ini adalah Rp 550.000 per gram. Maka harga perhiasan emas tersebut adalah:

 

Harga cincin emas
= (Rp 550.000 x 58,50%) x 4 gram
= Rp 1.287.000
*informasi emas 14 karat memiliki kadar emas 58,50%

 

Harga batu Ruby 3 karat
= (Rp 200.000 x 3)
= Rp 600.000

 

Ongkos pembuatan cincin
= Rp 200.000

 

Total harga = Rp 1.287.000 + Rp 600.000 + Rp 200.000 = Rp 2.087.000

 

Fashion dan Seni (Art)

Selain harga produksi, perhiasan emas juga mengandung nilai fashion dan seni (art). Tidak semua orang mampu menilai atau menaksir sebuah karya seni. Tahukah Anda cincin emas dengan hiasan ruby seperti di atas, bisa dijual 5 kali lipat lebih mahal jika dibuat oleh pengrajin terkenal?

 

Kondisi Perhiasan yang Anda Miliki

Ternyata toko emas juga melihat kondisi perhiasan yang Anda miliki. Biasanya ibu-ibu sebelum menjual kembali emasnya, mereka mempoles atau memberihkan perhiasannya. Tujuannya agar perhiasan emas dapat terlihat lebih bagus dan dapat dijual lebih mahal.

5 Cara Investasi Logam Mulia Antam - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Investasi Logam Mulia Antam]

 

Kondisi Stock di Toko Emas

Selain faktor-faktor di atas, harga perhiasan emas sedikit banyak dipengaruhi kondisi stok di toko emas. Ada toko emas yang berani menghargai 2%-3% lebih mahal dibanding toko emas lain, karena kehabisan stok. Ujung-ujungnya kembali ke hukup penawaran dan permintaan (supply and demand law).

 

Kesimpulannya

Jadi apakah perhiasan emas masih dapat dikategorikan sebagai investasi? Jawabannya perhiasan emas lebih cocok dikategorikan sebagai koleksi seni. Memang ada potensi kenaikan harga, tetapi kurang cocok dikategorikan baran investasi.

 

Apakah Anda pernah mendapatkan keuntungan atau kenaikan harga pada saat menjual perhiasan emas?

 

Sumber Gambar:

  • Gold Jewelry – http://goo.gl/MqbCzY

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang