Untuk menjadi sukses, ada pertanyaan-pertanyaan orang sukses yang biasanya mereka tanyakan pada diri sendiri setiap harinya.

Mereka paham bahwa untuk mencapai puncak, mereka harus menilai hidup mereka secara rutin.

Hanya dengan bertanya diri sendiri setiap harilah, pada akhirnya mereka bisa mengetahui sejauh mana mereka sudah berjalan, sudah menjadi seperti apa mereka, apa yang mereka ingin capai, dan apakah tindakan mereka mendukung tercapainya tujuan hidup atau tidak.

Apa saja yang mereka tanyakan pada diri sendiri tiap hari? Simak dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

7 Pertanyaan Orang Sukses Menuju Hidup yang Maksimal

Perancang situs Millionaire Mommy Next Door, Jen Smith, mengatakan bahwa orang memiliki target terlalu umum dan tak masuk akal, misalnya, “saya ingin kaya raya”. Di mata Jen, target tersebut terlalu kabur.

Dia pun menyarankan semua orang agar mulai memikirkan target spesifik dan masuk akal. Jen memberi contoh, “Saya ingin punya investasi US$2 juta sehingga bisa hidup hanya dari imbal hasilnya. Setelah itu, saya akan keluar kerja dan melakukan banyak hal, seperti jadi sukarelawan, bepergian, belajar tenis, dan melukis, juga piknik di pantai bersama keluarga.”

Bahkan, target tersebut sudah bisa diraih Smith sebelum ia punya keluarga. Ia sengaja memajang foto tujuan wisata di tempat yang bisa dilihat setiap hari untuk menjadi motivasi.

Memiliki target yang spesifik dan masuk akal bisa membuat Anda semakin mendekatkan dengan tujuan keuangan Anda. Anda juga perlu mengetahui 7 pertanyaan yang dapat membantu Anda untuk menuju hidup yang maksimal.  

 

#1 Apa yang ingin saya selesaikan hari ini?

Banyak dari kita memiliki gaya hidup “bangun, kerja, tidur”. Motivasinya hanyalah mengerjakan rutinitas hari itu, dan setelah itu kembali beristirahat. Orang sukses tidak demikian.

Mereka menghargai “pagi” mereka, dan menggunakannya untuk menetapkan mood dan motivasi untuk hari itu.

7 Pertanyaan Orang Sukses yang Ditanyakan Pada Diri Tiap Hari 02

[Baca Juga: BONGKAR 7 Cara Sederhana Untuk Tingkatkan Mindset Sukses]

 

Mereka bangun, mengevaluasi diri, melihat hidup, mengingatkan diri akan tujuan hidupnya yang utama, dan menetapkan tujuan untuk ia selesaikan/capai hari itu. Mereka fokus mengerjakan hal-hal yang ingin mereka selesaikan/capai sebelum matahari terbenam.

 

#2 Berapa waktu yang diperlukan untuk mengerjakan satu pekerjaan?

Manajemen waktu adalah salah satu faktor penentu keberhasilan. Sayangnya, banyak dari kita lemah di bidang ini. Kita semua memiliki waktu 24 jam sehari.

Nah, yang membedakan orang bermental sukses dan yang tidak adalah ada yang mereka lakukan dalam waktu 24 jam tersebut dan bagaimana mengaturnya.

Orang bermental sukses biasanya menetapkan prioritas untuk setiap tanggung jawabnya, bukannya bekerja tanpa rencana kerja. First thing first!

 

#3 Apakah yang saya lakukan mendukung tercapainya tujuan saya?

Perbuatan bersuara lebih lantang daripada perkataan. Apakah kita akan mencapai tujuan atau tidak, itu semua ditentukan oleh perbuatan yang kita lakukan.

Orang yang bermental sukses biasanya akan berhenti sejenak untuk bertanya pada dirinya sendiri, apakah hal yang mereka lakukan itu berkontribusi pada pemenuhan tujuan besarnya atau tidak.

Bahkan, mereka akan mengabaikan hal-hal yang sekiranya tidak ada kaitannya dengan tujuan hidup mereka yang utama.

 

#4 Kebiasaan buruk apa yang bisa saya hindari?

Semua orang memiliki kebiasaan buruk. Yang membedakan adalah cara kita menyikapinya. Banyak orang sadar bahwa kebiasaannya itu buruk, namun karena hal itu memberinya rasa puas, mereka terus melakukannya.

Orang yang bermental sukses tidak demikian. Mereka sadar betul bahwa kebiasaan buruk memiliki efek yang sangat merusak, dan karena itu mereka menghindarinya.

Mereka terus mengingatkan diri akan kebiasaan buruknya ini dan berusaha selama mungkin tidak melakukannya sampai pada akhirnya kebiasaan buruk itu tidak lagi menjadi kebiasaan.

 

#5 Kesalahan apa yang bisa saya pelajari?

Tidak ada orang yang tidak pernah membuat kesalahan. Sayangnya ada juga orang yang terus melakukan kesalahan yang sama sambil mengharapkan hasil yang berbeda. Orang yang berhasil tidak demikian.

Mereka tidak hanya akan belajar dari kesalahan mereka, tapi juga kesalahan orang lain. Mereka akan selalu mengingatkan diri mereka akan kesalahan-kesalahan itu dan pelajaran apa yang mereka dapatkan darinya.

 

#6 Apakah saya masih berada pada jalur yang benar?

Banyaknya hal atau masalah yang kita alami dalam hidup mungkin menghalangi mata kita untuk dapat melihat dengan jelas jalan hidup yang kita ambil.

Sebab itu, kita perlu melakukan evaluasi diri secara rutin, agar kita segera tahu dan berbalik arah apabila ternyata kita sudah berada jauh dari jalur yang seharusnya kita tempuh.

 

#7 Seberapa besar saya berani berkorban?

Dalam perjalanan menuju keberhasilan, kita akan dihadapkan pada banyak keputusan yang harus diambil. Keputusan-keputusan ini kemudian menempatkan kita di sebuah situasi di mana kita harus memilih satu dari dua atau lebih pilihan.

Kebanyakan orang akan memilih pilihan yang mudah. Namun orang yang bermental sukses tidak akan segan memilih pilihan.

 

Kini Anda tahu apa yang bisa Anda tanyakan pada diri Anda setiap harinya untuk menjadi sukses. Apa tanggapan Anda?

Banyak rekan-rekan Anda yang mungkin membutuhkan artikel ini. Anda bisa membagikannya pada mereka sebagai teman yang baik.

 

Sumber Referensi:

  • Budi Safa’at. 2015. 99 Perbedaan Cara Mengelola Uang Miliarder vs Orang Biasa. Jakarta: Grasindo.
  • Parsaoran Sirait. 2015. 99 Perbedaan Kebiasaan Miliarder vs Orang Biasa. Jakarta: Grasindo.
  • Candra Chahyadi. 2015. Revolusi Uang Perubahan Radikal Mindset dan Cara Mengelola Uang. Bandung: PT Visi Anugerah Indonesia
  • Stella Azasya. 10 Mei 2017. Jawab 8 Pertanyaan Ini untuk Tahu Apa Kamu Akan Jadi Orang Sukses. Idntimes.com – http://bit.ly/2v90xsO
  • Sekar Jatiningrum. 24 September 2018. Cuma Orang Berhasil yang Menanyakan 9 Pertanyaan Ini ke Diri Sendiri. Idntimes.com – http://bit.ly/369yUMV
  • Marsya Nabila. 17 Februari 2017. Empat Pertanyaan Mengenai Kesuksesan yang Harus Dijawab Founder Startup. Dailysocial.id – http://bit.ly/2NJjskr

 

Sumber Gambar:

  • Pertanyaan Sukses 01 – http://bit.ly/2NMCaaR
  • Pertanyaan Sukses 02 – http://bit.ly/37eujdQ