Pilih Mana DP Rumah atau Pesta Pernikahan Mewah? [Polling]

Teman-teman pembaca lebih pilih mana, DP Rumah atau Pesta Pernikahan Mewah? Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan membahas pertanyaan klasik pilih DP Rumah atau Pesta Pernikahan Mewah.

 

Artikel ini Dipersembahan Oleh

DuitPintar

 

DP Rumah atau Pesta Pernikahan Mewah ?

Jika dana yang Anda miliki saat ini terbatas, mana yang Anda pilih: DP Rumah atau Pesta Pernikahan Mewah? Silahkan isi polling berikut ini ya:

Jika Anda memiliki dana terbatas, manakah yang Anda pilih?

 

Kalau Anda mikir jawabannya masih lebih dari 5 detik, berarti Anda masih ragu-ragu atau galau. Kalau Anda bisa menjawab dengan cepat, selamat Anda sudah memiliki rencana yang jelas. Kondisi idealnya sih, bisa DP Rumah dan tetap mengadakan pesta pernikahan (walupun mewah). Menurut teman-teman apa tujuan seseorang mengadakan pesta pernikahan yang mewah? Atau orang tua mengadakan pesta pernikahan yang mewah?

Pilih Mana DP Rumah atau Pesta Pernikahan Mewah - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kalau Ga Mau Dikatain Makan Tu Gengsi, Hindari 9 Hal Berikut Ini]

 

Supaya Anda tidak ragu, coba pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

 

#1 Siapkan Diri :  Jasmani, Rohani dan Keuangan

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah jasmani, rohani dan faktor keuangan (finansial). Saat ini untuk menyelenggarakan pernikahan (terlebih pesta mewah) tidak hanya butuh cinta saja, tetapi juga butuh uang. Buat teman-teman yang masih galau dan bingung, sebaiknya buat daftar yang membandingkan untung ruginya jika pesta pernikahan mewah dan untung ruginya jika DP Rumah. Tentukan prioritas berdasarkan daftar yang Anda buat.

Mindset yang salah mengenai pesta pernikahan mewah:

  1. Orang yang mengadakan pesta pernikahan mewah pasti orang kaya. Pernyataan itu belum tentu benar, karena ada saja orang yang utang untuk pesta pernikahan mewah, biar KELIHATAN kaya, hebat, kerena dan mendapat PENGAKUAN.
  2. Jangan pernah berpikir Pesta Pernikahan sebagai ladang bisnis, berharap dapat uang sumbangan lebih besar daripada biaya pernikahan.
  3. Pernikahan yang berkesan harus ada pesta pernikahan mewah. Beberapa orang mengatakan pernikahan adalah awalnya, masih banyak jalan yang harus ditempuh didepan.

 

Idea Solusi Finansialku - Perencana Keuangan Independen FinansialkuTips : Jangan menghancurkan kondisi keuangan Anda di saat Anda memulainya.

 

#2 Pertimbangkan dengan Lebih Serius

Jika Anda memang bisa membeli rumah dan mengadakan pesta pernikahan mewah tanpa mengganggu kondisi keuangan, Anda boleh menjalankan keduanya. Jika saat ini dana Anda masih terbatas, pikirkan dengan lebih serius mana yang lebih prioritas. Banyak lho kasus di Indonesia: pasangan yang harus menanggung utang setelah pesta nikah mewah. Utang untuk mengadakan pesta mewah termasuk utang yang konsumtif ya dan sebaiknya Anda hindari.

[Baca Juga : Membuat Prioritas Tujuan Keuangan]

 

#3 Apa Ga Sayang, Menunda Beli Properti?

Keputusan tempat tinggal setelah menikah, adalah keputusan yang penting dan harus didiskusikan oleh kedua calon mempelai. Jika kondisi keuangan memang memungkinkan, sebaiknya mulailah DP rumah.

[Baca Juga: Kerja 5 Tahun Bisa Beli Rumah, Asal Tahu Caranya]

 

Sebelum Pesta Pernikahan Mewah, Cek Kesiapan Finansial Anda dan Pasangan

Selain mempersiapkan lahir dan batin, sebelum menikah seseorang juga perlu mempersiapkan finansial atau keuangannya. Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah, setelah menikah Anda dan pasangan harus menyiapkan dana cukup besar : Membeli Rumah – Biaya Kehamilan dan Kelahiran – Biaya Pasca Kelahiran dan Biaya Pendidikan Anak. Nah oleh sebab itu sebaiknya Anda mengecek kondisi kesehatan keuangan Anda (silahkan cek di sini – gratis).

 

Sumber Artikel

  • Fafa Khalifah. 11 Juli 2016. Kamu Pilih Mana, DP Rumah Pertama atau Mengadakan Pernikahan Mewah? DuitPintar.com – http://goo.gl/jADuHu

 

Sumber Gambar

  • Wedding – https://goo.gl/QNLJML

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

About the Author:

Duit Pintar
DuitPintar.com adalah Situs Perbandingan Produk-Produk Keuangan di Indonesia. Bandingkan semua kartu kredit, pinjaman dan asuransi yang ada di Indonesia. DuitPintar menyediakan informasi tentang berbagai produk keuangan dan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk menemukan semua informasi yang relevan dari semua produk yang tersedia di pasaran.

4 Comments

  1. jenifer 25 November 2016 at 17:35 - Reply

    I think your blog is very nice and thanks for your blog

    • Finansialku
      Finansialku 4 December 2016 at 19:13 - Reply

      Hi Jenifer, thank you for visit Finansialku.com
      Don’t forget to share it on your social media, thank you 😀

  2. Toko Bunga Papan di surabaya 24 March 2017 at 10:56 - Reply

    Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya. salam sukses selalu. Amin

    • Finansialku
      Finansialku 28 March 2017 at 21:02 - Reply

      Hi terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga informasi kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download