Pilih yang Mana: Asuransi Mobil TLO atau All Risk? Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas dua jenis produk asuransi mobil.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Mobil TLO dan All Risk

Seperti yang kita ketahui asuransi mobil terbagi menjadi dua jenis yaitu asuransi mobil TLO (total lost only) dan All risk.

 

Asuransi Mobil Total Lost Only (TLO)

Total Lost Only adalah asuransi mobil yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 70%. Bagaimana kalau mobil kebaret kecil atau nabrak dengan kerusakan pada cat luar? Di dalam polis asuransi mobil TLO tertulis, hanya akan membayarkan klaim jika kerusakan atau biaya perbaikan melebih 70% dari nilai kendaraan.

Asuransi mobil TLO sudah menjadi paket, jika Anda membeli kendaraan dengan sistem kredit. Berikut ini contoh detail produk asuransi mobil TLO milik salah satu perusahaan asuransi di Indonesia:

Fitur dan benefit asuransi mobil TLO (Total Lost Only)

Coverage

  1. Pencurian kendaraan (stolen).
  2. Kecelakaan atau kerugian yang mengakibatkan biaya perbaikan telah mencapai 75% atau lebih dari nilai kendaraan. (total loss).

Perluasan jaminan tambahan untuk asuransi mobil TLO

Asuransi mobil TLO dapat diperluas sesuai dengan keinginan dan kebutuhan tertanggung. Jadi perluasan jaminan tambahan asuransi mobil TLO ini sifatnya pilihan atau optional. Tentu saja Anda akan dikenakan tambahan premi, jika mengambil salah satu atau beberapa jaminan perluasan. Contoh: 

  1. Angin topan, banjur, hujan es dan tanah longsor (flood and windstorm).
  2. Gempa bumi, tsunami dan letusan gunung berapi (act of God).
  3. Huru hara dan kerusahaan (srcc – strikes, riots and civil commotion).
  4. Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (tpl – third party liability).
  5. Kecelakaan diri untuk pengemudi (pa for driver – personal accident for driver).
  6. Kecelakaan diri untuk penumpang (pa for passenger – personal accident for passenger).

 

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi Mobil All Risk disebut juga dengan Comprehensive menawarkan jaminan segala macam kerusakan kendaraan baik minor maupun mayor.

  • Contoh kerusakan minor lecet diserempet, spion patah, stoplamp pecah, dan lain sebagainya.
  • Contoh kerusakan mayor kecelakaan, pencurian dan pengrusakan.

Umumnya asuransi mobil all risk sudah termasuk perluasan jaminan tambahan. Karena perlindungan yang lebih lengkap, maka biaya asuransi ini lebih mahal.

 

Kesimpulan

Asuransi mobil terdiri dari dua jenis yaitu asuransi mobil TLO (total lost only) dan asuransi mobil All Risk atau komprehensif. Asuransi mobil TLO memiliki premi yang lebih murah, tetapi perlindungannya tidak selengkap asuransi mobil all risk. Sebelum membeli asuransi mobil, pastikan baca dulu polisnya (minta contoh polisnya) perhatikan item-item apa saja yang ditanggung, apa saja yang tidak ditanggung. Jangan sampai salah pilih asuransi mobil.

 

Keterangan

  • Asuransi Autocilin – http://asuransiautocillin.com/

 

Jenis asuransi mobil apa yang pernah Sobat Finansialku beli?

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Mei 2015