Investasi pendidikan anak akan membantu sang buah hati mendapat pendidikan yang dia inginkan. Apa saja opsi investasi yang bisa dipilih?

Kali ini kita akan membahasnya secara lengkap dalam artikel Finansialku berikut!

 

Summary:

  • Orang tua sebaiknya mempersiapkan dana pendidikan sejak dini untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak hingga masa depan.
  • Dalam memilih instrumen investasi untuk pendidikan anak, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi finansial dan target yang ingin dicapai.

 

5 Instrumen Investasi untuk Pendidikan Anak

Anak merupakan sebuah anugerah yang harus dijaga dan dididik dengan baik. Karenanya, setiap orang tua sebaiknya menyiapkan investasi pendidikan anak.

Pendidikan yang berkualitas akan membekali anak dengan pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang baik untuk menjadi penerus bangsa yang cerdas dan bermartabat.

Investasi pendidikan anak

Ilustrasi Orang Tua sedang Menemani Anak Belajar. Sumber: prudential.co.id

 

Selain pendidikan formal, pendidikan informal juga penting diberikan. Pendidikan ini dapat diberikan di rumah oleh orang tua atau melalui kursus, les, atau kegiatan ekstrakurikuler.

Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak, orang tua perlu menyiapkan dana pendidikan yang cukup.

Dana pendidikan ini dapat disiapkan melalui berbagai cara, salah satunya dengan investasi. Berikut adalah beberapa produk yang dapat dijadikan investasi pendidikan anak:

 

#1 Reksadana

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi berisiko rendah. Nantinya, dana yang Anda setorkan akan diinvestasikan oleh manajer investasi. Anda akan mendapat keuntungan melalui aktivitas investasi yang mereka lakukan.

Investasi pendidikan anak dengan reksadana bisa dimulai dengan jumlah kecil. Selain itu, produk ini juga bisa dibeli melalui platform investasi online, seperti Bibit atau Pluang.

Sebagai panduan dalam berinvestasi reksadana, Anda bisa download ebook gratis dari Finansialku Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana

 

#2 Deposito

Jika Anda ingin mengembangkan aset investasi pendidikan anak dengan risiko minim, deposito adalah produk tepat.

Sebagai produk perbankan, deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Hal ini akan melindungi dana dari potensi kehilangan atau kerugian. Bunga deposito bank di Indonesia cukup variatif, yakni kulai dari 2% sampai 7% per tahun.

 

#3 Emas

Emas merupakan instrumen investasi yang cocok untuk pendidikan anak karena memiliki nilai yang cenderung naik dari waktu ke waktu. Emas dapat diperoleh dengan mudah, baik secara offline maupun online.

Untuk memulai investasi emas, pilihlah ukuran yang sesuai dengan kemampuan finansial. Anda juga dapat menabung emas secara rutin atau membeli emas pecahan dengan gram yang lebih kecil.

Dengan investasi emas secara rutin, Anda akan memperoleh keuntungan yang baik di masa depan.

 

#4 Saham

Saham merupakan instrumen investasi berisiko tinggi. Namun juga menawarkan potensi keuntungan yang besar.

Risiko ini dapat diminimalisasi dengan menyusun strategi investasi yang tepat. Investasi saham dapat digunakan untuk berbagai tujuan finansial, seperti menambah aset untuk masa depan, mahar pernikahan, atau investasi pendidikan anak.

Keuntungan investasi saham didapat melalui dua cara, yakni dividen dan capital gain. Dividen adalah pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan kepada investor. Sedangkan capital gain adalah keuntungan dari jual beli.

[Baca Juga: Pilih Asuransi Pendidikan atau Investasi Saham untuk Dana Pendidikan?]

 

#5 Properti

Investasi properti merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan nilai investasi pendidikan anak. Dengan modal puluhan juta, Anda bisa membeli kios, tanah, atau kontrakan.

Properti tersebut bisa menjadi passive income saat disewakan. Selain itu, harga properti juga cenderung naik setiap tahunnya sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan dari hasil penjualan properti di masa depan.

Setelah mengetahui pilihan instrumen investasi untuk pendidikan anak, Finansialku juga punya tips mudah menyiapkan dana pendidikan. Simak tayangan berikut sampai akhir!

 

 

Mengapa Anda Harus Fokus pada Investasi Pendidikan Anak?

Investasi pendidikan anak ditujukan untuk membentuk manusia berkualitas. Pendidikan yang baik akan membawa seseorang ke lingkungan yang cenderung baik, pemikiran luas, dan kemungkinan untuk meningkatkan taraf hidup.

Berikut adalah tiga alasan mengapa Anda harus mulai fokus pada investasi pendidikan anak:

 

#1 Investasi Pendidikan Lebih Penting Dibanding Harta

Berbeda dengan investasi aset yang ditujukan untuk meningkatkan jumlah aset, investasi pendidikan anak mengharuskan Anda menjaga aset—dan mengembangkannya—untuk digunakan sebagai dana pendidikan.

Jangan berpikir untung rugi. Sebab, ilmu yang cukup berimplikasi terhadap jalan yang anak Anda pilih dan potensi kenaikan karirnya di masa mendatang.

 

#2 Membantu Banyak Bidang

Pendidikan merupakan investasi penting karena dapat memperbaiki berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Dengan pendidikan cukup, seseorang akan punya pengetahuan dan keterampilan untuk berpartisipasi dalam pembangunan di berbagai bidang, termasuk sosial, budaya., politik, dan ekonomi,

Hal ini akan meningkatkan kualitas masyarakat dan membantu mewujudkan Indonesia Emas.

 

#3 Timeless

Investasi pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang memberikan manfaat tidak hanya secara materi, tetapi juga non-materi.

Secara materi, investasi pendidikan dapat meningkatkan pendapatan dan peluang kerja. Orang yang berpendidikan lebih tinggi cenderung memiliki pendapatan yang lebih tinggi dan peluang kerja yang lebih luas.

Secara non-materi, investasi pendidikan dapat meningkatkan karakter dan pola pikir.

Orang yang berpendidikan lebih tinggi cenderung memiliki karakter yang lebih baik, seperti lebih cerdas, kreatif, dan inovatif. Mereka juga cenderung memiliki pola pikir yang lebih terbuka dan kritis.

Manfaat investasi pendidikan dapat dirasakan tua. Ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di masa muda dapat membantu Anda untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

 

Selamatkan Buah Hati dengan Investasi Pendidikan yang Tepat

Perencanaan investasi pendidikan yang sesuai dengan kondisi finansial merupakan hal penting bagi orang tua.

Anda dapat memilih beberapa instrumen investasi, deposito, saham, emas atau reksadana. Hal ini ditujukan untuk memastikan biaya pendidikan anak di masa depan tercukupi.

Untuk bisa merencanakan biaya pendidikan anak dengan baik, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku berjudul Menyiapkan Masa Depan Terbaik untuk Anak

Jika butuh saran keuangan profesional, Anda bisa menghubungi Perencana Keuangan Finansialku untuk berkonsultasi secara 1 on 1. Dengan begitu, Anda bisa mengelola aset pada instrumen yang tepat.

Cari tahu informasi seputar konsultasi melalui WhatsApp 0851 5866 2940 atau klik banner di bawah ini!

konsul - DANA PENDIDIKAN Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Demikian pembahasan tentang investasi pendidikan anak. Untuk tanggapan atau pertanyaan lain seputar topik ini, silakan sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini di media sosial untuk membantu orang tua lain menyiapkan dana pendidikan yang tepat. Terima kasih!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Admin. 08 September 2015. Pilihan Investasi untuk Dana Pendidikan Anak. finansialku.com – https://bit.ly/499Uy4L
  • Admin. 22 September 2022. 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Fokus Untuk Investasi Pendidikan. Danacita.co.id – https://bit.ly/3StIUfu
  • Aufi Ramadhania Pasha. 07 Februari 2022. 5 Investasi Pendidikan untuk Siasati Biaya Sekolah yang Makin Mahal. Cermati.com – https://bit.ly/3Sc3ZJV