Apakah Anda sedang cari pinjaman dana pendidikan S2? Yuk, cari tahu info lengkapnya dalam artikel Finansialku ini!

Dana pendidikan memang sebuah beban finansial yang besar, sehingga tak jarang kita harus mengandalkan pinjaman.

Apakah kamu juga sedang kebingungan soal ini? Yuk, cari tahu lebih dalam tentang pinjaman pendidikan untuk mahasiswa kuliah S2 di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Biaya Pendidikan itu Mahal, Bagaimana Solusinya?

Tidak seperti pendidikan dasar dan menengah yang mayoritas biayanya ditanggung oleh pemerintah dalam program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), biaya pendidikan perguruan tinggi menjadi urusan pribadi perguruan tinggi dan para mahasiswanya. 

Oleh karena itu, tidak heran banyak yang terkendala biaya saat ingin mengemban pendidikan ini. Terlebih bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, yaitu S2.

Padahal seperti kita tahu, dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 tentunya akan meningkatkan pendidikan dan kemampuan seseorang yang juga memberikan kontribusi yang lebih baik kepada masyarakat.

Pinjaman Dana Pendidikan Untuk Mahasiswa Kuliah S2 01 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya?]

 

Jadi, akan sangat disayangkan jika pendidikan S2 terkendala masalah finansial. Lantas bagaimana solusi pembiayaannya? Seperti kita ketahui, ada beberapa alternatif solusi yang bisa dipilih seperti berikut:

  • Beasiswa pendidikan
  • Bekerja sambil kuliah
  • Pinjaman dana pendidikan

 

Pada kesempatan kali ini Finansialku akan fokus membahas soal pinjaman dana pendidikan, terutama untuk mahasiswa kuliah S2.

Seperti apa pinjaman dana pendidikan itu dan apa saja alternatif pinjaman dana pendidikan S2 yang tersedia? Yuk, simak ulasannya di sini.

 

Alternatif Pinjaman Dana Pendidikan S2

Pinjaman dana pendidikan atau biasa disebut student loan merupakan sebuah skema pinjaman yang ditujukan bagi mahasiswa yang mana di dalamnya termasuk biaya pendidikan dan juga biaya hidup (pada umumnya).

Pinjaman dana pendidikan biasanya diberikan oleh negara (pemerintah) baik dari bank/ lembaga keuangan swasta maupun badan usaha non-bank lainnya.

Karena ditujukan untuk memperbaiki taraf pendidikan di dalam negeri, umumnya skema bunga pinjaman pendidikan cenderung rendah (bahkan hingga 0 persen di beberapa negara) dan juga jangka waktu pembayarannya cukup panjang.

Beberapa pinjaman pendidikan mewajibkan debitur untuk melunasinya sebelum lulus, namun ada juga yang memberikan jangka waktu hingga debitur lulus dan memiliki penghasilan.

Pinjaman Dana Pendidikan Untuk Mahasiswa Kuliah S2 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

Perlu kamu ketahui, sudah ada wacana penerapan program pinjaman dana pendidikan atau student loan di Indonesia. Hal ini dicetuskan oleh Presiden Jokowi pada 15 Maret silam dalam rapat terbatas di Kantor Presiden.

Secara singkat, wacana ini membahas mengenai rencana Presiden Jokowi untuk melibatkan berbagai institusi perbankan swasta maupun BUMN sebagai pemberi kredit bagi dana pendidikan calon mahasiswa.

Presiden Jokowi menuturkan bahwa program pinjaman dana pendidikan ini bertujuan untuk memperbaiki taraf pendidikan di dalam negeri dengan cara meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi.

Menjawab cetusan tersebut, beberapa lembaga keuangan mengeluarkan produk pinjaman dana pendidikannya. Bagi kamu yang sedang mencari alternatif pinjaman dana pendidikan untuk melanjutkan kuliah S2, berikut beberapa alternatifnya:

 

#1 BRI: Briguna Flexi Pendidikan

BRI memiliki produk Briguna Flexi Pendidikan untuk mahasiswa S2 dan S3 di seluruh Indonesia untuk merespon imbauan Presiden agar perbankan menyediakan pinjaman kepada mahasiswa/i.

BRI memberikan pinjaman selama mahasiswa berkuliah hingga maksimal 10 tahun.

Sementara itu, untuk meringankan mahasiswa/i, BRI juga memungkinkan mahasiswa/i membayar bunganya saja selama jangka waktu kuliah sekitar 3-4 tahun sementara pokok pinjaman bisa dibayar setelah lulus kuliah hingga maksimal 10 tahun untuk S3 dan 6 tahun untuk S2.

Adapun plafon yang disediakan untuk pendidikan S2 sekitar Rp70 juta dan untuk S3 sebesar Rp150 juta dengan bunga per bulannya 0,65%.

 

#2 Danadidik

Danadidik merupakan situs penggalangan dana khusus untuk pinjaman pendidikan tinggi.

Danadidik menyediakan kredit pendidikan berbasis crowdfunding yang bisa diajukan oleh mahasiswa, baik yang sudah maupun belum berpenghasilan.

Pinjaman diberikan untuk mahasiswa tingkat diploma, akademi, S1 dan S2, atau setara di Indonesia. Dengan catatan, mahasiswa/i terkait akan lulus dalam waktu 24 bulan atau kurang sejak pengajuan dana. 

Selain itu, kamu pun harus mempunyai penjamin, baik orangtua ataupun wali.

Selama masa kuliah, peminjam hanya wajib membayar cicilan dengan biaya layanan. Sementara, ketika peminjam sudah bekerja, pembayaran dihitung berdasarkan persentase dari penghasilan.

Pinjaman Dana Pendidikan Untuk Mahasiswa Kuliah S2 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

 

#3 KoinWorks: KoinPintar

KoinPintar merupakan layanan pembiayaan pendidikan formal dan non formal dari KoinWorks, perusahaan peer to peer lending. Plafon pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp 5-200 juta dengan bunga berkisar antara 9-12,5 persen per tahun.

Ditambah lagi, ada biaya layanan sebesar 2-3 persen dan uang muka sebesar 10 persen dari total pinjaman yang disetujui.

Adapun, tenor pinjaman ditawarkan hingga dua tahun usai masa studi, sehingga peminjam dapat melunasi cicilan setelah mendapatkan pekerjaan. 

 

 

#4 Cicil

Cicil merupakan aplikasi pinjaman untuk mahasiswa secara online yang memungkinkan mahasiswa berbelanja dengan metode cicilan per bulan. Misalnya, jika kamu perlu segera membeli laptop, smartphone, dan sebagainya.

Namun Cicil juga menawarkan opsi pinjaman uang kuliah, di mana uang pangkal dapat dicicil hingga 36 bulan sedangkan uang kuliah semester dapat dicicil hingga 6 bulan.

Margin pinjaman berkisar antara 1,0% – 1,5% flat per bulan. Syarat untuk menggunakan fasilitas Cicil adalah merupakan mahasiswa di salah satu universitas yang terdaftar di platform Cicil. 

Pinjaman Dana Pendidikan Untuk Mahasiswa Kuliah S2 04 - Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

#5 Dana Cita

Dana Cita merupakan layanan pinjaman online untuk pembayaran beberapa macam biaya akademis, seperti biaya pangkal, biaya semester, biaya gedung, dan biaya akademis lainnya. 

Ditujukan khusus untuk mahasiswa aktif atau yang sedang mendaftar ke lembaga pendidikan tinggi berusia di atas 21 tahun dan memiliki penghasilan.

Adapun jumlah yang dipinjamkan akan disesuaikan dengan kemampuan calon peminjam untuk membayarkannya kembali. 

Biaya yang akan dikenakan adalah Rp 100.000 (biaya administrasi) dan 3% dari total pinjaman. Sedangkan untuk tenornya adalah dua kali periode studi yang tersisa.

 

#6 Mandiri Kredit Pendidikan

Mandiri Kredit Pendidikan merupakan bagian dari Mandiri KSM (Kredit Serbaguna Mikro) yang ditujukan untuk memberikan bantuan pendidikan bagi mahasiswa/i.

Adapun pinjaman dana pendidikan yang satu ini dikhususkan untuk mahasiswa penerima program bantuan pendidikan miskin berprestasi (Bidikmisi) dari Universitas Gajah Mada atau bagi kamu yang memiliki UMKM berprestasi.

Pinjaman tanpa agunan untuk mahasiswa dari Bank Mandiri ini menawarkan limit pinjaman hingga Rp 75 juta, dengan tenor maksimal 10 tahun. 

Mandiri Kredit Pendidikan memasang bunga yang terhitung ringan, yaitu sekitar 6 persen per tahun atau 0,5 persen per bulan. 

Selain Beasiswa S2, Bagaimana Strategi Menyiapkan Dana Pendidikan S2 01 - Finansialku

[Baca Juga: 2 Jenis Asuransi Pendidikan: Studi Kasus Asuransi Manulife dan Asuransi Prudential]

 

Yuk, Konsultasikan Rencana Pinjaman Pendidikan (Student Loan)-mu

Setiap pinjaman tentu memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing, mulai dari suku bunganya, fleksibilitas pembayarannya, penalti keterlambatannya, dan lain-lain.

Lalu rencana pinjaman dana pendidikan manakah yang sesuai denganmu dan bagaimana perencanaan pembayaran yang tepat? Semua itu dapat dijawab dengan 2 kata: PERENCANAAN KEUANGAN.

Konsultasikan perencanaan keuanganmu untuk masa depan pendidikan yang lebih baik kepada konsultan keuangan.

Jika masih belum yakin, jangan ragu untuk bertanya kepada perencana keuangan Finansialku agar mendapat rekomendasi yang tepat.

Download aplikasinya dan manfaatkan potongan Rp 50 ribu untuk menjadi member premium dengan memasukkan kode CUAN50. Yuk, rencanakan pendidikanmu sekarang!

playstore icon
appstore icon

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai pinjaman pendidikan (student loan) lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Ebook Perencanaan Keuangan Untuk MAHASISWA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Youthmanual. 7 Juni 2018. Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pinjaman Dana Pendidikan Di Indonesia. Youthmanual.com – https://bit.ly/32Ox8kC
  • Admin. 28 April 2020. Berencana Kuliah Lagi? Cek 6 Pinjaman Mahasiswa Ini! Glints.com – https://bit.ly/2QL9Fvf
  • Ulfa Langit. 05 Agustus 2019. Modal Kuliah, Ini 6 Pinjaman untuk Mahasiswa, Bunga Mulai 0,5%. Gobear.com – https://bit.ly/3bdZN6u
  • Teti Purwanti. 03 Februari 2020. Opsi Pinjaman Pendidikan Yang Ingin Lanjut Kuliah S2. Cekaja.com – https://bit.ly/3gS1bNf

 

Sumber Gambar:

  • Pinjaman 1 – https://bit.ly/2YSx2aF
  • Pinjaman 2 – https://bit.ly/3lCcq06
  • Pinjaman 3 – https://bit.ly/2ETFhfz
  • Pinjaman 4 – https://bit.ly/3bfP7En