Sebanyak 1,6 juta PNS tenaga administrasi bakal dipindah ke desa oleh Kemenpan. Ingat, jangan pakai istilah mutasi PNS!

Informasi selengkapnya dapat diketahui di berita Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

PNS Dipindah ke Desa, Kemenpan: Tidak Ada Istilah Mutasi PNS

Sebanyak 1,6 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal dipindah ke desa oleh pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN RB).

Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, mengatakan kalau rencana pemindahan kerja PNS ke desa bukanlah mutasi, sebagaimana yang diberitakan beberapa waktu lalu.

“Salah pemahaman sebenarnya, tidak ada istilah mutasi di desa.” Katanya, dikutip laman finance.detik.com, Senin (03/08).

 

Tujuan PNS dipindah ke desa adalah untuk mengisi kekosongan tenaga-tenaga di pedesaan.

“Intinya bahwa secara keseluruhan, terdapat 4,2 juta ASN, 70 persen di antaranya ada di daerah, dan 1,6 juta di antaranya adalah tenaga administrasi yang tersebar di pusat maupun di daerah. Dalam posisi seperti ini, seringkali tenaga administrasi mengisi kekosongan tenaga-tenaga yang masih kurang di daerah pedesaan.” Tambahnya, dikutip laman yang sama.

 

Adapun nantinya, PNS yang dipindah ke desa ini akan dialokasikan untuk 700.000 tenaga pengajar.

“Memang 1,6 juta ini ke depan akan kita alokasikan untuk 700.000 tenaga pengajar yang sekarang sedang dipersiapkan KemenPAN RB, Kemendikbud, Kementerian Keuangan, serta Kemendagri.” Papar Tjahjo, dikutip laman cnbcindonesia.com, Minggu (02/08).

Kapan Sih Usia Pensiun PNS Siapkan Dana Pensiunnya Yuk! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ternyata Ini Enam Tunjangan bagi PNS di Luar Gaji Pokok, Penasaran?]

 

Selain itu, sebagian dari 1,6 juta pegawai negeri sipil ini juga bakal dialokasikan sebagai tenaga kesehatan yang tersebar di pedesaan.

“(Tenaga kesehatan di desa) masih kurang 260.000 tenaga kesehatan, baik itu dokter, perawat maupun bidan. Termasuk kurang 80.000 tenaga penyuluh di seluruh pedesaan, baik itu tenaga pertanian, pengairan, dan lain-lain.” Katanya, dikutip laman yang sama, Minggu (02/08).

 

Dalam kesempatan berbeda, Plt Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN RB, Teguh Widjarnako mengungkapkan kalau PNS yang berpeluang untuk dipindahkan adalah tenaga administrasi yang akan dialihkan sebagai tenaga fungsional, sementara pegawai negeri sipil yang bekerja di instansi pemerintah pusat, tetap akan ditugaskan di pusat.

“’Kan dibagi dua, nih, 1,6 juta itu ada yang di daerah maupun di pusat. Kalau di pusat tetap di pusat, tapi dikembangkan untuk jabatan-jabatan fungsional yang memang dibutuhkan di pusat. Nah, yang di daerah ini, nanti yang tenaga-tenaga administrasi yang potensial ini setelah dididik dan sebagainya, punya kapasitas bagus, mereka bisa dikirim ke daerah-daerah yang kekurangan formasi itu. Nah, itu lah mereka fungsinya di situ, rencananya seperti itu.” Katanya, dikutip laman finance.detik.com, Senin (03/08).

 

Para PNS yang nantinya akan dipindah ke desa, akan dicek terlebih dahulu, untuk mereka yang dinilai punya kapasitas, maka akan dipindah menjadi tenaga fungsional di desa-desa.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Teguh juga mengatakan, rencana ini bertujuan untuk menggenjot pembangunan di daerah-daerah.

“Ya untuk memperlancar pembangunan di daerah-daerah yang kekurangan, kekurangan tenaga itu.” Pungkasnya.

 

Lalu, bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai rencana pemindahan 1,6 juta PNS ke desa ini? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga bisa mendiskusikan perkara ini bersama teman-teman dengan membagikan berita Finansialku di atas lewat pilihan platform yang tersedia di bawah. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Trio Hamdani. 03 Agustus 2020. 3 Fakta PNS Mau Dipindah ke Desa. Finance.detik.com – https://bit.ly/2DsFeXg
  • Trio Hamdani. 03 Agustus 2020. 1,6 Juta PNS Bakal Dimutasi ke Desa, Beneran Nih?. Finance.detik.com – https://bit.ly/3fskAE3
  • Trio Hamdani. 03 Agustus 2020. PNS Mana Saja yang Bakal Dipindah ke Desa? Ini Kriterianya. Finance.detik.com – https://bit.ly/39TkT9z
  • Trio Hamdani. 04 Agustus 2020. Siap-Siap! PNS Kategori Ini Bakal Dipindah ke Desa. Finance.detik.com – https://bit.ly/2XreIof
  • Hasbi Zainuddin. 03 Agustus 2020. Kemenpan-RB Bakal Mutasi 1,6 Juta PNS ke Desa, Ini Kriteria yang Dipilih. Makassar.terkini.id – https://bit.ly/39QjEYU
  • Admin. 02 Agustus 2020. 1,6 Juta PNS Bakal Dimutasi ke Desa, Kamu Sepakat?. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2XG7GfJ
  • Moh Ainul Yaqin. 02 Agustus 2020. 1,6 Juta PNS Tenaga Administrasi Akan Mutasi ke Desa. Tagar.id – https://bit.ly/2PmUhEw