Ponsel black market diblokir pemerintah mulai 15 September 2020 mendatang. Cek sekarang untuk tahu apa ponselmu illegal atau tidak.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Ponsel Black Market Diblokir

Bagi kamu yang masih memiliki ponsel ilegal atau black market harus segera waspada, karena mulai 15 September 2020 mendatang pelaksanaan aturan pemblokiran ponsel tersebut dimulai.

Sekjen Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Marwan O. Baasir, mengatakan saat ini persiapan telah memasuki tahap finalisasi.

“Sesuai timeline sih tanggal 15 mudah-mudahan selesai semua,” ujar Marwan mengutip dari tribunnews.com, Minggu (13/09).

HEBAT! IMEI Bisa Melacak Ponsel ‘Black Market’ 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pria 19 Tahun Mengidap Penyakit Mengerikan Karena Main Ponsel Hingga Larut Malam]

 

Pada waktu yang telah ditentukan, ponsel black market itu akan dimatikan layanan selulernya secara total. Dengan begitu ponsel tak akan bisa digunakan untuk menelepon atau mendapatkan layanan lainnya, termasuk paket data.

Meski layanan telekomunikasinya diblokir, informasi yang beredar, fitur wifi yang ada di dalam ponsel ilegal atau black market masih bisa digunakan asal terkoneksi wifi.

Nah, jika IMEI posen tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian bisa jadi smartphone kamu akan diblokir. Oleh karena itu, segera cek IMEI HP Samsung, Xiaomi, Oppo, dan sebagainya.

 

Pastikan Cek IMEI Untuk Mengetahui Status Ponselmu

IMEI adalah deretan nomor unik yang ditanamkan pada sebuah perangkat seperti smartphone sejak dari pabrikan sebelum didistribusikan.

Salah satu fungsi IMEI adalah identifikasi ponsel. Nomor IMEI dibuat secara unik. Masing-masing ponsel punya nomor sendirinya.

Umumnya nomor IMEI terdiri atas 14 hingga 16 digit. IMEI dibuat panjang dan variatif agar tidak ada nomor yang sama.

Format nomor IMEI sendiri biasanya adalah AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Kode A dan B merupakan Type Allocation Code atau TAC. TAC ini merupakan petunjuk mengenai negara pembuatan model dan ponsel tersebut.

Selain itu, fungsi lain dari nomor IMEI di ponsel adalah untuk melakukan pelacakan ponsel ketika hilang. Karena itulah, IMEI sangat penting. Karena penting, nomor ini tidak dipajang besar-besar.

 

Cara Cek IMEI Ponsel

Lalu bagaimana cara cek IMEI ponsel dengan mudah? Berikut cara cek nomor IMEI ponsel dengan mudah untuk memastikan apakah ponsel kamu BM atau resmi, melansir dari Ayobandung;

  1. Melihat Kardus Pembelian

Di bagian belakang kardus ponsel biasanya akan tersedia nomor IMEI.

  1. Melalui Pengaturan Di Ponsel

Kamu bisa melakukan cek nomor IMEI melalui pengaturan di ponsel kamu. Caranya, buka ‘Pengaturan’ di ponsel. Biasanya informasi mengenai nomor IMEI ada pada kolom ‘About’.

  1. Menggunakan Nomor USSD

Cara cek IMEI lainnya yakni melalui nomor USSD. Caranya, kamu hanya perlu melakukan panggilan ke *#06#. Secara otomatis, nomor IMEI kamu akan muncul.

 

Selamat mencoba!

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Naufal Hafizh. 11 September 2020. Cara Cek IMEI HP, Jika BM Akan Disuntik Mati 15 September. Ayobandung.com – https://bit.ly/3iu9qky
  • Lynda Hasibuan. 12 September 2020. Diblokir! Mulai 15 September Ponsel BM Cuma Bisa Buat Foto. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2Zy2JGs
  • Redaksi. 12 September 2020. 15 September 2020 Ponsel Black Market Diblokir. Tribunnews.com – https://bit.ly/3iE4ZUp
  • Redaksi. 12 September 2020. Pengumuman, 15 September Ponsel Black Market Dimatikan. Batampos.co.id – https://bit.ly/32mhY7k