Lakukan stock split September lalu, bagaimana prospek saham SIDO saat ini? Simak analisanya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO)

Emiten Jamu dan Farmasi dari sektor consumer goods industry ini bulan lalu melakukan corporate action yaitu Stock Split. Ini bergerak prospektif walau ditengah pandemi, sebagai salah satu perusahaan jamu dan farmasi terbesar di Indonesia.

Per Juni 2020 kinerja SIDO memang masih positif karena mengalami pertumbuhan pendapatan semester I 2020 sebesar 7,1% yoy.

Revenue SIDO per 6month

Revenue SIDO per 6month

 

Kinerja Keuangan Sidomuncul

Melihat kinerja pada semester I-2020. dari Laporan per Juni 2020, ditengah pandemi ini SIDO berhasil naik 11% YoY.

Laporan Keuangan SIDO

Laporan Keuangan SIDO

 

Jika melihat liabilitas, menggunakan rasio utang DER, per Juni 2020 tercatat 0,12x yang artinya SIDO tergolong aman karena tergolong perusahaan yang memiliki kewajiban utang yang kecil.

ROE menjadi salah satu indikator analisa fundamental yang penting, ROE SIDO berada pada 27,53%. Kenaikan ROE dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Diantaranya Net Profit Margin dari SIDO yang meningkat banyak, dari efisiensi dan faktor hutang dilihat dari DER, inilah yang menyebabkan ROE nya juga meningkat.

ROE SIDO

ROE SIDO

 

Untuk valuasi menggunakan Price to Book Value (PBV), saat ini PBV SIDO ada di 7,46x, saat ini tergolong overvalue (mahal).

PVB SIDO

PVB SIDO

 

Dari relative valuation PE nya berada di 27,8x, berada diatas rata-rata 5 tahun terakhir yaitu di 19,04x. maka ada kemungkinan penurunan harga -15% jika kembali ke nilai PER rata-ratanya.

PER SIDO

PER SIDO

 

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. juga menjadi salah satu perusahaan yang aktif membagikan dividen, selama 5 tahun berturut-turut mereka membagikan dividen rutin.

Dividen SIDO

Dividen SIDO

 

Saat tulisan ini ditulis (16/10), SIDO diperdagangkan pada harga 765/unit penguatan ini dipengaruhi oleh semakin menariknya saham ini, terlebih setelah melakukan Stock Split pada 14 September lalu dengan rasio 1:2.

Tujuan stock split ini disampaikan oleh Direktur keuangan Sidomuncul, guna meningkatkan likuiditas supaya banyak investor ritel lainnya bisa investasi di SIDO.

2020 bukanlah tahun yang mudah bagi Perseroan untuk menjaga konsistensi pertumbuhan kinerja di tengah Pandemi Covid-19, namun penerapan strategi dan inovasi produk bisa membuat Sidomuncul bertahan dan mengalami tren naik.

 

Analisa Teknikal Saham SIDO

SIDO terus berinovasi dan meluncurkan 14 produk baru sepanjang paruh pertama tahun ini, dari data terlihat tren naik (uptrend).

Secara analisa teknikal yang dibuat dengan menggunakan Chartnexus maka terlihat ada uptrend setelah rebound di pertengahan Maret 2020.

Pancing Investor, Sido Muncul Lakukan Stock Split! 01

[Baca Juga: Pancing Investor, Sido Muncul Lakukan Stock Split!]

 

Kemungkinan akan ada uptrend selanjutnya. Indikator MACD, berada diatas nol (negatif), pasar diprediksi akan ada di tren naik.

Serta indikator Stochastic dengan parameter standar (14,3,3) terlihat posisi %K akan memotong %D dari arah bawah keatas, mengisyaratkan sinyal buy.

Untuk menentukan kapan Open position dan Close position indikator Moving Average (20), MA (50) dan MA (100) menunjukkan sinyal uptrend.

Walau harga saat ini dinilai beberapa analis cukup mahal, untuk yang tetap ingin menjadikan SIDO pilihan long-term investment, momentum saat diskon bisa jadi pilihan.

Analisis Teknikal SIDO

Analisis Teknikal SIDO

 

Produk Baru, Pendongkrak Kinerja SIDO?

Untuk prospek SIDO kedepannya, menurut penulis SIDO adalah perusahaan yang memiliki manajemen yang baik.

Di awal April 2020, Direktur Keuangan Sidomuncul, Leonard, menyampaikan revisi target pada penjualan dan laba bersih untuk 2020 setelah menganalisis dampak dan risiko dari Covid-19.

Leonard menyampaikan target pertumbuhan minimal 10 persen, diekspektasi cenderung flat. Sesuai dengan targetnya, SIDO berhasil mempertahankan penjualan.

Berupaya terus berinovasi, di tengah pandemi saat ini adalah waktu yang tepat bagi perusahaan untuk mengembangkan produknya. SIDO membaca situasi atas kenaikan permintaan obat-obatan dan minuman kesehatan yang mengakibatkan kenaikan harga saham.

Seiring perkembangan teknologi dan gaya hidup, masyarakat sudah semakin terbiasa mengkonsumsi jamu secara instan dan praktis dari kemasan sachet akan menjadi peluang yang besar bagi Sidomuncul.

Di samping nilai yang naik dari tahun ke tahun, jika dilihat dari rasio PBV nya Sidomuncul dinilai overvalue (mahal).

Memang wajar jika harga SIDO dinilai premium, karena fundamental perusahaan yang baik. Dividen yang rutin juga menjadi daya tarik dari perusahaan ini,

Jika saat ini SIDO dinilai terlalu mahal, ini tentu saja dikarenakan perusahaan ini berkualitas bagus, jika ingin open position, momentum mendapatkan harga diskon adalah salah satu pilihan.

 

Gabung Sekarang! Komunitas BELAJAR SAHAM Finansialku

komunitas saham

SAYA MAU JOIN

 

Disclaimer: Penyebutan nama saham tidak bermaksud memberikan opsi buy/sell atau pun rekomendasi untuk saham tertentu. Artikel menunjukkan fakta dan analisa dari penulis. Berdasar laporan keuangan dan diambil dari sumber dianggap terpercaya. Data dapat berubah tergantung kondisi. Seluruh tulisan dan tanggapan adalah opini pribadi.

 

Itulah pembahasan Finansialku mengenai prospek emiten SIDO untuk investasi Anda. Apa artikel ini membantu Anda?

Masih banyak rekan-rekan Anda yang membutuhkan informasi ini namun tidak mendapatkannya.

Bagikan pada mereka dan jadilah pahlawan investasi bagi mereka!

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

Sumber Referensi:

  • Aplikasi IPOTGO
  • Annual Report SIDO. 2019 : Inspiring for a Better Life. (www.idx.co.id)
  • Kontan.co.id     

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi ChartNexus
  • Financial Report SIDO
  • Consolidated Financial Statements SIDO, June 2020
  • Laporan perkembangan usaha PT United tractors Tbk semester pertama 2020
  • Stockbit.com