Bingung mau beli PS5 tapi gaji masih UMR?

Jangan khawatir, kamu bisa membeli game console terbaru ini meski gaji UMR loh. Bagaimana caranya? Yuk kita simak solusi menabungnya disini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

PS5: Harga serta Spesifikasinya

Belum lama ini dunia maya dihebohkan dengan banyaknya meme mengenai PS5, dimana dalam meme tersebut ditunjukkan bahwa bentuknya yang unik membuat banyak pria berupaya mengelabui pasangannya untuk membeli PS5 ini.

Ada yang berupaya membelinya dengan mengatakan bahwa PS5 tersebut adalah air purifier, humidifier, dan sebagainya. Tentunya meme yang viral di dunia maya ini membuat kita penasaran dengan PS5 ini bukan?

Belum lama ini pihak Sony memang memperkenalkan konsol terbaru Playstation 5 atau PS5 di situs resminya. Bagi kamu yang tertarik untuk membelinya, yuk simak spesifikasinya berikut ini.

Gaji UMR Mau Beli PS5 BISA Ini Cara Menabungnya 02 - Finansialku

 

[Baca Juga: 10 Motor Termahal di Dunia yang Bakal Bikin Kamu Tampil Keren]

 

Arsitek PS5 Mark Cerny mengatakan PS5 akan memakai penyimpanan SSD dan prosesor AMD termutakhir. “PS5 akan datang dengan secara eksklusif dengan 865 GB SSD,” jelas Mark.

Disebutkan juga bahwa konsol terbaru ini akan hadir dengan prosesor AMD Zen 2 (octa-core) berkecepatan 3,5 GHz beserta prosesor grafis berbasis RDNA 2 milik AMD. Selain itu, PS5 juga akan dibekali dengan RAM 16 GB.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa perangkat akan membutuhkan waktu baca selama 2 hingga 50 milidetik untuk memuat data sebesar 50-100 MB.

Sementara penggunaan SSD dinilai lebih efisien karena memiliki performa 10 kali lebih cepat dibanding HDD.

Bahkan untuk membaca sebuah game, hanya membutuhkan waktu 2,7 detik saja.

Gamers! Begini Cara Mengatur Keuangan yang Cocok Buat Kamu! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Sederhana Beli Motor Murah Berkualitas Tinggi Supaya Tidak Ditipu]

 

Salah satu fitur yang tidak kalah menarik yaitu bahwa PS5 juga akan didukung dengan hard drive USB yang dapat digunakan untuk fitur backward compatibility.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memainkan game PlayStation 4 melalui HDD.

Mark menambahkan bahwa konsol ini telah mampu mendukung gambar baik pada resolusi 4K maupun 8K. Konsol ini juga akan bisa membaca game dari piringan Ultra High Definition (UHD) Blue-Ray.

Untuk tambahan, PS5 juga mengusung fitur Ray Tracing berkualitas tinggi dan audio yang dinamakan Tempest 3D Audio Tech yang mampu mengeluarkan suara game secara 3D dan menyeluruh disetiap ruangan.

Untuk detail harga memang belum dikeluarkan oleh pihak Sony, mengingat produk ini memang belum rilis secara resmi. Namun demikian, banyak sumber mengungkapkan estimasi harga PS5.

Estimasi tersebut berkisar di angka US$499 atau setara Rp 7 juta (asumsi Rp 14.000/US$).

Bukan hanya estimasi harga, situs Amazon Inggris sempat memajang PS5 dengan harga 600 pound sterling atau setara Rp 10,7 juta. Meski demikian, informasi ini langsung dihapus dan dikonfirmasi sebagai kesalahan (error).

Tidak lama, giliran situs e-commerce PlayAsia yang sempat mencantumkan harga PS5 yang juga segera dihapus. Namun mata jeli netizen menangkap harga yang tercantum di situs PlayAsia, yaitu senilai US$ 700, atau sekitar Rp 9,8 juta.

 

Gaji UMR mau Beli PS5? Bisa!

Setelah melihat spesifikasi PS5 tadi, apakah kamu makin ngiler dengan konsol yang satu ini? Jangan lupakan satu pertimbangan terakhir dalam memutuskan membeli konsol ini.

Pertimbangan terakhir adalah dari segi harganya. Dari segi harga, PS5 berada diestimasi Rp 7 juta sampai Rp 10 juta. Tergolong cukup mahal untuk sebuah game console, namun lagi-lagi banyak perubahan yang dilakukan sehingga PS5 memang dinilai pantas dibanderol harga tersebut.

Gaji UMR Mau Beli PS5 BISA Ini Cara Menabungnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Mobil Progresif, Bagaimana Cara Perhitungannya?]

 

Tidak sedikit juga para penggemar game console yang langsung mengincar konsol keluaran terbaru ini. Pertanyaannya adalah apakah mereka dengan gaji Upah Minimum Regional (UMR) bisa membelinya?

Melansir dari kompas.com, UMR di Jakarta per tahun 2020 digolongkan dalam Upah Minimum Provinsi (UMP) yaitu senilai Rp 4.267.349.

Bayangkan, hanya dengan sekitar 4 jutaan setiap bulannya Anda harus memikirkan untuk membeli PS5. Pasti bingung kan bagaimana caranya?

Untungnya, perencana keuangan Finansialku punya solusinya. Anda dengan gaji UMR pun masih bisa loh beli PS5. Penasaran bagaimana caranya?

 

#1 Tentukan BERAPA dan KAPAN

Dalam menabung, tentu kamu harus menentukan target baik dalam segi jumlah dan waktu. Nah, sama halnya dengan kasus PS5 ini. Kamu harus tahu kapan akan membelinya dan berapa jumlah yang harus kamu kumpulkan.

Seperti telah diungkapkan di atas, estimasi nilai yang kamu harus sediakan untuk PS5 adalah Rp 7 juta sampai Rp 10 juta. Asumsikan saja Rp 10 juta untuk amannya.

Kemudian mengenai waktu, PS5 diestimasikan akan dirilis pada musim liburan 2020 di Amerika. Dikutip dari TechRadar, kurun waktu tersebut biasanya antara bulan Oktober-Desember 2020.

Sedangkan di Indonesia informasi rilisnya belum diketahui. Namun umumnya tidak dibutuhkan waktu lama bagi produk yang telah rilis di Amerika untuk masuk ke Indonesia. Mungkin sekitar Desember 2020-Februari 2021.

 

#2 Merencanakan keuangannya dengan Aplikasi Finansialku

Nah, karena PS5 bukanlah hal yang murah, membelinya tidak bisa disamakan dengan membeli gorengan bukan? Jika kamu tidak merencanakan keuangan dari sekarang, bagaimana bisa beli PS5 ini? #uangdarimana?

Untungnya, aplikasi Finansialku menyediakan fitur untuk merencanakan keuangan untuk membeli barang, misalnya PS5. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui berapa banyak uang yang harus dialokasikan setiap bulan demi membeli PS5 sesuai target tadi.

Belum punya aplikasi Finansialku? Jika kamu merupakan pengguna baru, silakan download di Google Play Store atau Apple App Store.

Setelah download aplikasinya, mari mulai berhitung!

Bangkrut Bisa Jadi Kalau Kamu Beli Satu Games Termahal di Dunia Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cerdas Mencicil Motor Agar Tak Kekurangan Uang Tiap Bulan]

 

Pertama-tama kamu bisa masuk ke fitur “Kalkulator Dana Membeli Barang” dalam menu “Rencana Keuangan” di aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa biaya yang perlu dikumpulkan setiap periodenya demi memperoleh PS5.

Caranya, masukkan seluruh informasi yang dibutuhkan seperti berikut ini:

  1. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik tanda + pada bagian kanan bawah kemudian pilih Dana Membeli Barang.
  3. Masukkan nama barang yang akan Anda beli
  4. Masukkan harga barang saat ini.
  5. Masukkan berapa lama lagi Anda akan membeli barang tersebut, contoh 1 tahun lagi, 2 tahun lagi dan seterusnya.
  6. Masukkan dana atau uang yang sudah Anda miliki saat ini.
  7. Masukkan data inflasi atau kenaikan harga barang tersebut (satuan persen % per tahun).
  8. Masukkan estimasi hasil investasi: perkiraan hasil investasi setiap tahunnya (dalam satuan persen % per tahun).

 

Dalam kasus ini, masukan estimasi harga Rp 10 juta dengan estimasi berapa lama lagi Anda akan membeli barang tersebut selama 6 bulan (asumsi Januari 2021). Kemudian isi sisanya sesuai dengan kondisi kamu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu berapa nilai yang perlu ditabung per periodenya kan?

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#3 Bertindak untuk Mencapai Tujuan Membeli Motor Baru

Langkah terakhir yang kini harus ditempuh hanyalah bertindak demi mencapai target yang sudah kamu tetapkan sebelumnya. Tanpa tindakan, maka hasil perhitungan Anda akan sia-sia.

Gajimu UMR dan nilai tadi terlalu tinggi untuk terpenuhi? Kamu bisa mengakalinya dengan beberapa solusi berikut:

  • Mencari pemasukan tambahan
  • Memilih instrumen investasi dengan imbal hasil tinggi alih-alih menabung biasa
  • Menunda pembelian PS5 hingga kebutuhan dana terpenuhi

 

Jadi tidak perlu memaksakan juga, sesuaikan dengan kondisi keuanganmu ya. Yuk mulai menabung sesuai dengan perhitungan aplikasi Fnansialku tadi. Kami yakin kamu pasti bisa membeli PS5 idamanmu.

 

Beli PS5 dengan Aplikasi Finansialku: BISA

Bagaimana, apakah artikel ini sudah memberi gambaran tentang bagaimana cara mempersiapkan dana beli PS5 dengan gaji UMR?

Jika iya, maka sayang sekali jika teman-temanmu yang juga berminat membeli PS5 ini tidak bisa memperoleh informasi yang bermanfaat seperti ini.

Apabila kamu membagikan artikel ini, tentunya kamu juga membantu mereka dalam merencanakan keuangannya untuk bisa beli PS5.

Ternyata bukan hanya PS5, namun gaji UMR juga bisa membeli rumah lho! Ingin tau caranya? Langsung cek video dibawah ini!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara menabung beli PS5 dengan gaji UMR lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 09 Juni 2020. Resmi! Sony Kenalkan PS 5 di 11 Juni 2020. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2DluQR6
  • Romsha Widiyani. 12 Juni 2020. Seputar PS5 Wajib Tahu: Harga, Spesifikasi, dan Kapan Rilis di Indonesia. Inet.detik.com – https://bit.ly/3iHZgNu
  • Bill Clinten. 14 Juni 2020. Harga Konsol PS5 Kembali Muncul di Situs Belanja Online. Tekno.kompas.com – https://bit.ly/31TiCJw
  • Ariska Puspita Anggraini. 23 November 2019. Rincian UMK di 5 Provinsi, Mana Yang Paling Besar? Kompas.com – https://bit.ly/2Z894bR

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 1 – https://bit.ly/2ZGdw0s
  • Gambar 2 – https://bit.ly/38CbqTu
  • Gambar 3 – https://bit.ly/2Ob2yL3
  • Gambar 4 – https://bit.ly/2BRop7Z