WNI dari kapal pesiar World Dream bakal dievakuasi terlebih dahulu di Pulau Sebaru selama 14 hari sebelum kembali ke rumah masing-masing!

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Evakuasi ABK Pesiar World Dream ke Pulau Sebaru

Warga Negara Indonesia yang merupakan kru kapal pesiar World Dream di Hongkong nantinya akan dievakuasi dan dikarantina terlebih dahulu ke Pulau Sebaru sebelum pulang ke tempat tinggal masing-masing.

Pemulangan Anak Buah Kapal (ABK) tersebut dilakukan pasca diberhentikannya pengoperasian kapal akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Langkah ini dilakukan atas perintah Presiden Jokowi, Senin (24/2/2020).

Sebaru sendiri berada di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Dari Pantai Mutiara Pluit, Jakarta Utara, jarak tempuh ke Sebaru memakan waktu 1,5 jam menggunakan speed boat.

Pulau tersebut merupakan satu dari sekian pulau yang tak berpenghuni di Indonesia dengan luas 27,7 hektar.

Jadi Lokasi ABK World Dream, Ini Fakta Pulau Sebaru 02

[Baca Juga: Virus Corona Obrak-Abrik Korea Selatan, 600 Orang Terinfeksi!]

 

Berdasarkan berita yang tersebar, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan selain Pulau tersebut tak berpenghuni, pulau itu juga cocok menjadi tempat evakuasi para WNI.

Selain itu, Muhadjir menerangkan, sebanyak 188 WNI ABK World Dream akan dievakuasi pada 26 Februari 2020.

Mereka akan diobservasi di Pulau Sebaru di gugusan Kepulauan Seribu selama 14 hari.

“Estimasi pemindahan 188 ABK dari kapal (World Dream) ke kapal (KRI Soeharso) atau boat on boat akan dilakukan pada tanggal 26 Februari pukul 10.00 WIB di Selat Durian dan akan tiba di Pulau Sebaru tanggal 28 Februari sekitar jam 09.00 WIB.”

 

Fakta Pulau Sebaru

Selain menjadi pulau karantina, berikut beberapa fakta mengenai tempat karantina ABK World Dream yang berhasil Finansialku rangkum:

 

#1 Tempat Eksotis bagi Para Penyelam

Sebaru kerap disandingkan dengan Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, oleh para penyelam sebab keduanya memiliki keindahan laut yang elok nan eksotis.

Kehidupan bawah laut Pulau ini menjadi tempat hidupnya flora dan fauna yang masih terjaga.

 

#2 Dulunya Nyaris Jadi Tempat Rehabilitasi Narkoba

Sebelum ditetapkan sebagai tempat observasi ratusan WNI kru kapal pesiar World Dream, area Pulau ini pernah digadang-gadang untuk dijadikan area rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba.

Ide tersebut tercetus pada akhir Maret 2001, atau sekitar 19 tahun lalu.

Awalnya, pusat rehabilitasi di Sebaru itu akan dilengkapi berbagai fasilitas seperti medical center dan pusat sosialisasi.

 

#3 Pernah Ditemukan Kerangka Tengkorak Manusia

Rasanya tak heran jika saja pulau yang tak berpenghuni memiliki mitos-mitos tertentu. Itu telah menjadi kearifan lokal tersendiri.

Namun informasi mengenai kerangka manusia yang ditemukan di Pulau ini juga bukan mitos belaka dan tak dibuat-buat.

Pada April 2018, dua nelayan bernama Nasuri (60) dan Saparudin (30) menemukan tulang belulang manusia berserakan di bibir pantai Sebaru.

Polisi kemudian membawa tulang belulang manusia itu ke Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur untuk proses identifikasi.

 

Semoga para WNI yang akan dievakusi diperlakukan dengan layak dan terjamin kesemalatannya, ya.

Bagaimana menurut Sobat Finansialku, Anda bisa lho menuangkan pendapat pada kolom komentar di bawah ini. Sebarkan informasi ini seluas-luasnya. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 25 Februari 2020. Mengenal Pulau Sebaru, Lokasi Baru Karantina WNI dari Corona. Ayobandung.com – https://bit.ly/2vdsQXo
  • Kevin S. Kurnianto. 24 Febuari 2020. Mengenal Pulau Sebaru, Area Tak Berpenghuni Lokasi Observasi 188 WNI. Kumparan.com – https://bit.ly/2PjUuZK
  • Admin. 25 Febuari 2020. Setelah Natuna, Pulau Sebaru Disiapkan untuk Observasi 78 WNI dari Jepang. Detik.com – https://bit.ly/2TfqleW
  • Chandra Gian Asmara. 24 Febuari 2020. Bukan Natuna, WNI ABK World Dream Dievakuasi di Pulau Seribu. CNBC Indonesia – https://bit.ly/2TfqleW

 

Sumber Gambar:

  • Karantina ABK – http://bit.ly/38Tfuy2
  • Sebaru – http://bit.ly/37VSmhb