Punya keinginan untuk berlibur ke Raja Ampat? Yuk ikuti tips menabung berikut ini agar kamu bisa mewujudkan mimpi untuk ke sana.

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Raja Ampat, Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah mendengar destinasi wisata yang bernama Raja Ampat.

Bagaimana tidak, keindahan alamnya sudah begitu tersohor, bahkan hingga ke kalangan mancanegara sekalipun.

Setiap tahun ada banyak turis lokal maupun asing yang datang ke sana, untuk menikmati keindahan alam yang dimilikinya.

Mulai dari hutan tropisnya yang sejuk, hingga keindahan perairan Raja Ampat yang merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik di dunia.

Eitss… tapi yang membuat Raja Ampat menjadi tempat yang keren gak cuma keindahan alamnya saja lho…

Kebudayaan yang ada di sana juga sangat unik sehingga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan.

Wah… tentu tidak heran lagi mengapa Raja Ampat dijuluki sebagai Surga di Timur Indonesia, dan ada banyak orang yang bermimpi untuk ke sana.

 

Biaya Perjalanan ke Raja Ampat

Indahnya Raja Ampat tentu membuat kamu ingin segera ke sana bukan? Namun sebelum itu, sebaiknya kita cek terlebih dahulu berapa perkiraan biaya yang kita butuhkan untuk berlibur ke sana.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

#1 Transportasi untuk Datang ke Raja Ampat

Biaya transportasi tentu menjadi hal pertama yang harus kamu perhitungkan bila ingin ke sana.

Nah… sebagai informasi, Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten berbentuk kepulauan yang berada di Provinsi Papua Barat. Apabila ingin ke sana, kamu terlebih dahulu perlu transit di Kota Sorong.

Untuk menuju Kota Sorong, kamu bisa menggunakan jasa penerbangan, yang harga normal untuk 1 tiketnya ialah sekitar Rp 2,5 juta.

Namun harga ini bisa saja menjadi lebih tinggi ataupun menjadi lebih rendah. Jadi sebaiknya kamu rajin cek harga tiket dari jauh-jauh hari.

Sebab, pada saat-saat tertentu harga tiket untuk ke Kota Sorong menjadi sangat mahal, bahkan hingga dua kali dari harga normal.

Wujudkan Mimpi Ke Raja Ampat Dengan Tips Menabung Berikut 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pengertian Wisata Religi dan Tempat yang Bisa Disambangi]

 

Nah… setibanya di Kota Sorong, kamu bisa langsung menuju Raja Ampat dengan menggunakan transportasi laut.

Biasanya terdapat dua kelas yang bisa kamu pilih, yakni kapal ekonomi atau kapal eksekutif.

Harga dan fasilitas dari keduanya tentunya akan sangat berbeda ya… di kelas ekonomi kamu cukup membayar Rp 100 ribu, sedangkan di kelas eksekutif kamu perlu membayar sekitar Rp 215 ribu.

Namun di kelas eksekutif kamu akan bisa menikmati perjalanan dengan lebih nyaman, karena terdapat AC, makanan ringan dan hiburan yang menarik di dalam kapal tersebut.

Setibanya di Raja Ampat, kamu masih harus merogoh kocek lagi untuk membayar biaya masuk, khusus bagi kamu yang baru pertama datang ke Raja Ampat.

Biaya masuk ini berkisar Rp 500 ribu untuk wisatawan domestik, dan Rp 1 juta untuk wisatawan asing.

Jadi, untuk sampai ke Raja Ampat saja, kamu sudah harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 3.215.000.

Biaya ini belum termasuk makan dan minum. Jika digabungkan, perkiraan biaya yang kamu butuhkan bisa sebesar Rp 3,5 juta.

 

#2 Biaya Penginapan

Sebagai salah satu destinasi wisata yang terkenal, Raja Ampat tentu memiliki cukup banyak penginapan yang bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan.

Salah satu diantaranya ialah penginapan berbentuk villa yang biaya sewanya mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

Jenis penginapan ini cocok jika kamu bepergian bersama anggota keluarga ataupun dengan beberapa orang teman kamu.

Namun jika kamu berlibur seorang diri dan ingin menghemat biaya liburan, kamu bisa memilih penginapan yang lebih sederhana, yang harganya mulai dari Rp 300 ribu per malam.

Jadi, seandainya kamu berlibur selama 4 hari di Raja Ampat, biaya penginapan yang kamu persiapkan saja setidaknya senilai Rp 1,2 juta.

 

#3 Biaya Transportasi Selama di Raja Ampat

Selama di Raja Ampat, kamu tentu ingin berkeliling bukan? Nah… hal ini pun pastinya memerlukan biaya juga.

Di sana kamu bisa dengan mudah menemui taksi ataupun tempat untuk rental mobil. Biaya taksi akan disesuaikan dengan sejauh mana kamu berkeliling kota.

Sedangkan untuk biaya rental sebuah mobil, tarifnya yaitu sekitar Rp 800 ribu, tergantung juga dengan jenis mobil yang kamu gunakan.

Namun jika berlibur sendiri dan ingin kendaraan yang lebih murah, maka kamu bisa memilih sewa sepeda motor, yang harganya sekitar Rp 100 ribu.

Selain itu, di Raja Ampat kamu juga bisa menemukan alat transportasi umum lainnya, seperti bus, angkot dan bahkan bisa menggunakan becak.

Jadi bagi kamu yang ingin jalan-jalan keliling kota, kamu bisa memilih jenis kendaraan yang kamu sukai, dan tentunya yang sesuai dengan budget kamu.

 

#4 Biaya Ke Tempat Wisata

Nah… tiba di Raja Ampat, tentu kamu tidak ingin pulang sebelum menikmati tempat-tempat wisata yang ada di sana dong… terlebih lagi wisata laut Raja Ampat yang terkenal itu.

Untuk menikmati wisata ini pun juga akan memakan biaya yang cukup banyak lho… misalnya saja untuk snorkeling, kamu perlu menyewa peralatan yang harga sewanya sekitar Rp 150 ribu.

Namun, bagi kamu yang memiliki budget lebih dan ingin benar-benar menikmati alam bawah lautnya Raja Ampat, kamu bisa ikutan menyelam di sana.

Wujudkan Mimpi Ke Raja Ampat Dengan Tips Menabung Berikut 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Tempat Wisata Anak di Bogor Murah Bertema Fauna]

 

Hanya saja untuk bisa diijinkan menyelam, kamu perlu memiliki lisensi menyelam terlebih dahulu.

Jika belum memilikinya, kamu bisa mengikuti pelatihan menyelam yang biayanya menghabiskan hingga Rp 5 juta, termasuk dengan alat yang akan kamu gunakan.

Selain itu, untuk berpindah dari pulau yang satu ke pulau yang lain, kamu perlu menyewa sebuah kapal, yang biaya sewanya mulai dari Rp 7 juta hingga Rp 12 juta untuk satu hari.

Biaya sewa ini juga akan berubah-ubah, tergantung rute yang akan kamu pilih nantinya.

Tetapi jangan khawatir, kapal ini bisa menampung hingga 15 orang penumpang lho… jadi kalian bisa patungan untuk menyewa kapal tersebut, sehingga untuk kapal yang biaya sewanya Rp 7 juta, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 466 ribu saja.

 

#5 Biaya Makan Selama di Raja Ampat

Kamu pastinya tidak bisa berkeliling Raja Ampat bila perut kosong bukan? Karena itu, kamu juga perlu mempersiapkan biaya untuk makan selama berada di sana.

Biaya makan di sana berkisar dari Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu untuk satu porsi, tergantung menu makanan yang kamu pesan, dan tergantung tempat kamu makan.

Wujudkan Mimpi Ke Raja Ampat Dengan Tips Menabung Berikut 05 - Finansialku

[Baca Juga: Top 5 Tempat Wisata di Bengkulu yang Asik Untuk Solo Traveler]

 

Bila kamu memilih makan di restoran yang mewah, maka biaya makan juga akan menjadi lebih mahal.

Nah… jika untuk sekali makan kamu mengeluarkan Rp 20 ribu, maka dalam sehari (3x makan) kamu perlu mempersiapkan Rp 60 ribu.

Dan jika kamu berlibur selama 4 hari, maka biaya makannya menjadi Rp 240 ribu.

 

Tips Menabung untuk Berlibur ke Raja Ampat

Apa tanggapan kamu setelah membaca biaya perjalanan diatas? Cukup mahal bukan? Terlebih lagi buat yang masih mahasiswa ataupun karyawan dengan gaji UMR.

Eitss… tapi jangan patah semangat dulu ya, kamu bisa kok berlibur ke sana. Dengan syarat, kamu harus sudah mulai menabung dari sekarang.

Setiap bulannya, kamu bisa menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk disimpan sebagai dana perjalanan liburan nantinya.

Selain itu, kamu juga bisa mulai menerapkan beberapa tips berikut ini, agar kamu bisa menabung dengan baik.

 

#1 Menabung dan Berinvestasi

Hal pertama tentu saja adalah menabung ataupun berinvestasi pada produk-produk keuangan yang konservatif.

Kerennya, saat ini kamu sudah bisa mulai berinvestasi dengan nominal uang yang terbilang sedikit, yaitu mulai dari Rp 100 ribu saja.

Investasi ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan produk reksa dana.

Kedua hal ini sebaiknya jangan sampai kamu tunda-tunda, tetapi mulailah sedini mungkin, meskipun dengan nominal yang tidak terlalu besar.

 

#2 Cari Penghasilan Tambahan

Buat kamu yang memiliki gaji pas-pasan, maka kamu perlu kerja dengan lebih giat lagi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kamu bisa memanfaatkan kemampuan atau skill kamu sehingga mendatangkan penghasilan tambahan. Salah satu contohnya ialah dengan menjadi driver GoJek, Grab ataupun yang lainnya.

 

#3 Mulai Rubah Gaya Hidupmu

Gaya hidup terkadang menjadi salah satu kendala bagi seseorang untuk menggapai apa yang ia impikan.

Nah… disini kamu diajak untuk mengoreksi diri kamu sendiri. Bila kamu merasa bahwa gaya hidup selama ini terlalu konsumtif, maka mulailah mengubahnya menjadi produktif.

 

#4 Mulai Atur Keuanganmu dengan Lebih Baik

Tips selanjutnya yang penting banget buat kamu lakukan ialah mengatur keuangan! Tanpa mengatur keuangan dengan baik, maka impian kamu untuk berlibur ke Raja Ampat akan sulit untuk dicapai.

Maka dari itu kamu bisa mulai melakukan budgeting setiap bulannya, melakukan pencatatan keuangan, serta mulai membagi penghasilan kamu dengan baik.

Meskipun terdengar sedikit ribet, namun hal ini sangat harus kamu lakukan!

Wujudkan Mimpi Ke Raja Ampat Dengan Tips Menabung Berikut 04 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Tempat Wisata Anak di Bogor Murah Bertema Flora]

 

Nah… untuk membantu kamu agar tidak ribet dalam mengatur keuangan, kamu bisa memanfaatkan Aplikasi Finansialku untuk melakukan tugas ini.

Aplikasi Finansialku memiliki fitur-fitur mengatur keuangan, seperti budgeting, perencanaan keuangan, perencanaan dana liburan, pencatatan keuangan serta beragam fitur lainnya yang akan semakin memudahkan kamu.

Kamu juga berkesempatan untuk berkonsultasi mengenai masalah keuanganmu pada perencana keuangan yang ahli di bidangnya, sehingga permasalahan kamu bisa terpecahkan.

Nah… karena itulah kamu perlu men-download Aplikasi Finansialku sekarang juga!

playstore icon
appstore icon

 

Kamu Pasti Bisa!!

Punya impian untuk menikmati keindahan Raja Ampat? Dengan bekerja keras dan mengatur keuangan dengan baik, maka kamu pasti bisa menggapai mimpi tersebut!

Pas banget nih, Finansialku punya video yang membahas tentang mengatur keuangan untuk liburan. Ditonton ya!

 

Nah… sekarang kamu sudah tau tips yang bisa dilakukan, dan bila memiliki pendapat atau sejenisnya kamu bisa meninggalkannya pada kolom komentar.

Kamu juga bisa membagikan artikel ini pada orang yang ingin kamu ajak ke sana, agar mereka juga dapat mempersiapkan diri dari sekarang.

 

Sumber Referensi:

  • Shinta Angriyana. 10 April 2018. Hitung-hitung Biaya Liburan ke Raja Ampat, Berapa Ya? Travel.detik.com – https://bit.ly/3eQg6a7
  • Admin. Raja Ampat: Surga Petualangan Dunia di Ujung Papua. Indonesiakaya.com – https://bit.ly/3eINOP1
  • Lutfi. Bocoran Biaya Wisata Menuju Raja Ampat, Segini Nih! Bobobox.co.id – https://bit.ly/3gSR8J5

 

Sumber Gambar:

  • Raja Ampat 01 – https://bit.ly/3cP99F4
  • Raja Ampat 02 – https://bit.ly/3hc0wrn
  • Raja Ampat 03 – https://bit.ly/37hm6WS
  • Raja Ampat 04 – https://bit.ly/2XOKE6x
  • Raja Ampat 05 – https://bit.ly/3haKtKx